Bab Al Bahrain Souq Manama


Bab Al Bahrain – Governorate Avenue
Bentuknya Seperti Kantor Ministry

 

Saya baru saja keluar dari hotel untuk jalan jalan sore di Manama, Bahrain. Kebetulan hari ini udara tidak terlalu dingin karena musim dingin sudah berakhir dan juga tidak terlalu panas karena belum masuk musim panas. Kebetulan Hotel tempat saya menginap lokasinya dekat dengan berbagai macam perkantoran pemerintah. Lokasinya di Government Avenue, benar benar di pusat perkantoran pemerintah Bahrain dan ditengah kota Manama.

 

Seperti Kantor Pemerintahan Tapi
Mobil Yang Parkir Kok Taxi Semua

 

Saat jalan jalan inilah saya menemukan bangunan besar berwarna putih mirip dengan Istana Negara. Lengkap dengan bendera Bahrain dan lambang negara di dinding depan. Tapi saya heran, kendaraan yang parkir kok Taxi semua, bukan mobil sedan warna hitam seperti yang dipakai pejabat negara.
Ternyata Pasar Tradisional Doang
Kebetulan didepan gedung megah putih ini ada bundaran dengan taman kecil yang enak untuk duduk duduk. Saya ragu, gedung megah tersebut perkantoran pemerintah dari kementerian apa kok orang yang keluar masuk semuanya bawa tas kresek dan naik taxi. Cukup lama saya duduk duduk di taman kecil di bundaran untuk mengamati orang yang keluar masuk,
Segala Macam Barang Dagangan Ada
Di Bab Al Bahrain Souq

Setelah pengamatan yang cukup lama dan melelahkan dari kejauhan, akhirnya saya berani mendekat dan masuk. Ternyata gedung putih tersebut bukan perkantoran pemerintah tapi pintu gerbang masuk ke pasar. Dibelakang gedung isinya cuma pasar tradisional dengan kios kios berbagai macam dagangan. 

Enak Buat Jalan Jalan Saat Musim Dingin

Nama bangunan tersebut Bab Al Bahrain, artinya Pintu Gerbang Bahrain.  Pasarnya bernama Souq Manama tapi banyak penduduk yang salah kaprah dan menamakan pasar tersebut dengan nama Bab Al Bahrain Souq. Nggak ada kantor pemerintah sama sekali di Bab Al Bahrain kecuali Tourist Information Service dan Polisi yang mondar mandir menjaga pintu gerbang ke arah pasar.

 

Pasar Tradisional Di Bahrain Relatif Sama
Dengan Di Negara Arab Lain

 

Bab Al Bahrain didesign Sir Charles Belgrave. Pembangunan selesai dan beroperasi tahun 1949.  Pada tahun 1986 direnovasi untuk mempertegas design supaya lebih mendekati arsitektur Islam. Di belakang Bab Al Bahrain ini banyak toko toko emas. Toko souvenir juga banyak apalagi toko pakaian dan toko toko tradisional yang lain.

 

Ini Pintu Gerbang Bab Al Bahrain
Kalau Dilihat Dari Belakang – Kosong

 

Toko Penjual Pakaiam Wanita
Semakin Malam Semakin Ramai

 

Penjualnya Ramah Dari India

 

Pasar Relatif Bersih

 

Semakin Jauh Dari Bab Al Bahrain
Namanya Berubah Menjadi Souq Manama

 

Banyak Orang India Dibanding
Penduduk Asli Bahrain

 

Blaik….. Orang India Semua

 

Mobil Naik Trotoar, Kelakuan Seperti Ini
Juga Terjadi Di Kuwait, Saudi, UAE, Oman, Qatar

 

Sedanpun Dipakai Untuk Naik Trotoar



Baca Juga :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s