WC Umum Nepal Dan Saudi Arabia


Rest Area Di Jalan Antara Kathmandu – Pokkara

Seandainya benar ‘Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman‘, mestinya Saudi Arabia jauh lebih bersih WC/Toilet Umumnya dibanding dengan negara negara lain. Tapi kenyataannya tidak demikian. WC Umum atau Toilet Umum di Saudi Arabia ternyata yang terjorok di dunia yang pernah saya temui. Berkali kali saya mampir ke WC/Toilet Umum disepanjang jalan Madinah – Mekkah – Jeddah , baik di Rest Area, Pompa Bensin, Restaurant atau Masjid. keadaannya masih sama saja joroknya dari tahun ke tahun sampai saat ini.  Baca link ini Cerita Jorok Dan Vulgar Dari Saudi Arabia.

Kotak Sumbangan Sukarela Dan Antrian
WC Umum Di Rest Area Kathmandu – Pokkara

 

Di Nepal, saya periksa sendiri puluhan WC Umum baik di kota Kathmandu, Pokhara maupun tempat tempat istirahat / Rest Area disepanjang jalan raya antara Kathmandu – Pokhara.  Memang tidak sebersih WC di Hotel atau di Mall tapi saya bisa mengatakan orang Nepal \Jauh Lebih Beriman’ dibanding orang orang yang berada di Saudi Arabia. Di Nepal, saya tidak pernah menemukan ‘Emas Batangan‘ seperti yang sering saya temukan di WC Umum Saudi Arabia.
Deretan WC Umum Yang Bersih
Jauh Lebih Bersih Dibanding Saudi Arabia
Kenapa WC/Toilet Umum di Nepal bisa terjaga kebersihannya dibanding di Saudi Arabia ?  Ternyata, di Nepal cara menjaga kebersihannya mirip sekali dengan di Indonesia. Untuk masuk ke WC Umum semua orang harus bayar Sumbangan Kebersihan. Tata caranya juga sama persis dengan di Indonesia. Setelah selesai buang hajat maka anda akan diminta untuk memasukkan sumbangan sukarela kebersihan. Semua WC Umum ada penjaga kotak sumbangan dan ada juga petugas kebersihan.
Sumbangan Sukarela Ditarik
Saat Akan Meninggalkan Area WC Umum
Sebagai orang Indonesia yang sedang berada di Nepal, rasanya seperti sedang berada di negara sendiri. Tata cara ke kamar kecil nggak ada bedanya sama sekali dengan di tanah air. Bedanya, di Nepal wastafel banyaknya bukan main dan ada dimana mana. Kayaknya, orang Nepal senang sekali mencuci tangan dan membasuh muka. Setiap saat ketemu wastafel langsung mencuci tangan dan membasuh muka, bukan cuma 5 kali sehari seperti kebiasaan orang Saudi Arabia.
Ini WC Umum Tang Lain Lagi
Bersih Dan Jauh Lebih Bersih Dibanding Saudi

Jadi, Kebersihan Adalah Sebagian Dari Iman bukan lagi sekedar slogan bagi orang Nepal tapi sudah menjadi kebiasaan sehari hari. Hal seperti ini tidak saya temukan di Saudi. Coba jawab sejujurnya, pernahkah anda menemukan WC Umum yang benar benar bersih bebas dari ‘emas batangan’  dan tanpa bau pesing di Saudi ???.

Wastafel Ada Dimana Mana
Orang Nepal Suka Cuci Tangan Dan Membasuh Muka

 

WC Umum Dan Wastafel Nepal

 

Wastafel Umum Di Salah Satu Warung Di Pokkara

 

Ngantri Wastafel Di Pokkara
Kebersihan Sebagian Dari Iman Orang Nepal

 

Wastafel Lagi
Lagi Lagi Wastafel
Kotak Sumbangan Sukarela
Diantara Wastafel Buat Pengguna Wastafel
Kotak Sampah, Wastafel Di Rest Area Pokkara
Orang Nepal Lebih Ngerti Kebersihan Dibanding Saudi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s