Bagaimana Cara Ngurus Visa On Arrival Nepal


Mesin Mesin VOA Di Terminal Kedatangan
Tribhuvan International Airport Kathmandu Nepal
Masing masing negara punya cara sendiri dan berbeda beda dalam hal mendatangkan turis. Nah, Nepal ini termasuk negara yang relatif sangat ‘Liberal’ dalam hal mendatangkan turis. Sudah sejak January 2014 memberlakukan Online Visa Application System dan Visa On Arrival bagi semua negara kecuali dari negara negara yang sedang rusuh. Nggak tanggung tanggung, bisa tinggal maksimum150 hari multiple entry. Tapi kalau duitnya cekak bisa juga apply untuk 15, 30, 90 hari saja.

 

Air Arabia Dari Kuwait Ke Kathmandu
Baru Landing Jam 20:00. Terlambat Satu Jam

 

Caranya mudah, cukup cek sisa masa berlaku passport harus lebih dari 6 bulan. Nggak ada syarat syarat lainnya. Masuknya bisa melalui Tribhuvan International Airport Kathmandu dan bisa juga melalui semua gate border India-Nepal manapun (Birganj, Bheemdatta, Dhangadhi, Nepalgunj, Kakarbhitta dan Siddharthanagar).

 

Grotal Gratul Scan Passport Dan Ngisi Sendiri
Dengan Mesin VOA

 

Untuk ngurus VOA di Tribhuvan International Airport Kathmandu juga mudah sekali dan tidak perlu ngantri panjang. Cukup scan pasport sendiri di puluhan mesin VOA yang tersedia di terminal kedatangan. Yang perlu diisi cuma masa tinggal dan alamat tinggal di Nepal dan beberapa pertanyaan ringan dan umum saja seperti tujuan ke Nepal dll. Paling cuma 5 menit saja termasuk bingungnya. Petugas yang ngawasi orang bingung juga cukup banyak dan siap untuk ngajari cara ngisi data di mesin VOA.

 

Photo Tinggal Njepret Sendiri
Yang Tubuhnya Pendek Harus Mundur
Dua Langkah Agar Wajah Kelihatan

 

Setelah data diisi, maka keluar struk yang berisi nomor VOA, biaya yang harus dibayar sesuai pilihan 15, 30, 90 atau 150 hari masa tinggal. Jangan lupa bayar dulu ongkosnya di counter yang tersedia dan jangan langsung nylonong ke meja imigrasi untuk stamp passport.

 

Repot Jadi Orang Pendek
Terlalu Ke Depam Cuma Terlihat Jambul Di Camera
Dan Harus Diulang Kembali Berkali Kali

 

Nah, bayarnya ternyata harus dengan mata uang USD atau EURO. Minta dibayar cash karena mesin geseknya katanya barusan jatuh dan rusak tidak bisa dipakai lagi. Apes, saya nggak bawa USD atau EURO tunai. Mesin ATM juga tidak ada didalam terminal kedatangan. Kuwait Dinar dan Rupiah tidak diterima, Nepal Rupee juga nggak mau terima.
Sambutan Travel Mart Nepal 2019
Wisata Trekking Ke Gunung Gunung Di Himalaya

 

Terpaksa eyel eyelan dulu dengan petugas. Kenapa mata uang Nepal Rupee negaranya sendiri nggak mau terima ?. Kenapa minta dibayar USD dan EURO ?. Kenapa mata uang yang sangat ‘Setrong’ Kuwait Dinar dan British Pound nggak mau terima ?. Akhirnya si petugas ngalah karena nggak mau didengar banyak orang sedang eyel eyelan. Saya bayar dengan Nepal Rupee dan si petugas senyum manis ketika saya tanya juga lagu kebangsaan Nepal.
Disambut Patung Budha
Welcome To Nepal

Baca Juga :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s