Turin Italy Kota Kembarnya Yogyakarta


 

Pertigaan Jalan Iklannya Besar Besar
Mirip Pertigaan Demangan Yogya
Barangkali anda sering membaca ulasan majalah, koran atau televisi tentang kota Turin atau Torino, ibukota dari wilayah Piedmont Italy bagian utara. Hebat bukan ulasan media di Indonesia ?. Kenyataannya biasa biasa saja, sudah sering kita menyaksikan di tanah air dan tidak sehebat apa yang ditulis media di tanah air. Secara umum sebenarnya relatif sama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saya jelajahi hampir 150 Km, kira kira setara dengan jarak dari Adi Sucipto – Yogya – Magelang pp.  Tepatnya saya jelajahi mulai dari Turin International Airport – Turin – Cuorgne pp. Saya memang senang nyewa mobil dengan tujuan tidak jelas kemanapun saya suka.
Ini Pertigaan Jalan Di Turin Dekat Airport
Iklan Besar Kecil – Yang Penting Pemasukan
Sepanjang jalan yang bisa anda saksikan sama persis dengan apa yang sering anda saksikan di Magelang – Muntilan -Yogyakarta.  Ada gunung dan lembah di Cuorgne yang mirip dengan suasana di Muntilan. Rumah rumah disepanjang jalan mirip dengan di Indonesia, atapnya berbentuk trapesium atau limas menandakan daerah Turin banyak hujan. Setiap rumah ada pagarnya juga baik pagar besi, tembok maupun tanaman. Design pagar besi setiap rumah nggak ada bedanya dengan di Indonesia.
Iklannya Maju Sampai Ke Jalan
Ini Turin Guys

 

Tapi yang paling mirip adalah spanduk, banner, pamflet berbagai macam iklan yang jumlahnya setara atau bahkan jauh lebih banyak dari Yogyakarta. Sebelum saya berkunjung ke Turin, bayangan saya kota yang paling jorok banyak spanduk, pamflet dan banner iklan itu hanya Yogyakarta saja. Tapi sekarang pikiran saya berubah, ternyata Turin sama berantakannya dengan Yogyakarta masalah pemasangan papan iklan.
Tembok Tokopun Jadi Sasaran Iklan
Seandainya saya bisa bahasa Italy, iklan iklan yang dipasang sembarangan dengan berbagai macam ukuran dan bahan tersebut bisa jadi artinya ‘Terima Kost Putri‘, ‘Badut – Bisa Dipanggil‘, ‘Ahli Bikin Sumur‘ dan lain lain. Iklan properti jelas banyak, Petunjuk ATM Bank, Bengkel mobil, Salon, Rumah Makan, Bimbingan Belajar dan masih banyak lagi. Pening saya baca iklan bertumpuk tumpuk disetiap persimpangan jalan dan disepanjang jalan.

 

Pemda Turin Kaya Raya Dari Iklan
Persis Yogyakarta
Kesannya memang jorok karena iklan dipasang sembarangan dengan ukuran besar sampai kecil. Ada yang dipasang di pohon, dinding toko, perempatan jalan, tiang listrik dan lain sebagainya. Susah saya menceritakannya, pokoknya sama joroknya dengan iklan iklan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Semrawut, Dimanapun Ada Tembok Atau Tiang
Bebas Dipasangi Iklan
Papan Nama Bengkel Service Sepeda Motor
Sama Dengan Yogyakarta
Ada Iklan Mirip Antangin Di Turin
Kuning Warnanya
Coba Hitung Ada Berapa Papan Iklan
Bentuk Rumah Mirip Di Indonesia
Ada Papan Iklan Besar
Ada Gang Buntu Juga
Setiap Pertigaan Ada Iklan
Rumah Dan Pagar Rumah Sama Dengan
Di Indonesia
Dari Jauh Saya Kira ATM BCA
Ternyata Ini Di Turin Italy
Iklan Lagi
Mungkin Iklan Cuci Mobil Dan Ganti Oli
Banyak Sekali  Iklan Dimana Mana
Ternyata Turin Sama Semrawutnya Dengan Yogya

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s