Living Cost

Biaya hidup di Kuwait sangat tergantung dari gaya hidup masing masing. Yang gaya hidupnya mewah tidak bisa dipaksa untuk bergaya hidup hemat demikian pula sebaliknya. jadi silahkan menilai diri anda sendiri, kira kira living cost yang mana yang paling cocok dengan anda. Silahkan melihat Kategori kalau ingin tahu lebih detil karena tidak semua tulisan saya buatkan link dihalaman ini.

Gaya Hidup Hemat

Gaya Hidup Mewah

Tanya Jawab :

  1. Berapa Harga Karcis Nonton Bioskop ?
    KD 3 (sekitar Rp 93.000) per orang, kecuali hari Selasa separoh harga.
  2. Berapa Biaya Untuk Sewa Rumah / Apartment ?
    Tergantung gaya hidup masing masing. Yang murah dan bisa patungan rame rame banyak dan yang super luxury juga banyak. Yang moderate silahkan baca Rumah Dan Apartment
  3. Bisa Tidak Hidup Di Kuwait Dengan Gaji Indonesia ?
    Kenapa tidak ? Baik di negeri sendiri atau dinegara manapun gaya hidup kita tidak akan berubah banyak. Kalau dinegeri sendiri makanan kita pecel, dimanapun juga kita akan berusaha menikmati pecel juga bukan naik pangkat jadi Mc Donald meskipun sayuran yang kita pilih harus berganti menjadi sayuran lokal. Baca Bisa Tidak Survive Di Kuwait ….
  4. Gaji Saya Kecil Sekali Bisa Tidak Hidup Di Kuwait ?
    Umumnya perusahaan yang menghire tenaga kerja di Kuwait telah menyediakan tempat tinggal untuk karyawannya, tiket pulang pergi ke negara asal setahun sekali dan kesehatan. Pemerintah Kuwait melarang karyawan yang berpenghasilan dibawah KD 400 untuk membawa keluarga. Artinya kalau gaji anda dibawah KD 400 berarti anda harus membujang di Kuwait. Semua tergantung gaya hidup anda saat membujang di Kuwait.
  5. Mahal Tidak Harga Kebutuhan Sehari Hari ?
    Mahal kalau kebutuhan sehari hari tersebut hasil Import dari Indonesia dan relatif sama kalau lokal atau import dari negara tetangga yang dekat. Umumnya buah buahan dan sayuran didatangkan dari Lebanon atau negara sekitar sehingga relatif lebih murah dari Indonesia. Semakin jauh negara asal barang semakin mahal. Baca : Harga Kebutuhan Sehari Hari
  6. Ada Tidak Indomie, Kecap, Tempe dan Bakso Di Kuwait ?
    Ada, semua produk Indofood tersedia melimpah di Kuwait dan didatangkan langsung dari pabriknya di Saudi Arabia. Tahu dan Tempe juga tersedia buatan lokal, mungkin dibuat oleh warga Inonesia atau Philipine yang tinggal di Kuwait. Harganya sedikit lebih mahal karena bahan dasar kedelai juga didatangkan dari luar.
  7. Ada Tidak Warung atau Rumah Makan Indonesia Di Kuwait ?
    Warung atau bakala yang menjual kebutuhan sehari hari khas Indonesia jelas ada. Salah satunya adalah Toko Jakarta, Mama Lala dan Bakso Anita.  Jelas barang barangnya didatangkan dari Indonesia. Anda bisa pesan kalau kehabisan stock, misal Jamu Galian Singset, Balpirik untuk kerokan atau yang lain. Makanan Indonesia juga tidak terlalu sulit untuk dicari, banyak ibu ibu yang hobby masak memiliki usaha catering di Kuwait. Biasanya informasi seperti ini dari mulut kemulut karena tidak mudah membuka usaha restoran bagi orang asing di Kuwait.
  8. Sudah saya baca blog ini dan rasanya biaya hidup di Kuwait sangat mahal, bagaimana mensiasati agar bisa bertahan di Kuwait ?
    Masak sendiri. Dimanapun juga kalau njajan diluar akan terasa sangat mahal sekali. Dan juga, lupakan semua bahan makanan atau barang yang asalnya dari Indonesia seperti Tahu, Tempe, Jamu Pegel Linu, Jengkol, Rambutan atau Durian. Terlalu jauh jaraknya sehingga terlalu mahal. Selalu beli sayur atau buah buahan lokal meskipun kadang terasa aneh di mulut untuk pertama kali.
  9. Katanya lebih baik nitip kawan Gula Jawa, Ketela Pohon, Ikan Asin atau Daun Pisang Untuk Buat Bikin Lemper kalau ada kawan yang pulang ke Indonesia. Benarkah ?
    Kalau kawan anda baik hati silahkan saja nitip Ketela pohon, Umbi Umbian, Bakso, ikan asin atau gula Jawa kalau kebetulan sedang pulang ke Indonesia. Tetapi barang barang tersebut semua ada di Kuwait dan umumnya dari Philipine atau India. Baik Ketela Pohon, ikan asin maupun Gula Jawa sudah dikemas dalam plastik cantik kualitas export sehingga seolah olah lebih mahal bungkusnya daripada isinya. Ingat, jangan sekali kali kirim e-mail nitip ketela pohon atau jengkol ke saya 🙂
  10. Biaya Hidup bukan cuma pangan, tetapi juga sandang. Mahal nggak harga sandang di Kuwait ?
    Tidak mahal kalau anda sudah tahu triknya. Di Kuwait ada musim panas dan musim dingin dan sudah menjadi hal yang umum pakaian musim dngin selalu diobral menjelang musim panas dan pakaian musim panas selalu diobral menjelang musim dingin. Dan juga setiap hari Kemerdekaan atau sering disebut Independence & Liberation Day, hampir semua toko melakukan obral besar. Jadi belanjalah sandang pada saat saat tersebut karena discount bisa sampai 50 – 85 %. Baca : Kuwait Great Sale. Pakaian pakaian dan juga pernak pernik dari India atau China sangat banyak di Kuwait dan berharga sangat murah sekali, nama toko seperti ini sering disebut dengan Miya Miya dan umumnya berada di lantai bawah tanah.
  11. Saya akan bekerja di Kuwait tetapi tidak jelas ada atau tidak fasilitas kesehatan bagi saya dan keluarga. Mahal nggak ya kalau bayar sendiri ?
    Semua penduduk Kuwait telah diasuransikan. Apabila anda mengurus Civil ID (Kartu Tanda Penduduk), berarti biaya yang dibebankan kepada anda sudah termasuk asuransi kesehatan untuk berobat di rumah sakit pemerintah. Biaya yang anda keluarkan setiap berobat di rumah sakit pemerintah hanya biaya pendaftaran atau administrasi saja yang besarnya hanya sekitar 1 – 2 KD. Kalau berobatnya di rumah sakit swasta jelas mahal. Umumnya perusahaan besar di Kuwait memiliki rumah sakit atau klinik pengobatan sendiri untuk karyawannya.
  12. Biaya sekolah di Kuwait mahal sekali, ada nggak yang murah ?
    Benar sekali karena sebagai expatriate kita tidak/belum bisa menyekolahkan anak ke sekolah negeri, kecuali kalau ada orang Kuwait yang berbaik hati mengusahakan anak kita masuk ke sekolah negeri yang gratis. Sekolah international di Kuwait tidak semuanya mahal, yang termurah KD 400 dan termahal bisa mencapai KD 4500. International School murah biasanya adalah Indian School, Pakistan School atau Philipine School sedangkan yang mahal adalah sekolah sekolah British atau American School. Baca : Sekolah Di Kuwait
Advertisements

5 responses to “Living Cost

  1. Pak Ardi, berapa standard gaji disana ya? Saya sedang dapat tawaran untuk bekerja disana, masih nunggu offer salary-nya. Biar bisa saya jadikan bahan pertimbangan begitu. Mohon bantuannya. Terimakasih.

    • Hah… Kerja apa, pengalaman berapa tahun. Dimanapun tukang cuci gosok pasti beda dgn nechanic, pilot, engineer, dokter atau pelayan toko. Lama kerja dan bidang usaha juga menyebabkan beda. Kerja di pasar nggak bisa disamakan dgn yg kerja di pesawat terbang. Sampeyan itu kerja apa ?

  2. Pengalaman kerja lebih dari 12 tahun, posisi assistant technical, untuk company oil.

  3. Terimakasih banyak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s