Ngebut Malam Di Mesir


Jalan Raya Aswan – Luxor
Kalau Siang Banyak Keledai
Ngeri ngeri sedap, itulah kesan yang saya dapat tentang perjalanan dengan mobil tengah malam di Mesir. Bayangkan, anda melaju dengan kecepatan 120 Km/jam tengah malam tanpa ada satupun mobil yang menyalakan lampu. Semua mobil tidak ada yang menyalakan lampu !!!. Gila benar orang orang Mesir….!!!

 

Mobil Mobil Ini Bukan Sedang Parkir Mati Mesin
Tetapi Baru Saja Masuk  Area Parkir
Lampunya Tidak Ada Yang Dinyalakan Semua

Saya tidak tahu alasan pasti kenapa orang Mesir selalu mematikan lampu mobilnya saat perjalanan tengah malam diluar kota. Saat memasuki kota, baru ada beberapa mobil yang mulai menyalakan lampu, itupun karena takut polisi.

Hanya Dari Cahaya Lampu Jalan Dan Sinar Bulan Saja
Mata Kita Ternyata Bisa Melihat Jelas Kalau
Semua Mobil Juga Mematikan Lampu

 

Saya tidak berani nyetir mobil sendiri antar kota apalagi tengah malam di Mesir. Alasannya, kalau siang banyak sekali keledai di tengah jalan. Kalau malam hari ada aturan tidak resmi tentang ‘larangan menyalakan lampu‘ yang menurut saya tidak logis tapi benar benar dipatuhi semua orang Mesir. Saat saya terpaksa harus jalan malam dari Aswan ke Luxor, saya minta disediakan sopir yang benar benar mumpuni dari hotel.
Lihat Tuh, Ada Mobil Didepan
Ngebut Dengan Kecepatan Tinggi Tanpa Lampu

 

Benar saja perkiraan saya, si sopir langsung mematikan lampu mobil saat mendekati batas kota. Ketika si sopir saya perintahkan untuk menyalakan lampu mobilnya kembali, jawabnya santai saja : ‘Kalau saya nyalakan lampu mobil, semua mobil didepan yang berpapasan akan marah marah‘. Lampu akan menyilaukan mobil yang berlawanan arah, katanya. Benar juga meskipun terdengar ‘Sableng‘ ditelinga saya.
.

 

Didalam Kota, Lampu Dinyalakan Karena Takut
Ditilang Polisi, Tetapi Kalau Nggak Ada Polisi
Dimatikan Juga

 

Saya bahkan diajari oleh si sopir, ‘Kalau semua mobil lampunya dimatikan, mata malah akan bisa melihat dengan jelas apapun didepan kita‘. Nggak bisa tidur saya sepanjang perjalanan. Karena semua mobil tidak ada yang menyalakan lampu maka benar sekali tidak ada yang menyilaukan mata. Sesekali saja ada mobil yang nge’dim’ sebagai kode akan berpapasan. Hanya dengan cahaya bulan saja atau lampu kecil dipinggir jalan, maka mobil yang berpapasanpun terlihat dengan jelas di kejauhan.  Sepertinya nggak masuk akal, tapi itulah yang terjadi sampai saat ini di Mesir.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s