Category Archives: Uncategorized

Bagaimana Cara Ngurus Visa On Arrival Nepal

Mesin Mesin VOA Di Terminal Kedatangan
Tribhuvan International Airport Kathmandu Nepal
Masing masing negara punya cara sendiri dan berbeda beda dalam hal mendatangkan turis. Nah, Nepal ini termasuk negara yang relatif sangat ‘Liberal’ dalam hal mendatangkan turis. Sudah sejak January 2014 memberlakukan Online Visa Application System dan Visa On Arrival bagi semua negara kecuali dari negara negara yang sedang rusuh. Nggak tanggung tanggung, bisa tinggal maksimum150 hari multiple entry. Tapi kalau duitnya cekak bisa juga apply untuk 15, 30, 90 hari saja.

 

Air Arabia Dari Kuwait Ke Kathmandu
Baru Landing Jam 20:00. Terlambat Satu Jam

 

Caranya mudah, cukup cek sisa masa berlaku passport harus lebih dari 6 bulan. Nggak ada syarat syarat lainnya. Masuknya bisa melalui Tribhuvan International Airport Kathmandu dan bisa juga melalui semua gate border India-Nepal manapun (Birganj, Bheemdatta, Dhangadhi, Nepalgunj, Kakarbhitta dan Siddharthanagar).

 

Grotal Gratul Scan Passport Dan Ngisi Sendiri
Dengan Mesin VOA

 

Untuk ngurus VOA di Tribhuvan International Airport Kathmandu juga mudah sekali dan tidak perlu ngantri panjang. Cukup scan pasport sendiri di puluhan mesin VOA yang tersedia di terminal kedatangan. Yang perlu diisi cuma masa tinggal dan alamat tinggal di Nepal dan beberapa pertanyaan ringan dan umum saja seperti tujuan ke Nepal dll. Paling cuma 5 menit saja termasuk bingungnya. Petugas yang ngawasi orang bingung juga cukup banyak dan siap untuk ngajari cara ngisi data di mesin VOA.

 

Photo Tinggal Njepret Sendiri
Yang Tubuhnya Pendek Harus Mundur
Dua Langkah Agar Wajah Kelihatan

 

Setelah data diisi, maka keluar struk yang berisi nomor VOA, biaya yang harus dibayar sesuai pilihan 15, 30, 90 atau 150 hari masa tinggal. Jangan lupa bayar dulu ongkosnya di counter yang tersedia dan jangan langsung nylonong ke meja imigrasi untuk stamp passport.

 

Repot Jadi Orang Pendek
Terlalu Ke Depam Cuma Terlihat Jambul Di Camera
Dan Harus Diulang Kembali Berkali Kali

 

Nah, bayarnya ternyata harus dengan mata uang USD atau EURO. Minta dibayar cash karena mesin geseknya katanya barusan jatuh dan rusak tidak bisa dipakai lagi. Apes, saya nggak bawa USD atau EURO tunai. Mesin ATM juga tidak ada didalam terminal kedatangan. Kuwait Dinar dan Rupiah tidak diterima, Nepal Rupee juga nggak mau terima.
Sambutan Travel Mart Nepal 2019
Wisata Trekking Ke Gunung Gunung Di Himalaya

 

Terpaksa eyel eyelan dulu dengan petugas. Kenapa mata uang Nepal Rupee negaranya sendiri nggak mau terima ?. Kenapa minta dibayar USD dan EURO ?. Kenapa mata uang yang sangat ‘Setrong’ Kuwait Dinar dan British Pound nggak mau terima ?. Akhirnya si petugas ngalah karena nggak mau didengar banyak orang sedang eyel eyelan. Saya bayar dengan Nepal Rupee dan si petugas senyum manis ketika saya tanya juga lagu kebangsaan Nepal.
Disambut Patung Budha
Welcome To Nepal

Baca Juga :

 

Gear Land dan Amigos Resto Eropa

Gear Land Exceter, UK. Warung Makan Kaki Lima Seperti Ini
Memakai Kursi Umum Untuk Pembelinya
Gearland atau Gear Land Resto itu nama keren warung makan ping’gear‘ ja’land’ di Eropa. Kira kira sama dengan restaurant Amigos (‘A‘gak ‘Mi‘nggir ‘Go‘t ‘S‘edikit) di negara negara Amerika Latin. Pada dasarnya, dinegara manapun pasti ada Warung Makan Kaki Lima dipinggir pinggir jalan, di trotoar atau yang nyuruk nyuruk di gang sempit. Semua orang perlu makan dan semua orang berusaha mendapatkan penghasilan halal dengan berjualan. Nah, dibawah ini saya ulas warung warung makan pinggir jalan yang banyak bertebaran di negara negara Eropa.
Tidak Ada Meja Kursi Untuk Menyantap Makanan
Take Away – Tunjuk, Bayar, Pergi
Kalau anda mendengar cerita cerita dari tetangga, teman atau saudara yang baru pulang dari perjalanan wisata ke Eropa, biasanya ceritanya  terlalu ‘nggedabus‘. Dibawah ini percakapan yang saya dengar saat acara arisan ibu ibu :
Sekali kali mbok jalan jalan ke Eropa to jeng, punya duit banyak buat apa to ?
‘Tempat makan di Eropa bersih, hygienis pokoknya beda banget dengan warung makan di Indonesia,’
‘Romantis lho jeng, tempat makan di Eropa semuanya Open Air, iih pingin deh kesana lagi jeng’
Ngicipin Kentang Goreng Gear Land Resto Amsterdam.
Makannya Sambil Jalan Semua Makanan Tanpa Kuah
Percaya ?. Sebenarnya nggak salah salah amat juga sih.

Open Air

Di Eropa itu hujan tidak sesering di Indonesia, matahari juga tidak menyengat seperti di Indonesia. Jadi, tempat makan tanpa peneduh atap tidak akan jadi masalah. Lagipula, iklim dan udara Eropa sangat dingin. Penduduknya doyan minum wine / alkohol dan berjemur agar badan selalu hangat. Itulah sebabnya warung makan kaki lima maupun restaurant selalu menyediakan kursi di ruang terbuka (Open Air).
*** Di Indonesia sebaliknya, pengusaha resto harus menyediakan ruang Executive ber AC. Bisa  kebayang kan mahalnya bayar listrik untuk AC, padahal di Eropa pelanggan resto  cukup dijemur saja.
Gear Land Resto Ini Hanya Menyediakan Satu Meja Saja
Untuk Nunggu Makanan Selesai Di Microwave

Warung makan di Eropa bersih

Ahaa, benar. Warung pinggir jalan di Eropa sepintas memang terlihat bersih meskipun jarang dibersihkan. Ini sangat benar sekali. Pemilik warung dan pembelinya saja jarang yang mandi setiap hari, tapi mereka tidak terlihat kumel dan berdebu kan ?. Hal ini karena kelembaban udara di Eropa rendah akibatnya orang tidak berkeringat seperti umumnya orang Indonesia. Debu juga susah sekali menempel ke benda apapun karena kelembaban udaranya rendah.

*** Di Indonesia sebaliknya, meja, kursi dan apapun dilap dengan air basah, kalau perlu disiram air. Tapi tetap saja susah bersihnya. Penjual dan pembelinyapun mandi 2 – 3 kali sehari, tetapi tetap saja kumel dan berkeringat.

 

Gear Land Resto Southampton Ini Jualannya Hot Dog, Burger,
Sandwitch, Pizza Pingin Hangat Tinggal Di Microwave

Disamping itu, jarang ada makanan yang dimasak, digoreng, atau direbus ditempat (di tenda warung kaki lima). Paling banter cuma dihangatkan dengan microwave. Yang dijual semuanya serba roti baik itu sandwitch, burger, hotdog atau pizza. Itulah sebabnya lapak lapak tempat makan di Eropa tidak pernah ditemukan panci dan wajan gosong yang digantung.

*** Di Indonesia sebaliknya, makanan yang dijual semuanya berkuah sehingga perlu waktu lama untuk memasak. Akibatnya pantat panci jadi hitam gosong dan digantung berjejer jejer di warung. Penyajian selalu dengan piring atau mangkok akibatnya pengusaha warung makan harus bawa ember dan air untuk cuci piring. Di Eropa mah semua makanan diberikan ke konsumen cukup dengan dibungkus kertas tissue.

 

Lapak Gear Land Resto Ini Tidak Menyediakan
Meja Kursi Untuk Makan Ditempat

Alasan lain kenapa terlihat bersih karena jumlah bule Eropa yang punya mobil pribadi atau sepeda motor sangat sedikit dibanding orang Indonesia. Sehingga debu tidak berterbangan kemana mana karena jarang mobil lewat. Bule Eropa mah ‘kere’, kemana mana jalan kaki, naik MRT, kereta api atau bus kota.

*** Indonesia mah warung makan harus ditutup kain segala saking banyaknya mobil, sepeda motor yang berseliweran menerbangkan debu. Orang Indonesia mah sering merasa kurang bergengsi gitu kalau kemana mana jalan kaki seperti bule Eropa.

 

Ada Satu Set Meja Kursi Tapi
Fungsinya Untuk Menunggu Pesanan Datang

 

Warung makan di Eropa rapi

Kebanyakan warung makan kaki lima pinggir jalan di Eropa tidak menyediakan bangku, meja atau kursi  untuk makan di tempat seperti warung warung makan kaki lima di Indonesia. Sangat minimalis. Kalaupun ada, paling cuma satu meja kursi ala kadarnya saja. Restaurant yang cukup besar saja yang menyediakan banyak meja kursi didepan restaurant. System pemasarannya  ‘Take Away‘,  yaitu tunjuk, bayar dan bawa pergi. Itulah sebabnya warung di Eropa terlihat kecil, cute dan rapi.

*** Di Indonesia,  perlu waktu 2-3 jam sendiri untuk menyiapkan buka warung. Mulai mindahin gerobak, ngangkut bangku dan meja, mendirikan tenda, memasak air dengan kompor gas dsb. Ribet.

Ini Gear Land Resto Resmi – Menghadap Ke Jalan
Romantisnya Dimana Kalau Duduk Langsung Melamun

Warung makan di Eropa Enak

Karena umumnya Take Away, maka si pembeli cara makannya sambil jalan atau dimakan di rumah. Jenis makanan yang dijual hanya sandwich, roti isi keju, ayam atau daging, burger, hotdog dan semacamnya. Bagi umumnya orang Indonesia, makan roti sebanyak apapun tidak akan terasa kenyang sebelum makan nasi.  Jadi, bohong kalau ada yang mengatakan  warung makan di Eropa semua enak. Belum lagi kalau isi rotinya keju dan mustard. Bisa muntah muntah anda.

*** Nggak ada salahnya kalau ke Eropa bawa Indomie , beras dan bumbu jadi.

Gear Land Resto Beneran – Nggak Ada Yang Pesan Makanan
Semua Cuma Duduk Bengong Melihat Orang Jalan

 

Warung makan di Eropa Hygienis

Nggak tahu saya apakah hygienis atau tidak. Semua warung makan bahan dasarnya sama, yaitu roti. Kemungkinan suppliernya sama. Seandainya ada pembeli yang sakit perut atau mencret, pasti mudah membuktikannya. Kalau semua orang sakit perut dan mencret pasti bahan dasar rotinya yang tidak hygienis. Anda bisa langsung komplain ke perusahaan roti yang menyuplai. Kalau yang mencret hanya konsumen warung tertentu berarti warung tersebut yang harus dilaporkan polisi.

 

Duduk Berdua Dengan Pasangan Di Gear Land Resto
Tapi Cuman Ngemil, Minum Alkohol Dan Melihat Orang Jalan

 

Warung makan di Eropa romantis

Romantis apaan. Di Indonesia lebih romantis karena pembeli menghadap meja dan saling berhadap hadapan sambil saling menatap dan pegangan tangan. Di Eropa, kursi tempat duduk dijejer jejer dan dihadapkan ke jalan raya. Sebuah meja kecil memisahkan kursi satu dengan kursi lainnya. Jangankan berhadapan dan bertatapan mata, menyentuh saja tidak bisa karena terhalang meja kecil.

 

Semua Gear Land Resto
Tidak Menjual Makanan Berkuah

Adanya meja kecil ini juga membuat saya bingung. Saya harus pesan makanan apa mengingat mejanya terlalu kecil dan tetangga kiri kanan tidak ada satupun yang mejanya penuh piring. Akhirnya tahu juga, duduk di Open Air diluar itu ternyata untuk berjemur, melamun, melihat orang lalu lalang dan nyemil makanan kecil sambil minum wine atau minuman beralkohol saja.

 

Apapun Makanannya Selalu Ada Saos Tomat
Atau Mayonaise
Makanan Boleh Dari Negara Mana Saja
Tetapi Bentuknya Semua Seperti Sandwitch
Warung Gear Land Banyak Juga Yang Bisa Pindah Tempat
Takut Digusur Juga
Mau Beli Makanan Apapun Makannya Sambil Berdiri

 

Surfing, Dari Kedungu Ke G Land

Dinda
Padang Padang Beach 2018

 

Setelah puluhan tahun keliling ke banyak negara, saya benar benar mengetahui dan memahami bahwa Indonesia itu sangat kaya raya, lengkap dan apapun ada di Indonesia. Sayangnya, penduduk Indonesia tidak banyak yang mengetahui kekayaan alam disekitarnya. Contohnya adalah Pantai dan Teluk. Apakah anda tahu pantai pantai dan teluk yang sangat terkenal dikalangan Surfer di dunia dibawah ini ?, letaknya dimana  ?
  • G Land dan Red Island
  • Apocalypse dan One Palm Point
  • Macaroni, Lances Right,  Lances Left
  • Gerupuk Inside, Gerupuk Outside, Ekas dan Mawi
  • Awang Bay dan Cempi Bay
  • Lakey Peak dan Scar Reef
  • Padang Padang, Keramas dan Kedungu
Dinda
Kedungu Beach 2018

 

Semua letaknya di Indonesia, ada yg di Jawa, Sumatra, Bali, NTT sampai Papua. Yang menemukan dan memberi nama asing dan aneh ditelinga kita sudah tentu orang asing, atau para ‘Surfer’ yang pertama kali mempromosikan di komunitas Surfer dunia. Orang Indonesia menganggap pantai pantai indah dengan ombak yang bergulung gulung tersebut sebagai hal biasa dan tidak ada manfaatnya. Tapi bagi para surfer, pantai penuh gelora tersebut adalah Sorga dan berkah alam yang potensial untuk pariwisata dan hanya dimiliki oleh Indonesia. Contohnya ‘G Land’,  pantai dekat Banyuwangi ini nama lokalnya adalah Pantai Grajagan, tapi moncer diseluruh dunia dengan nama yang sangat simple dan mudah diingat yaitu G Land.

 

Dinda
Practice Before Competition

 

Di Bali, sudah jelas semua pantainya sangat dikagumi para Surfer diseluruh dunia. Tahukah anda Pantai Kedungu letaknya disebelah mana ?. Paling anda tahunya cuma Pantai Kuta dan Sanur saja. Nah, di Bali ini pantai pantainya sangat terkenal karena jenis ombak, kecepatan dan panjang gelombangnya sangat bervariasi. Berapapun tinggi dan panjang gelombang semuanya ada. Komplit ….plit, bisa digunakan oleh semua surfer dari yang baru belajar sampai yang sudah sangat mumpuni. Ada beberapa kelas Surfer yaitu Beginner (2.5 meter, 10 m/sec), Intermediate (2.5 meter, 20 m/sec), Competent (3 meter, 20 m/sec), Top Amateur (3 meter, 20 m/sec) dan Top World Surfer (3 meter, 20 m/sec).

 

Kalau Sedang Nunggu Ombak Besar Datang
Bisa Ngobrol Ditengah Laut Dan Kenalan Dengan
Surfer Dari Segala Penjuru Dunia
Sayangnya, umumnya orang Indonesia tidak ada yang mau belajar surfing. Semboyan ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ hanya bagus diucapkan dan dinyanyikan saja. Sedikit sekali orang Indonesia di negeri Kepulauan ini yang mencintai lautnya. Saya yakin, anda semua pembaca blog ini tidak ada satupun yang kenal dengan Rizal Tanjung, Oney Anwar atau Raditya Rondi. Mereka inilah pecinta laut sejati, para Surfer yang mengharumkan nama Indonesia di dunia. Kompetisi besar surfing di tanah air tidak bisa dilupakan begitu saja tanpa peran mereka. Kompetisi Indonesian Surfer Championship (ISC), Asian Surfer Championship (ASC) dan WQS Championship semuanya rutin diadakan di Indonesia. Nggak pernah tahu dan nonton ya ?

 

Menunggu Ombak Datang Di
Pantai Kedungu
Surfer Mancanegara Saja Berdatangan Ke Bali
Orang Indonesia Malah Ke Luar Negeri
Mana Ada Ombak Yang Sebagus Di Indonesia
Pantai Kedungu Di Bali
Orang Asing Bilang Pantainya Masih Alami
Orang Indonesia Bilang Apa Bagusnya Pantai Ndeso
Dinda Dengan Surf Board Yang Dibawa
Keliling Indonesia Dari Pantai Ke Pantai

 

Persewaan Surf Board Banyak
Tapi Jarang Sekali Orang Indonesia Yang Bisa Surfing

 

Mobil Yang Saya Sewa Dengan Surf Board
Diatas Dan Didalam

 

Mudik Lebaran Ke Ukraina

Mobil Plat Nomor Magelang Banyak Sekali
Yang Mudik Lebaran Di Kiev Ukraina
Lebaran tahun ini saya tidak bisa mudik ke tanah air Indonesia. Sebagai gantinya saya terpaksa harus mudik juga ke negara lain yang dekat dengan Kuwait, yaitu ke Ukraina. Cukup lima jam saja penerbangan dari Kuwait ke Kiev nonstop. Disamping itu, banyak pilihan ‘Budget Airline/ yang tidak terlalu menguras isi kantong, tapi pesawat murah seperti ini harus transit minimal dua jam di negara lain. Di Kuwait, saat hari raya Idul Fitri semua karyawan juga libur panjang.
Rasanya Seneng Banget Bisa Ketemu
Mobil Bengkulu Di Ukraina
Begitu saya keluar dari Kiev International Airport, ternyata saya bukan satu satunya orang yang mudik ke Ukraina. Banyak sekali mobil dengan plat nomor AA, Magelang. Lebih kaget lagi saat perjalanan menuju hotel, saya saksikan banyak mobil mobil dengan plat nomor AE, Madiun dan AB Yogyakarta

 

Ahaaa, Bisa Silaturahmi Dengan
Orang Padang Nih Di Kiev Ukraina

 

Saat jalan jalan di kota Lviv, ketemu juga berbagai macam mobil dengan plat nomor Medan (BK), Bengkulu (BE), Palembang (BG), Padang (BA) dan Pekanbaru (BM). Belum lagi mobil mobil dengan plat nomor Kalimantan (C*)dan Sulawesi (D*). Jadi kepikiran saya, hebat bener orang orang Indonesia dari Padang, Medan, Madiun, Yogya, Pekanbaru dan kota lain kalau mudik lebarannya saja nyampai ke Ukraina. Padat merayap jalanan di kota Kiev, Lviv, Odessa dipenuhi oleh mobil mobil pemudik dari daerah daerah di Indonesia. Pfffff…… @#$%&)!@.

 

Nekat Juga Pemudik Motor BK
Medan Ini. Berapa Hari Nyampai Ukraina ?

 

Mobilnya Plat Nomor Yogya
Tapi Pemiliknya Kok Nggak Bisa Bahasa Jawa Ya ?

 

Ke Chernobyl Bisa Naik Mobil AA Magelang
Sayang Sopirnya Udah Lupa Bahasa Jawa

 

Ini Orang Orang Magelang Kemana Semua Ya
Mobilnya Kok Diparkir Disini Semua ?

 

Ini Mobil Magelang Yang Saya Sewa
Untuk Keliling Kota Kiev Ukraina

 

Mobil Jompo Plat Nomor Jakarta
Juga Ada

 

Mobil Madiunn AE Di Kota Kiev
Orang Madiunnya Kemanaaaa Ini

 

Taxi Uber Madiun Plat Nomor AE

 

Ini Orang Medan Bawa Mobil Jauhnya Bukan Main
Sampai Ke Ukraina

 

Orang Pekanbaru Mudik Bawa Mobil
Sampai Ke Ukraina Juga

 

Mobil PlatNomor BH Juga Banyak Di Kiev

 

Mas, Dari Yogta Ya Kok Bawa Mobil
Plat Nomor AB