Nonton Kebun Dan Sawah Bule Belanda


Jalan Sempit Di Propinsi Limburg Netherland
Kiri Kanan Hijau
Blog ini banyak cerita tentang kehidupan sehari hari di Eropa. Terkadang apa yang saya tulis susah dipercaya oleh pembaca ditanah air. Ada yang bikin komentar katanya Eropa yang ditulis di blog ini tidak sesuai dengan apa yang dia saksikan. Ya mungkin betul juga, mereka ke Eropa hanya hanya di kota kota besar dan mengikuti tour guide. Saya mah beda, saya bisa kemana saja dan blusukan sampai ke desa desa.
Sepertinya Tanaman Padi Atau Gandum
Yang Kering Baru Dipanen Sebelah Kanan
Kali ini saya ajak anda jalan jalan ke desa desa di propinsi Limburg di Belanda. Bukan di ibukota propinsinya Maastrich yang sudah sangat dikenal orang Indonesia, tapi ke desa desa disekitarnya untuk melihat Bule Londo sedang bercocok tanam menanam sayur dan panen hasil bumi dan juga beternak ayam, kambing, babi dan sapi.
Nah Sebelah Kanan Ini Tanaman
Bawang
Banyak desa dan wilayah yang saya lalui kesehariannya sangat mirip dengan di Indonesia. Saya baca nama namanya di batas desa pinggir jalan misalnya Meerssen, Ransdaal, Heerlen, Valkenberg, Keutenberg, Gulpen, Cauberg, Bemelen, Bundersberg dll. Yang namanya pakai akhiran ‘berg’ sebenarnya cuma bukit yang sedikit lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Nggak ada gunung di Belanda.
Habis Panen Olah Raga Dulu

Yang mungkin jarang diketahui oleh orang Indonesia, ternyata orang Belanda di desa itu banyak juga yang angon sapi, membersihkan kandang ayam dan ngorek ngorek got, tanah dan pompa air untuk mengairi kebunnya. Saat saya lewat beberapa hari lalu, baru saja ada panen hasil bumi. Beberapa sawah sudah ditebang dan kering berwarna coklat. Yang bertanam jagung juga banyak dan terlihat beberapa orang sedang merawat dan membersihkan daun jagung kering.

Rumah Rumah Petani Bule Di Desa

Saya baca di beberapa tulisan di internet, katanya propinsi Limburg itu penghasil buah buahan Apel, Cherries, Pears dan Prunes. Keren ulasan beritanya, tapi saat saya datangi dan saya lihat sendiri ternyata lebih banyak penduduk yang menanam jagung, gandum, sorghum, bawang, sayuran dan berbagai macam tanaman cepat panen dan cepat jual juga. Beda sekali apa yang ditulis dengan apa yang terlihat disepanjang jalan.

 

Tanaman Sayur Juga Banyak

Sapi juga banyak terlihat disepanjang jalan. Warna sapinya hitam putih atau sapi penghasil susu. Belanda memang terkenal dengan produk produk olahan susu sapi, misalnya keju. Yang berbeda dengan Indonesia hanya iklimnya saja. Karena udaranya selalu sejuk dan dingin, maka petani Belanda tidak terlihat dekil dan berkeringat. Rumah rumah petani juga terlihat lebih gaya terbuat dari tembok kokoh dengan heater pemanas ruangan. Bisa mati kedinginan petani Belanda kalau rumahnya setengah kayu setengah tembok dengan lantai tanah tanpa heater pemanas seperti umumnya petani di Indonesia.

Oma Berangkat Ke Kebun

 

Lumbung Desa
Tempat Hasil Bumi Ditimbun

 

Di Belanda Ternyata Ada Gapura Desa Juga

 

Kebun Jagung Di Kanan Jalan
Yang Kiri Sudah Dipanen
Sawah Kering Setelah Dipanen

 

Rumah Desa – Ada Kandang Ayam
Kambing, Sapi, Babi
Baca Juga :

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s