Apa Merk Taxi London


Lain Negara Lain Nama
Di Indonesia Namanya Taxi, Tapi Di UK Namanya Cabs

 

Di Indonesia, kita sering menyebut angkutan umum ini dengan nama Taxi. Tapi di UK, khususnya kota London namanya Cab. Orang Inggris agak bingung dan gelagapan kalau kita mengucapkannya dengan istilah Taxi. Kadang kadang mereka menyebut dengan nama Black Cab meskipun warnanya hijau, biru, kuning atau merah. Nama lain yang sering diucapkan penduduk lokal adalah Hackney atau Hackney Carriage. Orang asing atau turis lain lagi istilahnya, paling sering menyebut dengan nama London Taxi.
.
Meskipun Warnanya Merah
Orang Inggris Menyebut Dengan Nama Black Cab

 

Bingung kan jadi orang Inggris. Barangnya sama, tapi namanya banyak sekali. Mending jadi orang Indonesia saja, cukup menyebut dengan nama Taxi saja. Lalu apa merek mobil yang digunakan untuk taxi London tersebut ?. Nah ini yang bikin bingung. Saya perlu berkali kali naik Cab dan mengamati interior dan exterior untuk mencari logo atau symbol merk mobil. Nggak ada logo merk mobil sama sekali.
.
Plontos Nggak Ada Emblem Merk Apapun

 

Akhirnya tahu juga, ternyata, merknya LTI, tetapi sopir taxi kalau ditanya njawabnya TX1, TX2, TX3 atau TX4. Apa pula ini, belum pernah saya mendengar merk mobil seaneh ini. Untuk memastikan, terpaksa saya harus naik London Taxi beberapa kali sekedar bisa bertanya dengan si sopir langsung. Jawabannya semua sama saja, merk mobil asal nyebut TX1, TX2, TX3 atau TX4, diproduksi oleh LTI Vehicles. TX4 dibuat antara tahun 2007 – 2010, setelah itu proses pembuatan dikerjakan sendiri oleh The London Taxi Company bekerja sama dengan Geely Automobile China sampai sekarang.

 

 

Ternyata Mobil China
Geely Automobile China
Kenapa modelnya dari jaman baheula hampir nggak berubah ?. Nah ini yang saya kurang begitu jelas alasannya. Konon, model jadul seperti sekarang ini merupakan hasil metamorfose dari merk Austin FX3 yang pernah berjaya sebagai taxi antara tahun 1948 – 1958. Sebelum menjadi bentuk TX4 seperti sekarang ini, metamorfosa dimulai dari LTI TX1, setelah itu berubah menjadi TX2, TX3, TX4 dan yang terbaru TX5. Merk LTI langsung mengecil bahkan cenderung menghilang begitu kepemilikan LTI Vehicles diambil alih oleh The London Taxi Company dan Geely Automobile China.

 

Dulu LTI Vehicles Yang Bikin
Tapi Sekarang Pakai Tehnologi Geely China

 

Yang menarik dari Cab ini selain modelnya yang jadul adalah interiornya. Tempat duduk sopir disekat dengan kaca, jadi penumpang jahat akan kesulitan untuk merampok sopir. Saking rapat dan kedapnya penyekat, terkadang sopir harus menggunakan microphone kalau berbicara dengan penumpang dibelakang. .
.
Meskipun Investornya Geely China
Tapi Interiornya Eropa

 

Tempat duduk penumpang hanya satu jok saja bisa untuk bertiga. Kursi lipat kecil tersedia dua buah menghadap kebelakang. Tidak ada bagasi, kalau bawa koper banyak berarti semuanya diletakkan di kabin penumpang. Bayarnya pakai argometer kalau naik dari stasiun atau airport tapi kalau nyegat di jalan bisa juga tawar menawar tanpa menyalakan argometer. Kelakuan sopir taxi dimana saja ternyata sama saja.

 

Tulisan TXII Sangat Kecil Di Kiri Belakang
Koper Semua Di Cabin Penumpang
Cabin Sopir Disekat Dengan Kaca Anti Perampokan

 

Duduk Di Kursi Lipat Menghadap Belakang
Tidak Nyaman Sama Sekali
Hanya Ada Satu Jok Untuk Bertiga
Menghadap Depan

 

Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s