Ya Ampun, Urban Garden


Urban Garden Itu Taman Di Belakang Mobil Parkir
Luasnya Kira Kira 7.5 x 15 Meter
Saya akui, bule Europe canggihnya bukan main dalam hal marketing, terutama mempromosikan pariwisata di daerahnya. Kayaknya, setiap warga sudah muncul jiwa marketingnya sejak lahir. Nggak perlu RT, RW, Lurah, Camat, atau Walikota untuk promosi, tapi siapapun punya kesadaran untuk mempromosikan daerahnya. Kesadarannya terhadap pariwisata daerahnya luar biasa tinggi. Beda sekali dengan saudara saudara saya di tanah air, kebanyakan tidak ada yang tahu bahwa wilayahnya itu sangat unik dan bisa mengundang kekaguman orang asing.
Isinya Ternyata Cuma Pot Bunga Doang
Dan Beberapa Tanaman Gantung Yang Ditempel Di Tembok
Di Kota Truro, Cornwall United Kingdom ada sebuah taman di dekat Lemon Street atau ditengah pusat kota Truro. Namanya Urban Garden. keren kan namanya ???. Rambu rambu petunjuk arah menuju ke taman ini sudah nampak beberapa ratus meter sebelum memasuki pusat kota. Saya penasaran…, langsung saya cari lokasi Urban Garden di Google Maps, hah … bisa langsung ketemu. Saya cari juga di GPS, juga ketemu. Waktu saya mencari lokasi sebuah toko terkenal, ketemunya ‘25 yards from Urban Garden. Artinya, Urban Garden ini dijadikan acuan untuk lokasi lokasi toko disekitarnya. Apapun aktifitas di sekitar Urban Garden ditulis di blog dan website apapun milik warga sehingga mudah dicari di Google.
Susah Sekali Saya Mau Cerita Tentang Urban Garden Ini
Nggak Ada Yang Layak Diceritakan
Sambil jalan jalan sore, saya coba untuk mencari lokasi sebenarnya Urban Garden ini. Akhirnya bisa ketemu juga, kira kira 10 menit untuk bisa menemukannya. Meskipun namanya keren dan gagah, ternyata lokasinya ngumpet dibelakang tempat parkir mobil. Luasnya tidak lebih dari 7.5 x 15 meter saja. Isinya cuma beberapa pot bunga dan beberapa tanaman yang digantung di tembok. Tidak ada tanaman yang khusus dan langka, semuanya tanaman umum yang banyak dijumpai dimana saja. Ini mah lebih tepat kalau disebut taman tamanan milik warga yang dibikin terkenal lewat brosur, internet dan medsos.
Ada Pohon Palem
Ada Juga Bunga Warna Warni
Di Kota Portsmouth juga sama saja. Semua titik lokasi atau tempat diberi nama yang canggih canggih dan keren padahal jaraknya hanya beda beberapa langkah saja tapi punya nama yang berbeda.  Baca : Old Portsmouth Walking Tour 1 dan Old Portsmouth Walking Tour 2. Ada banyak sekali taman di kota Portsmouth ini, salah satunya adalah Wimbledon Park. Keren kan namanya, sama persis dengan nama lapangan tenis tempat Boris Becker, Martina Navratilova, Roger Federer dan atlit atlit tennis lain biasa berkiprah. Tapi ternyata taman ini juga taman tamanan yang sebenarnya nggak ada apa apanya bila dibanding dengan taman taman di Indonesia. Contohnya Taman Safari, Taman Mini Indonesia atau yang lain.
Petunjuk Menuju Urban Garden
Petunjuknya Keren Bro, Dari Allumunium
Nama Wimbledon Park ini terasa cukup heboh karena terpampang disetiap bus kota. Contohnya ‘The Hard Via Wimbledon Park’. Bayangan saya Wimbledon Park itu sebuah taman yang luar biasa besar dan indah, eh ternyata cuma taman tamanan ‘kampung’ dengan luas tidak lebih dari dua lapangan basket dengan bangku taman sekitar 5 – 6 buah saja.
Namanya Wimbledon Park
Portsmouth, UK
Jadi, jangan malu malu untuk meniru cara marketing model Eropa. Indonesia punya banyak sekali taman, jembatan, kolam, selokan dengan ukuran yang jauh lebih besar dari Eropa. Di kampung kampung di kota besar dan pelosok desa juga banyak sekali tempat tempat bagus dan menarik, tapi tidak pernah diberi nama. Beri saja nama semuanya dengan nama yang canggih canggih.Lalu tuliskan di blog atau website. InsyaAllah akan banyak sekali turis yang datang dan terkecoh seperti yang saya alami saat saya jalan jalan di kota kota manapun di Eropa..
Wimbledon Park Portsmouth, Isinya Cuma Bangku
Luasnya Cuma Separuh Lapangan Bola


Baca Juga :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s