Sewa Mobil Di Qatar


Nguinggg… Klinong Klinong Keliling Qatar

 

Kuwait dan Qatar itu dua negara yang bersaudara. Saat Kuwait merayakan Independence Day dan Liberation Day tanggal 25 dan 26 February yang lalu, di Qatarpun juga terlihat banyak bendera Kuwait yang dikibarkan berdampingan dengan bendera Qatar sebagai pertanda warga Qatar ikut bersimpati dan berbagi bahagia dengan tetangganya.

 

Hanya Passport Saja Untuk Masuk Qatar
Nggak Perlu Bayar Apapun

 

Tetapi sebenarnya, jumlah orang Kuwait banyak sekali yang berwisata ke Qatar saat liburan panjang khususnya Independence & Liberation Day. Termasuk saya juga. Jadi ngibarin Bendera Kuwait di Qatar ini sebenarnya ‘trick’ untuk menyenangkan turis Kuwait. Semakin senang si turis, diharapkan akan datang kembali ke Qatar suatu saat nanti dan bisa lebih lama tinggal, lebih banyak membelanjakan uangnya juga. Ini namanya Hukum Alam Dunia Pariwisata.

 

Petunjuk Ke Arah Counter Sewa Mobil
Sangat Besar Di Hamad International Airport

 

Seperti biasa, main main ke Qatar tidak terlalu rumit. Nggak perlu Visa bagi pemegang passport Indonesia. Turun dari pesawat, langsung saja menuju Counter Immigration. Nggak ditanya apa apa sama sekali, passport saya cuma discan dan langsung distempel. Setelah itu langsung dipersilahkan masuk ke Qatar dengan senyum yang manis dan ucapan ‘Enjoy Qatar‘.

 

Counter Sewa Mobil Sangat Banyak
Tinggal Pilih, Yang Lokal Lebih Murah Dan Cepat

 

Qatar memang sedang berubah dari negara yang hanya mengandalkan kekayaan alam minyak dan gas menjadi negara yang sangat ramah terhadap wisatawan. Free Visa diberlakukan untuk banyak negara dengan tujuan mendongkrak sektor pariwisata. Apalagi, tahun 2022 nanti Qatar akan menjadi tuan rumah ajang sepak bola terbesar di dunia ‘2022 FIFA World Cup Qatar‘. Jauh jauh hari warganya juga perlu berlatih tersenyum dan melayani.

 

Keluar Dari Airport

 

Sewa mobil juga sangat mudah di Hamad International Airport, Doha Qatar. Petunjuk ke counter sewa mobil terpampang cukup jelas. Tinggal pilih, sewa mobil dari perusahaan persewaan International atau yang lokal. Ada Europcar, Avis, Hertz, Budget dan ada juga Mustafawi, Al Muftah, Al Manar dll. Yang lokal jelas lebih murah dan lebih mudah syaratnya. Cuma dilihat Driving License doang dan dicatat tinggal di hotel mana. Driving License diphotocopy juga nggak, dilihat passport juga kagak. Pokoknya percaya 100 % customernya nggak akan menipu, membawa lari mobil atau merusak mobil. Semua data yang disampaikan customer langsung dipercaya bulat bulat kebenarannya.
Saat Masuk Kota Doha
Setelah jalan jalan keliling Qatar saya beru tahu ternyata negaranya kecil sekali, jauh lebih kecil dibanding Kuwait. Luas area Qatar hanya 11,581 SqKm sedangkan Kuwait yang saya anggap kecil saja 17,818 SqKm. Penduduk Qatar juga separuh penduduk Kuwait. Hanya sekitar 2.7 Juta sedangkan Kuwait penduduknya sudah mencapai 4.5 Juta.
Kota Doha Dengan Pemandangan Laut Di Kanan
Mirip Arabian Gulf Road Kuwait
Penduduk asli Qatar (Qatari) hanya 11.2 % dari total penduduk yang 2.7 Juta. Jadi masuk akal sewa mobil di Qatar nggak perlu dicatat macam macam. Ibaratnya mobil dibawa lari keluar Qatar juga nggak akan bisa karena Qatar merupakan pulau kecil di Arabian Gulf, semua wilayahnya dikelilingi laut.  Sepertinya nyari kriminal diantara 2,7 Juta penduduk juga nggak akan sulit di Qatar.

 

Sepanjang Pantai Sarana Publik Buat Jogging
Mirip Kuwait
Mobil di Qatar sama dengan di negara Timur Tengah yang lain. Setirnya disebelah kiri, Versnellingnya semua automatic. Sudah nggak jamannya lagi ada mobil dengan versnelling manual di Qatar. Awas, kelakuan berlalu lintas sopir di Qatar beda dengan bangsa lain. Disamping suka ngebut juga suka nylonong dari jalur cepat sebelah kiri langsung belok kanan ke ‘ramp’. Kejadian disundul dari belakang sangat sering terjadi di lampu merah karena orang orang Arab dari negara sekitar terbiasa nyopir sambil main whatsapp.

 

Jalan Lebar Dengan Pemandangan Laut Di Sebelah Kanan
Jalan Macet Juga Ada
Bus Pariwisata Hop On Hop Off Double Decker
Banyak Turis Di Qatar
Turis Bingung Juga Banyak Di Qatar
Pemandangan Sepanjang Jalan
Banyak Turis Photo Photoan Disini
Baca Juga :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s