Category Archives: Umroh Haji Ramadhan

Sesajen Garge’an Kuwait

Pernak Pernik Garge’an
Isinya Permen, Kacang Dan Mainan

 

Di Kuwait dan juga negara sekitarnya, ada hari yang benar benar ditunggu oleh anak anak setiap bulan Ramadhan, yaitu hari ke 14. Di Indonesia nggak ada hari ke 14 ramadhan dirayakan seperti disini. Pada hari ke 14 inilah anak anak keluar rumah, jalan kaki berombongan dan berkunjung ke tetangga kiri kanan sambil memakai pakaian warna warni dan wajah dihias clontang clonteng lucu sekali. Hari ke 14 Ramadhan inilah yang disebut Guirgian atau Garge’an. Baca penjelasan detail dalam link ini :  Guirgian – Garge’an Kuwait
Bingkisan Garge’an Lucu Lucu
Isinya Boneka Kecil Bawa Kranjang Isi Permen
Karena rumah saya berbaur dengan penduduk asli Kuwait, maka setiap hari ke 14 ramadhan seringkali kedatangan rombongan anak anak. Saat pertama kali, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan saat kedatangan anak anak tersebut. Saya biarkan saja anak anak tersebut masuk kerumah saya, clingak clinguk cari makanan tapi nggak ada yang bisa dimakan. Tapi lama lama saya tahu juga apa yang harus saya siapkan saat ramadhan. Beberapa hari sebelum hari ke 14, saya sudah belanjakan pernak pernik Guirgian buat anak anak yang akan datang tengah malam setelah buka puasa nanti.
Satu Keranjang Harganya Sekitar KD 15
Isinya Boneka Kain Dan Permen
 
Pernak pernik Giurgian tersebut banyak dijual di berbagai macam toko, karena isinya cuma bungkusan permen saja. Yang agak mahalan sedikit ditambahin boneka kain atau mainan plastik. Rata rata harga satu keranjang sekitar KD 15 (sekitar Rp 600 ribu). Nanti permen permen dan boneka/mainan dalam keranjang ini akan diserbu oleh anak anak dan dimasukkan kedalam tas guirgian yang dibawanya.
Bonekanya Ini Yang Bikin Harga Mahal
Permennya Mah Murah
Saat anak anak tersebut datang, kita harus pura pura kaget dan takut dulu ada makhluk kecil clontang clonteng warna warni. Setelah itu anak anak tersebut akan menyanyi yang artinya kira kira ‘saya makhluk kecil guirgian, apakah boleh masuk‘. Sebagai tuan rumah, sebisa mungkin saya ikutan nyanyi, tapi pakai bahasa Jawa karena nggak tahu bahasa Arab sama sekali.

 

Baju Dan Kantong Tas Garge’an
Bisa Buat Nampung Permen Sekilo
Tinggal Pilih
Satu Keranjang Sekitar KD 15
Salah Satu Toko Yang Semarak Menjual
Permen Dan Kacang Buat Garge’an
9 Jun 17 Jam 10 Malam Akhirnya Anak Anak Yang Kutunggu
Datang Semua
Berebut Permen Dan Boneka Garge’an
Antri Ya Satu Persatu
Eh, Anak Anak Arab Nurut Disuruh Antri. Ngerti Bahasa Jawa
Sedih Deh Pindah Ke Rumah Tetangga
Pindah Deh Anak Anakku Yang Lucu
Cantik Dan Ngganteng Ke Rumah Tetangga
Baca Juga :

Lassi – Yogurt India Untuk Anda

Pasar Jayanti Jaipur
Di Pasar Ini Banyak Warung Lassi

 

Di Kota Jaipur, saya sempat berhenti di sebuah pasar tradisional. Sengaja berhenti karena saat melintas saya tertarik dengan nama pasar yang mirip sekali dengan nama nama wanita di Indonesia. Nama pasarnya Jayanti Market. Keren kan, tapi nggak ada hubungannya dengan Kris Dayanti atau nama nama semacamnya. Pasar ini kumuh, segala macam barang, sayur dan buah, makanan dan minuman dijual disini. Pedagang kaki lima sampai lapak lapak di emperan toko juga ada. Sapi, onta, keledai, anjing dan berbagai macam binatang juga berkeliaran di pasar. Memang benar sekali kalau ada yang mengatakan Taman Safari Terbesar di dunia adalah India.
Semua Yang Membuat Dan Menjual Laki Laki

 

 

Disalah satu sudut pasar ada kios penjual Lassi. Semacam Yogurt khas India. Rasanya sangat mirip dengan Yogurt tapi penyajiannya dengan gelas dari bahan tembikar. Lassi yang asli dan enak itu katanya kalau didinginkan digelas tembikar permukaannya bisa mengeras seperti keju. Ada beberapa rasa yang dijual, yang natural namanya Sweet Lassi. Tetapi ada juga yang diberi rasa lain misalnya Mango Lassi, Strawbery Lassy dan lain lain.
Ragi Susu (Active Culture) Yang Terbaik
Katanya Lassi Yang Sudah Kadaluarsa

 

Karena kiosnya kecil, cara membuatnya cukup di tanah kosong dibelakang kios.  Ragi bubuk diaduk aduk dengan tangan lalu dicampur dengan active culture. Namanya keren Active Culture, tapi sebenarnya ragi juga yang berasal dari Lassi kadaluarsa. Bakteri terbaik untuk membuat Lassi atau Yogurt itu berasal dari Lassi (Yogurt) yang kadaluarsa. Setelah itu ragi tersebut dicemplungkan kedalam air susu sambil dimasak diatas kompor sebentar. Disaring dan didinginkan di baskom lalu diletakkan di tanah berjejer jejer selama beberapa hari. Setelah itu siap dijual.

 

Lassi Disajikan Dalam Gelas Tanah Liat

 

Melihat cara membuat dan tempat membuatnya yang tidak begitu hygienis sebenarnya saya ragu untuk mencoba mencicipi minuman khas India ini. Tapi rasa ingin tahu ternyata jauh lebih tinggi dari perasaan ‘Nggilani‘ saat melihat pemandangan di dapur pengolahannya. Saya perhatikan, semua pekerja yang mengolah Lassi di dapur belakang sampai yang menjual didepan tidak ada satupun wanita. Laki laki semua !!!!, keebayang deh, laki laki kalau Pipis selalu memegangi ‘barang‘nya sambil berdiri dibawah pohon. Lalu tanpa cuci tangan langsung mengaduk ragi bubuk dan active culture. Mungkin ini pula yang membuat rasa Lassi agak sedikit asem.
Cara Menuangkan Lassi Kedalam Gelas Tanah
Penjualnya Laki Laki Semua – Ada Yang 
Nangkring Diatas Meja Ada Juga Yang  Garuk Garuk
Ragi Susu Bubuk Dicampur Dengan
Active Culture (Lassi Kadaluarsa)
Siap Diminum – Lassi Terbaik Terlihat Dari
Adanya Langit Langit Yang Mengeras Seperti Keju
Di Permukaan
Sweet Lassi, Mango Lassi, Strawbery Lassi
Rasanya Asem Asem Gimana Gitu

 

Baca Juga :

 

Gabgha – Pesta Makan Tengah Malam Kuwait

Diwaniyah Kuwait
Bagian Dalam Diwaniyah
Kalau Ngomong
Harus Teriak
Rumah saya dekat dengan gedung Public Diwaniyah, kalau di Indonesia semacam Balai Desa, Gedung Pertemuan atau semacamnya. Diwaniyah / Dewaniya semacam ini hanya ada di Kuwait dan digunakan umumnya untuk pertemuan bisnis, pertemuan politik sampai ngobrol ngalor ngidul nggak tentu arah. Ada beberapa macam Diwaniyah yang saya ketahui seperti Public Diwaniyah, Private Diwaniyah dan Family Diwaniyah. Diwaniyah Pribadi biasanya untuk kumpul kumpul teman dekat saja. Diwaniyah Umum gedungnya sangat besar sekali dan punya schedule acara mingguan dimana semua orang bisa datang dan bergabung. Diwaniyah Keluarga ukuran paling kecil, kalau di tanah air mungkin bisa disebut Ruang Tamu dan umumnya menyatu dengan rumah.

 

Cemilan Arab Acara Gabgha Ramadhan
Semuanya Manis Manis

 

Ada beberapa Diwaniyah khusus untuk ngobrol Politik dan ada pula yang dibuat khusus untuk anak anak muda. Semuanya buka setelah sholat Isya sampai sekitar jam 11 Malam. Tetapi saat bulan Ramadhan seperti saat ini bukanya setelah Sholat Tharaweh atau sekitar jam 11 malam. Nggak seperti biasa Diwaniyah dekat rumah saya ini buka tengah malam. Sehingga saya sempatkan waktu untuk mengusut,. Ada apa gerangan Diwaniyah di Kuwait semakin malam semakin ramai sepanjang bulan Ramadhan.
Gabgha Ramadhan Night
Photo Source : Sent By Nasser Al-Azmi
Ternyata ada pesta makan makan, namanya Gabgha Ramadhan, sering juga disebut Gabgha Ramadhan Night. Di beberapa Diwaniyah, acara makan makan tengah malam ini hanya diadakan pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan saja. Nah, ini yang menarik. Ada hubungannya dengan acara menyambut datangnya Nuzulul Quran atau tidak ?. Bisa ya bisa juga tidak tergantung panitianya. Kalau panitianya punya tujuan seperti itu maka acara akan disertai acara keagamaan/pengajian tetapi yang paling sering adalah acara ngobrol dan makan makan bebas dan santai saja karena untuk pengajian sudah punya tempat tersendiri yaitu Masjid.
Pagi Hari Pesta Tengah Malam
Telah Selesai
Itulah sebabnya kenapa didalam Diwaniyah banyak berserakan kartu permainan dan anda bisa main Kout, Hand, Sebeitha, Nithala, Trix atau Balot. Hah… mainan apa pula itu ?. Nggak tahu, jangan tanyakan ke  saya, Saya sendiri nggak tahu cara memainkannya. Yang jelas, semua permainan dilombakan tiap malam dan dari rumah bisa terdengar suara hingar bingar  musik arab. (Note : Cuma dengar saja karena nggak pernah ada yang ngundang). Bahasa ‘ngeles’nya kira kira “Males ah datang, ribet sekali harus memakai pakaian tradisional Arab Dishdasa hanya untuk makan makan saja“.

NOTE : 

Sorry ya, nggak bisa menampilkan photo makanan yang uenak uenak, nanti saya update kalau ada yang mau ngundang ya

Diwaniyah Pribadi
Hanya Untuk Kawan Dekat Saja





Baca Juga :

Bulan Puasa Ala Batman Di Kuwait

Nonton World Cup Di Kuwait
Sambil Nunggu Sahur
Penuh Sesak Nonton
World Cup

Memang enak sekali di Indonesia, sepanjang tahun siang dan malam selalu sama. Jadi kalau memasuki bulan puasa serasa sudah hapal di luar kepala, sahur sekitar jam 3 pagi dan mulai tidak boleh makan dan minum mulai sekitar jam 04:20an pagi. Sore hari bisa jalan jalan mencari hidangan buka puasa dimana saja. Sambil ngantri beli makanan bisa ngobrol dengan tetangga atau siapa saja yang kebetulan sedang ngantri. Adzan Maghrib saat buka puasa setiap tahunnya juga tidak pernah berubah. Paling banter beda 5 sampai 10 menit dibanding tahun tahun sebelumnya.

Melek Sampai Sahur Diskusi Hangat
Tentang Capres, World Cup Dan Traweh

 

Pendukung Jokowi
Vs Prabowo

Di Kuwait, waktu Subuh dan Maghrib tidak selalu sama setiap tahunnya tergantung bulan apa. Perbedaan waktu sholat bisa bergeser sekitar 3-4 jam terutama saat Musim Dingin dan Musim Panas. Saat Musim Dingin, jam 6 pagi terkadang masih gelap gulita. Nah sekarang ini bulan Ramadhan bertepatan dengan bulan July, saat Musim Panas di Kuwait. Sekitar Jam 3 pagi sudah terdengar Adzan Subuh. Waktu berbuka puasa sekitar jam 19:00an, artinya waktu puasa saat musim panas di Kuwait jauh lebih panjang dibanding dengan di Indonesia.

 

Buka Puasa !!!
Lokasi Pasar Ikan Al Kout Fahaheel

 

Sahoor Sahoor

Pada saat pertama kali saya di Kuwait, memang saya sempat kaget. Heran karena kehidupan di Kuwait baru dimulai tengah malam. Sudah jadi hal yang umum di Kuwait kalau malam hari pada melek semua dan mulai tidur setelah sholat subuh. Bangun lagi menjelang Maghrib, orang Arab memang terbiasa ‘molor‘ kalau siang hari dan melek malam hari. Lama lama kita bisa juga mengikuti pola hidup penduduk lokal. Kebetulan saat ini sedang ada World Cup, ada juga PILPRES sehingga tidak ada habis habisnya mengisi waktu malam hari. Mulai Traweh, Nonton Bola, Ngotot ngototan mendukung Capres Prabowo Vs Jokowi sampai keliling apartment kawan cari undangan sahur, siapa tahu diundang sahur.

Bangun Bangun !!!!
Sudah Jam 1 Siang Belum Bangun Juga, Halooo !!!

 

Makin Malam Makin Ramai
Sekaligus Sahur

Apa nggak sekolah atau kerja ?. Saat musim panas, semua sekolah libur sampai 3 bulan. Jam kerja kantor juga berubah. Yang biasanya masuk kerja jam 7 pagi, saat bulan Ramadhan jam kerja dimulai jam 09:00 pagi dan ada beberapa kantor yang baru mulai lebih siang lagi. Pulang kerja tetap sama jam 15:00. Artinya, jam kerja dapat discount 2 jam menjadi hanya 6 jam saja. Mall  dan toko sepi dan terasa ogah ogahan saat siang hari. Tetapi mulai ramai kembali setelah  jam 10 malam. Restaurant banyak yang baru tutup saat adzam subuh berkumandang. Yah, beginilah gaya hidup Batman saat bulan Ramadhan di Kuwait, siang tidur, malam melek.

Kucingpun Ikut Tidur Karena Puasa
Nggak Ada Yang Ngasih Makan Karena Semua Tidur

 

Ngantuk Berat Sudah Jam 13:00 Siang

 

Arabpun Mengacungkan Salam Dua Jari

Penjual Semangka Di Sepanjang
Fahaheel Expressway (Road 30) Saat Bulan Puasa

 

Stop Please, 2 Dinnar Only

Pemilu CAPRES untuk pemilihan Presiden Indonesia yang ke 7 di Kuwait dilaksanakan tanggal 4 July 2014 di Kuwait Karate Federation Sport Center, Salmiya. Bukan tanggal 9 July seperti di tanah air, tetapi penghitungan suara  tetap  akan dilaksanakan serentak tanggal 9 July 2014. Seperti halnya di Indonesia, di Kuwait suasana juga sedikit ‘Panas’ karena bertebarannya kampanye hitam dan saling mengungkap sisi negative masing masing Capres. Saya sendiri heran, kenapa bisa begitu fanatiknya mendukung capres jagoannya. Tapi nggak apa apa, sekarang sudah bulan Ramadhan dan hampir semua pendukung kedua kubu berhenti saling menghujat karena puasa.

 

Salam Dua Jari Dari Kuwait

 

Karena sedang berpuasa dan udara diluar saat musim panas kali ini mencapai 47 Deg C, maka saya sempatkan untuk jalan jalan keseluruh penjuru Kuwait sambil menunggu saat buka puasa tiba. Dimana mana disepanjang jalan selalu terlihat Penjual Buah Semangka. Yang menarik, semua penjual semangka selalu mengacungkan ‘Salam Dua Jari’. Dalam hati saya kagum sekali dengan pemandangan yang saya lihat di sepanjang jalan Kuwait saat menjelang PILPRES tahun ini. Hebat juga TIMSES Jokowi-JK perwakilan Kuwait bisa membuat orang Arab mengacungkan ‘Salam Dua Jari dari pagi sampai sore nonstop sambil kepanasan. Saat meminggirkan mobil, saya berusaha mengorek informasi sedetail mungkin, kenapa pendukung Jokowi di Kuwait kebanyakan penjual semangka.

 

Yang Baju Kuning Selalu Memberi Salam Dua Jari
Fanatiknya Bukan Main

Penjual Semangka :Two Only….Two ….!!!

Saya : ‘Two …JO…KO…WI, Yes, Two is JOKOWI’. 

             ‘One … PRA…BO…WO…, Yes right, One is PRABOWO

(Si Arab manggut manggut sambil mengeja dan mengingat ingat dua kosakata baru yang saya ucapkan).

Saya :Prabowo OK brother ????’ (sambil saya acungkan 1 jari)

Penjual semangka sempat bimbang sebentar, setelah itu geleng geleng kepala dan dengan tegas menjawab :

No, Only JO..KO..WI !!!’ (sambil mengacungkan 2 jari)

Setelah itu nyerocos panjang sekali sambil memukul mukulkan pisaunya ke Semangka yang dipegangnya.

Gawat, Kenapa Semua Arab Mendukung Jokowi
Hebat Sekali Timses Jokowi-JK Perwakilan Kuwait

 

Saya sempat kaget, saat penjual semangka tersebut nyerocos pakai Bahasa Arab,  tangannya mengacungkan satu jari tapi diikuti dengan gerakan tangan seolah olah sedang menggorok leher. Pisau yang dipegang digerakkan kearah lehernya sambil bersuara  ‘Srettt’. Hah,..gila,  orang Arab ini ngerti bener pelanggaran HAM yang dilakukan Prabowo. Ini namanya Kampanye Hitam, nggak bener kalau sampai orang Arab dicekoki kampanye hitam seperti ini. Tapi setelah saya investigasi, ternyata maksudnya lain. Si Penjual Semangka tersebut nggak mau menurunkan harga semangkanya sampai seharga KD 1, bisa jadi si penjual akan digorok juragannya kalau sampai rugi.

 

Salam Dua Jari
Pokoknya Nggak Mau One, Only Two
Cukup lama saya menginterogasi penjual semangka tersebut. Karena udara panas sekali, sempat saya tanyakan apakah mereka puasa atau tidak. ‘Shaum..???‘. Jawabnya cukup pendek tapi sayang pakai bahasa Arab yang tidak saya mengerti. Tapi, kira kira artinya ‘Aku Raposo...’ Akhirnya, saya ngalah. Langsung saya keluarkan KD 2 untuk sebuah semangka merah yang cukup besar untuk buka puasa hari ini. Saya perhatikan Si Penjual Semangka cukup sumringah dan sangat gembira sekali bisa menguasai dua kata Bahasa Indonesia. Dari balik kaca spion, saya perhatikan penjual semangka tersebut mengacungkan salam dua jari kembali sambil teriak ‘Jokowi….Jokowi Only…Two Dinnar Only..Very Cheap…!!!!’. 
Catatan :
Kurs Hari Ini KD 1 = Rp 41.750 (3 Jul 2014)

Graish – Menyambut Datangnya Ramadhan Kuwait

Kuwaitis Sweet Hidangan Wajib
Pesta Kecil Graish Menyambut Datangnya Ramadhan
.
Graish adalah pesta kecil yang diadakan khusus untuk menyambut datangnya Ramadhan di Kuwait. Biasanya diadakan sekitar sehari atau dua hari sebelum memasuki bulan Ramadhan. Ada yang mengatakan juga untuk penanda berakhirnya Shabaan. Semula pesta kecil Graish ini hanya diadakan didalam rumah tangga untuk keluarga dan teman dekat saja. Tetapi sekarang sudah menjadi tradisi atau ritual tahunan dan dilakukan dimana mana. Di Kantor kantor sering diadakan pesta kecil seperti ini. Benar benar kecil karena dilakukan oleh masing masing team dan juga perorangan. Di restaurant restaurant suasana juga berbeda dari hari hari biasanya karena pengunjung yang datang berombongan sekitar 10 – 15 orang sekali masuk ke restaurant. Mereka masih satu keluarga, kerabat dan teman dekat saja per rombongan.

.

Pesta Kecil Tapi Makanan Kelas Berat
.
Yang perorangan juga ada, biasanya cukup bagi bagi cokelat atau makanan kecil yang rasanya sangat manis sekali, sering disebut Kuwait Sweet. Beda dengan di Indonesia dimana menjelang Hari Raya Idul Fitri semua kantor selalu bagi bagi THR, di Kuwait jelas nggak ada THR. Jadi, menjelang Ramadhan saja karyawan di Kuwait dapat ‘Tunjangan‘ berupa makan kenyang sepuasnya. Seperti biasa, meskipun Graish disebut pesta kecil dengan jumlah pengunjung tidak terlalu banyak, tetapi makanan sangat berlimpah dan tidak bisa disebut pesta kecil lagi.

.

Makanan Berlimpah Meskipun Yang
Datang Hanya Team Kecil Beberapa Orang Saja
.
Hadiah hadiah tanda suka cita datangnya Ramadhan tidak hanya coklat dan hidangan kelas berat saja, tetapi ada juga hadiah khusus dari kantor berupa kotak besar. Isinya macam macam, kadang Parfum, Quran Kecil, Jadwal sholat, buka puasa dan sahur. Di Kuwait, saat buka puasa namanya IFTAAR sedangkan sahur hampir sama dan disebut SAHOOR.

.

Kemeriahan Meja Makan Pesta Graish
Menyambut Datangnya Ramadhan

.

Yang paling menarik adalah Kartu Permainan, bukan seperti kartu mainan biasa berisi As, King, Queen, Jack dan Joker, kartu Graish Kuwait berisi doa doa pada setiap kartunya. Cara memainkan kartu tersebut gimana ? Nah itu yang saya tidak tahu. Katanya, kartu dibagi sama rata ke semua pemain, masing masing setiap pemain wajib baca doa dari kartu yang dipegangnya. Kalau sampai kesleo bacanya maka harus baca buku buku kecil lain berisi Surat surat dari Al Qur-an. Satu buku kecil berisi satu surat Quran saja. Beruntung kalau dapat surat pendek Al Ikhlas, kalau dapat surat yang panjang sekali Al Baqarah bisa tertidur pemain lainnya nungguin selesai baca. Sampai sekarang saya nggak tahu bagaimana cara memainkan kartu tersebut.
.
Uenak Tenan

.

Baca Juga :

 

Hadiah Graish
Isinya Ballpoint, CD Quran, Kartu Doa, Quran Per Surat
Jadwal Sholat Dan Table Catatan Batal Puasa
Dan Tidak Sholat Jamaah

 

Hadiah Parfum Dan Quran Kecil
Satu Buku Satu Surat
Surat Pendek Hanya Satu Lembar Saja
Surat Panjang Sangat Tebal Sekali

 

Hadiah Kartu Berisi Berbagai Macam Doa
Bingung Gimana Cara Memainkan Kartu Ini

 

Onta Dan Gajah Ramadhan

Hiasan Bedug Saat Ramadhan
Di  Ambarukmo Hotel Yogyakarta

 

Sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan. Kalau di tanah air, suasana bulan Ramadhan sangat meriah sekali. Mall mall dan hotel hotel penuh dengan dekorasi ramadhan dan lebaran. Biasanya dekorasi didalam Mall mall dan hotel di Indonesia berupa bedug, ketupat, patung orang salaman dan terkadang patung onta juga dibawa masuk kedalam Mall dan hotel. Kayaknya sih biasa dan normal normal saja menyaksikan Onta saat ramadhan di Mall dan Hotel di tanah air. Untuk bedug, ketupat dan patung orang salaman sih nggak jadi masalah karena memang tradisi orang Indonesia saat ramadhan memang begitu, mukul bedug saat maghrib, makan opor ketupat saat lebaran dan salaman.

 

Onta Ramadhan Di Salah Satu Mall
Di Jakarta – Apa Hubungan Ramadhan Dengan Onta

 

Tapi, memasukkan patung onta kedalam Mall dan hotel saat ramadhan itu ide dari mana. Hampir 10 tahun saya tinggal di Timur Tengah nggak pernah saya melihat patung onta disangkut pautkan dengan Ramadhan apalagi dimasukkan Mall dan Hotel bintang 5. Apa hubungan Onta dengan Ramadhan ?. Di Kuwait, suasana Ramadhan di mall mall dan hotel nggak ada bedanya dengan hari hari biasa. Nggak ada kemeriahan Ramadhan seperti di Indonesia. Bulan Ramadhan itu bukan bulan untuk bergembira ria, tapi untuk belajar prihatin, berkumpul dengan keluarga sehingga saat bulan ramadhan kebanyakan penduduk asli Kuwait malah berada dirumah.

 

Ini Di Kuwait – Apa Hubungannya
Ramadhan Dengan Gajah

 

Marhaban Yaa Ramadhan’ dan ‘Minal Aidin Wal Faizin‘ juga kurang begitu dikenal di Arab. Dua kalimat yang sangat terkenal di Indonesia ini jarang sekali yang tahu maksudnya. Pernah saya mengucapkan dua kalimat terkenal tersebut ke orang orang Arab Kuwait, Mesir, Lebanon dll. Semuanya kompak menjawab ‘No…No…Not Arabic, Just Say ‘Eid Mubarak’…Finish‘. Lah…lalu dari mana asal dua kalimat tersebut ?. Jangan jangan sama dengan Onta didalam Mall diatas. Hanya imajinasi orang Indonesia tentang suasana Ramadhan di Arab. Disini, yang sering terdengar adalah ‘Ramadhan Kareem‘, ‘Ramadhan Mubarak atau ‘Mubarak Alaikom Al-Shahar‘, bukan Marhaban Yaa Ramadhan meskipun orang Arab tahu maksudnya. Yang paling umum dan paling sopan adalah ‘Mubarak Alaikom Al-Shahar‘. ‘Min Alaideen Wa Alfayzeen‘ atau ‘Minal Aidin Wal Faizin’ kalau dalam bahasa Indonesia bisa dimengerti orang Arab meskipun jarang yang mengucapkannya. Cukup ‘Eid Mubarak‘ saja sebagai ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

 

Gajah Ramadhan
Kenapa Orang Indonesia Nggak Meniru Arab Saja
Kan Gajah Dari Sumatra

Entah dapat ide dari mana orang orang Indonesia, pokoknya kalau ramadhan identik dengan Onta. Saya jadi teringat juga Nasi Kebuli, makanan terkenal di kalangan warga keturunan Arab di Indonesia yang katanya khas Arab. Silahkan cari diseluruh penjuru Arab kalau bisa menemukannya. Di Arab sini nggak pernah saya menemukan makanan dengan nama Nasi Kebuli. Yang ada dan sangat mirip namanya Majabus, Mandi Lahm atau Biryani.

Bangga Bisa Photo Dengan Latar Belakang Gajah

Sebenarnya yang aneh bukan orang Indonesia saja. Orang Arab juga cukup aneh saat menyambut datangnya bulan Ramadhan. Kalau di Indonesia Onta jadi dekorasi utama, di Kuwait cukup Gajah. Tepatnya keluarga Gajah. Ada bapak Gajah yang paling besar sendiri, Ibu Gajah yang sangat gemuk dan dua anak anaknya yang lucu. Karena di Arab nggak ada Gajah, sudah tentu semua orang nonton dan photo photoan dengan latar belakang patung Gajah. Hebatnya lagi, gajah gajah tersebut digambarkan sedang makan mangga seolah olah makanan utamanya hanya Mangga. Yah, memang seperti itulah bayangan, imajinasi atau gambaran orang Arab tentang Gajah Gajah Ramadhan.

Photo Photoan Dengan Gajah Ramadhan
Bikin Macet Jalan Saja

 

Dapat Ide Dari Mana Ramadhan Menghias
Mall Dengan Gajah

 

Habibie…Datanglah Ke Indonesia
Jangan Heran Melihat Onta Jadi Hiasan Ramadhan

 

Ramadhan Sale – Mango Mania
Di Lulu Hypermart Qurain

 

Segala Macam Mangga Dari Srilanka, India
Thailand, Mesir, Brazil Dan Indonesia Didatangkan Untuk
Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

 

Ada Juga Mangga Golek Dari Indonesia



Baca Juga :