Category Archives: Salon Dan Mode

Salon Kecantikan Sentuhan Mesir

Nah ini cerita tentang salon kecantikan di Kuwait lagi. Sangat berbeda sekali dengan salon salon di Indonesia, di Kuwait tidak ada salon kecantikan wanita di tempat terbuka seperti mall atau tempat lalu lalang orang di jalan raya utama. Kalau di Indonesia, pengunjung mall bisa seenaknya melihat para wanita yang sedang ‘nyalon’ dan para wanitanya sengaja membiarkan dirinya dilihat banyak orang kalau sedang ‘nyalon’ karena sekaligus bisa menunjukkan strata ekonomi yang lebih baik dari yang lain, lebih bergengsi atau segala macam ‘wah’ yang lain. Para wanita yang nyalon di Mall ini benar benar nggak peduli ‘lelaki’nya banting tulang cari duit kepanasan yang penting bisa gaya di salon mewah di mall. Dengan hairdresser lelaki, gagah dan tampan lagi, lupa deh mereka dengan ‘aurat’nya dan suaminya yang sudah mulai jompo tapi banyak duit dirumah.

Kalau di Kuwait, merupakan hal yang tabu kalau sampai ada orang lain berlawanan jenis yang melihat bagian dalam abaya hitam wanita Kuwait. Akibatnya, salon kecantikan wanita di Kuwait selalu tertutup rapat dan tempatnya tidak begitu menarik untuk dikunjungi, bahkan ada yang buka salon di Apartment lantai atas lagi. hairdressernya semua wanita, bisa dari Srilanka, India, Turki, Philipine, Pakistan, Jordan, Mesir, Bangladesh atau negara lain, akibatnya potongan rambut sangat tergantung dari negara asal hairdresser. Bulan lalu potongan rambut model Srilanka, bulan berikutnya model Nefertiti dari Mesir, setelah itu bisa ganti model Benazir Bhutto dari Pakistan.

Yang menarik apabila duduk di Salon salon Kuwait, bukan rambut dulu yang dikerjain, tetapi wajah langsung ditemploki cat tembok warna putih, juga ditemploki lilin hangat dan segala macam parfum yang malah bikin kepala pusing dan mata berkunang kunang. Syukur saja tidak diasapi kemenyan segala jadi pulang kerumah kita masih bisa bangga dengan anak anak dan suami atau istri di rumah. Ini lho model terbaru ala Cleopatra dari Mesir.

Baca Juga :

Advertisements

Nyoba Salon Kecantikan Laki Laki Kuwait

Salon kecantikan tidak hanya untuk wanita saja, di Kuwait kebanyakan salon untuk laki laki. Salon kecantikan wanita jauh lebih sulit dicari daripada salon laki laki. Umumnya salon kecantikan laki laki letaknya di tempat tempat strategis dan dijalan utama sedangkan salon wanita ngumpet di apartment apartment yang sekaligus berfungsi sebagai tempat tinggal juga. Karena saking banyaknya salon kecantikan laki laki, maka bisa disimpulkan bahwa laki laki Arab sangat ganjen, senang bersolek, pokoknya kemana saja selalu rapi dan wangi.
Di saat kita JJS ( Jalan Jalan Sore ), tanggal 17 Nov 2008 lalu, Saya, Mas Ardi, Ayu dan Dinda mempunyai tujuan ke Toko Buku di Fahaheel ada sesuatu yang akan dicari. ” Wah saya mau potong rambut,” celetuk Mas Ardi. Rasanya nggak puas kalau nggak mencoba sendiri salon Arab. Tanpa disadari Mobil berhenti di depan salon khusus laki laki . Saya dan anak anak menunggu di dalam mobil. Inilah cerita pengalaman mencoba potong rambut di Kuwait. Saya ijinkan mas Ardi menyempatkan diri untuk mencoba salon laki laki, sengaja saya pilihkan yang tempatnya mentereng di samping apartment lama  di Mecca Street. Hair Stylernya namanya Muhammad, lahir di Kuwait tetapi sebenarnya warga negara Jordan. Ayahnya dulu staff KOC juga, tetapi sekarang sudah pensiun dan tinggal di Amman, Jordan.
Setelah basa basi sebentar, langsung rambut mas Ardi dipotong dengan rapih. Model rambut yang sedang ngetop disini adalah ‘potong batok’ atau setengah tempurung kelapa. Tetapi jelas saya nggak ijinkan mau ikut ikutan mode anak muda Arab. Karena ingin tahu apa saja jasa salonnya, maka sengaja saya biarkan apa saja yang dilakukan terhadap rambut dan wajah mas Ardi. Ternyata, dia menemukan rambut putih di kepalanya, langsung saja tanpa A-I-U rambut disemir dengan pewarna rambut warna hitam dari Jerman, katanya kwalitas nomor satu. Nggak apa apa, wong pingin tahu. Tahu tahu wajahnya dipegang pegang dan diolesi cairan seperti aspal hangat berwarna kuning. Setelah saya tanyakan ternyata wax untuk menghilangkan rambut halus diwajah. Belum selesai kagetnya, wajah diolesi juga dengan cairan wangi yang saya sendiri tidak tahu apa gunanya. Saya hitung hitung, wajah diolesi 4 macam cairan wangi dan rambut 3 macam cairan wangi. Wangi dicampur wangi dan ditambah wangi jadinya pusing tujuh keliling dan berkunang kunang mencium aneka macam wewangian Arab.

Sebelum ritual potong rambut selesai, rambut dibilas bersih dengan air hangat, celakanya tangan orang Arab sangat besar dan bertenaga sekali sehingga pada saat mengeringkan rambut kepala nampak di obok obok kekiri kanan dan atas bawah dengan sangat kuatnya. Hair Dryer yang biasanya kecil dan nyaman di kepala pada saat rambut dikeringkan, di salon ini ternyata sangat kuat anginnya dan besar sekali, suaranya mirip helikopter. Kenapa Hair Dryernya kok besar sekali, jawabnya ternyata sederhana kalau pakai hair dryer kecil orang Arab akan tertidur terkena angin sepoi sepoi dari hair dryer kecil.

Nah. setelah menunggu di mobil hingga 1 jam lamanya. Anak anak sudah protes semua. Lama benar…tukang foto pun sudah bosan menunggu. E, tanpa pikir panjang Mas Ardi nyeletuk ” Ntar ..mbayar  KD 10 kok cepet cepet pulang, pijetnya kan belum… rugi kalau cepet cepet.

Baca Juga :

Madonna Hair Still

Entah kapan dibukanya, rasanya belum pernah saya diundang kenduri pada saat pembukaan salon kecantikan baru di apartment kami. Tahu tahu papan nama besar sudah dipasang dibagian depan dan belakang apartment. Sudah warnanya merah, besar kata katanya mengundang senyum pula. Namanya Sallon Madona Still dan ada embel embel For Laedy. Mantap kan, untuk bikin usaha di Kuwait tidak perlu TOEFL harus diatas 500 atau IELTS dengan score tinggi. Yang jelas, kalau tulisan salah bukan tangung jawab tukang reklame yang membuatnya, tetapi salahnya sendiri kenapa nggak mbuat sendiri.

Entah karena nggak tahu tulisannya salah atau memang nggak mau debat dengan pembuat reklame, papan nama ‘ajaib’ tersebut tetap saja dipasang. Saya sendiri juga segan memberi tahu pemilik salon bahwa papan namanya salah tulis mengingat di Indonesia sendiri pernah beberapa tahun lalu secara resmi pemerintah mengharamkan nama nama asing, semua tulisan asing harus dibahasa Indonesiakan dan jadinya malah jauh lebih parah dari ‘For Laedy’ dan ‘Hair Still’ diatas. Ingat saja nama perumahan di Indonesia yang aneh masih banyak sampai sekarang, seperti Gren Citra,Grin Gaden (dulunya sih green garden) dan lain lain. Lain kali kalau mau gren opening, undang saya dong, little little sih I can adpis the correct word for your adpertisment. Hwalah….. (Ardi/Susy)

Baca Juga :

Salon Pokymon, Khusus Untuk Laki Laki Saja

Berat sekali mencari salon kecantikan wanita di Kuwait Sudah puter puter hampir setengah hari mencari salon kecantikan wanita di seluruh Mangaf dan Fahaheel, nggak ada yang bonafide. Umumnya salon kecantikan di Kuwait hanya untuk ‘laki laki’, ada beberapa yang untuk wanita tetapi umumnya letaknya tersembunyi, misal di apartement atau rumah rumah Kuwaiti. Sering pula tidak ada papan namanya karena tidak memiliki ijin usaha. Promosi salon kecantikan wanita selain dari mulut ke mulut juga dari brosur dan selebaran selebaran yang dikirim ke apartement. Lihat brosurnya saya agak ragu ragu, karena yang terpampang gambar wanita arab dengan pakaian pengantin. Tetapi setelah saya tanyakan ternyata itu bukan pakaian pengantin, tetapi gaun malam yang biasa dipakai wanita arab dibalik abaya hitamnya.

Saya sendiri heran, kenapa laki laki disini begitu ‘ganjen’ ke salon segala. Hampir semua salon laki laki disini mempunyai tempat yang strategis dan dekorasi salon tidak kalah mewah dibanding salon salon wanita di Indonesia. Jasa perawatan rambut, wajah sampai massage tersedia lengkap di salon salon yang banyak bertebaran di seluruh tempat strategis di Mangaf dan Fahaheel ini. Salah satu yang selalu ramai ada di perempatan jalan besar Mangaf – Fahaheel. Namanya cukup mengundang perhatian dan senyum, ‘Salon Pokymon’. Entah apa yang menarik dari saloon ini, yang jelas karena letaknya dekat sekali dengan apartement saya, saya bisa melihat dengan jelas orang orang yang mondar mandir keluar masuk ke salon tersebut. Lihat saja gambar laki laki yang berbondong bondong ke salon tersebut setiap harinya pada photo diatas. (by Susy)