Arsenalna Stasiun Terdalam Di Dunia


Arsenalna Train Station Ini Terlihat Kecil
Di Permukaan Tetapi Besar Dibawah Tanah
Nama stasiun yang akan saya ceritakan ini kalau diucapkan Arsenalna, tapi tertulis dimana mana Арсенаьна.  Bingung saya saat mencari cari letak stasiun ini di kota Kiev. Lebih bingung lagi saat sudah berada diatas kereta api dan mau turun.
‘Excuse me, I want to stop to Apcehanbha train station……’
 
Penumpang sebelah yang saya tanya bingung, sayapun juga lebih bingung. Akibatnya 2 kali saya kebablasan dan harus naik taxi untuk kembali menuju hotel.
Арсена́льна
Siapa Yang Tahu Kalau Bacanya Arsenalna
Susah sekali bertanya dengan penumpang lain saat saya mau turun, semuanya diam dengan urusannya sendiri. Rasanya sakittttt hati ini ketika ada satu orang yang mau njawab tapi penumpang kereta yang lain pada ikutan mengelilingi saya dan tertawa terbahak bahak mendengar cara saya mengucapkan Apcehanbha, Tapi, semuanya baik dan berusaha menjelaskan dan mengajari cara membaca dan mengucapkan nama stasiun yang benar. Nggak tanggung tanggung, saya diajari mengucapkan nama stasiun di seluruh Ukraina….luar biasa !!!. Tapi yang saya ingat sampai sekarang cuma Arsenalna (Арсена́льна).
 
Loket Beli Tiket – Harus Ngantri Panjang,
Ada Mesin Tiket Otomatis Juga Tapi Nggak Ada Yang Beli
Stasiun ini katanya merupakan stasiun bawah tanah yang terdalam di dunia. Kedalamannya 105.5 meter (346 Ft) dibawah permukaan tanah. Mulai beroperasi tanggal 6 November 1960 dan design arsitekturnya dibuat oleh H. Hranatkin, S. Krushynsky dan N. Shchukina. Dibuat sangat dalam sekali karena dikota Kiev mengalir juga sungai Dnipro yang cukup dalam jadi stasiun harus jauh dibawah sungai Dnipro, harus digali sampai ke tanah yang bebatuannya keras dan padat dibanding tanah  sungai yang lembek mudah runtuh.
\
Gate Masuk Cukup Sepi
Tapi Dibawah Tanah Penuh Sesak
Yang saya rasakan ‘berbeda’ antara stasiun ini dibanding dengan stasiun yang lain adalah escalatornya. Kecepatan escalatornya sangat luar biasa ngebut, kira kira 2 – 3 kali kecepatan normal escalator di mall mall di Indonesia. Disamping itu escalatornya panjang sekali, curam dan agak meliuk kekiri atau kekanan, tidak lurus seperti umumnya escalator di tanah air.
Escalatornya Ngebut Dan
Sangat Curam
System sirkulasi udaranya luar biasa canggih, tidak terlihat sama sekali adanya blower raksasa yang menyedot udara atau menghembuskan udara segar dari luar tapi terasa sekali udara masih normal dan cukup sejuk berhembus sepoi sepoi entah dari mana. Sayang MRT Undeground di Jakarta belum beroperasi saat ini sehingga saya tidak bisa membandingkannya mana yang lebih sejuk di Арсена́льна atau di Jakarta.
Nyampai Juga Lantai Paling Bawah
105 Meter Dibawah Tanah
Seoi Di Permukaan Tapi Ramai
Dibawah Tanah
Berjubel Penumpang Naik Dan Turun Kereta
Semua Sibuk Sendiri Sendiri Nggak Ada Yang Bisa Ditanya
Pokoknya Naik
Kebablasan Tinggal Ganti Naik Taxii
Didalam Kereta Api Penuh Sesak
Serasa Seperti Naik KRL Jabotabek
Semua Orang Nggak Ada Yang Bisa Ditanya
Kalau Di Stasiun
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s