Restaurant Diatas Tandon Air Kuwait


Di Kuwait Banyak Sekali Tandon Air
Warna Biru Putih Seperti Diatas
Jakarta punya Monas. Paris punya menara Eiffel. Italy punya menara Pisa dan Amerika punya patung Liberty. Kuwait punyanya apa ?. ternyata Kuwait punya juga menara hebat, cukup Tandon Air saja. Kalau anda datang ke Kuwait, biasanya akan terheran heran melihat banyaknya Tandon Air dimana mana. Warnanya sangat kontras sekali dengan lingkungan sekitar yang dominan coklat. Baik warna gurun maupun warna rumah rumah penduduk semuanya coklat. Hanya Tandon Air saja yang terlihat ngejreng berwarna biru putih dan nampak dari kejauhan.
Tandon Air Untuk Menampung Air
Sebelum Disistribusikan Kerumah Rumah Penduduk
Tandon Air Kuwait ini semuanya berjumlah 34. Yang 31 buah berbentuk seperti cendawan terbalik dengan warna biru putih dan tersebar di 5 lokasi yang berbeda. Yang 3 buah sisanya, bentuk dan warnanya berbeda sendiri. Bulat seperti bola yang ditusuk dengan tusuk sate. Karena berbeda sendiri inilah maka 3 buah tandon yang lahirnya paling buncit ini diberi nama Kuwait Tower dan sampai saat ini jadi ciri khas Kuwait City.
Si Bungsu Kuwait Tower
Diresmikan Tahun 1979
Tahun 1965, pemerintah Kuwait punya keinginan untuk membuat system pengairan modern. Perusahaan dari Swedia VBB (tahun 1979 ganti nama jadi Sweco) ditunjuk untuk mendesign dan membangun menara air. Designernya bernama Sune Lindstorm, pada awalnya hanya mengajukan lima kelompok menara tandon air (31 menara) dan dinamakan The Mushroom Towers. Setiap menara bisa menampung 3.000 meter cubic air. Tetapi, Emir Kuwait Sheikh Jaber Al-Ahmed menginginkan untuk dibuatkan menara dengan design yang lebih spectacular lagi. Sehingga muncullah si bungsu Kuwait Tower (3 menara – diresmikan tahun 1979) dan diberi tempat yang paling istimewa yaitu ditepi laut Arabian Gulf. Sekarang, total semua menara bisa menampung 102.000 meter cubic air. Sumbernya dari proses desalinasi air laut, dipompa dan ditampung untuk air minum seluruh penduduk Kuwait.

 

Tandon Air Terbawah Separuh
Berisi Air Dan Separuhnya
Digunakan Untuk Restaurant

 

Nah, Kuwait Tower ini baru saja dibuka kembali tanggal 8 Maret 2016 yang lalu setelah ditutup hampir 4 tahun (2012 – 8 Mar 2016) untuk renovasi. Ternyata sekarang sudah berubah total dan jauh lebih mewah dari sebelumnya. Menara utama (2 tandon air) dan menara kedua (1 tandon air) bisa menampung 9.000 meter cubic air. Ketinggian menara utamanya 187 meter. Tandon Air paling besar digunakan juga sebagai Restaurant, separuh untuk menampung air dan diatasnya digunakan untuk restaurant.
Nggak Nyangka Kalau Dibawah Restaurant
Isinya Air Buat Seluruh Kota

 

Masih di Menara Utama, tandon air bulat yang teratas digunakan untuk melihat pemandangan kota (Panorama). Lantainya bisa berputar, tinggal pesen kopi saja dari cafe yang ada disitu, lalu silahkan duduk atau berdiri sambil memandang kota dengan teropong yang tersedia. Ditempat ini, saya malah pusing sendiri saat berdiri lihat pemandangan luar. Lantainya bergerak dan berputar terus. Pelan sebenarnya tetapi kayaknya kena syndrome ‘wong ndeso‘. Semua teropong dicoba, semua kaca, meja dan apapun dipegang semua. Kekenyangan pula setelah sebelumnya ngicip semua makanan. Jadinya, ya pusing sendiri. Apalagi, barusan ngrogoh dompet cukup dalam buat makan di restaurant ini. Lengkap sudah penderitaan.
Karena Tandon Airnya Bulat Maka
Kaca Restaurantnya Juga Melengkung Membulat

 

Daftar Menu Dan Harga Minuman
Lumayan 2 – 3 Kali Harga Restaurant Ditempat Lain
Restaurant Selalu Penuh Saat Breakfast, Lunch
Maupun Dinner

 

Buffet
Jam 1 Siang Baru Dipersilahkan Makan
Tapi Jam 12 Pengunjung Sudah Berdatangan
Makana Arab, Jepang, Continental
Semua Tersaji (Buffet)
Wow, Kambing Panggang
Sama Sekali Tidak Terasa Bahwa Dibawah
Adalah Penampungan Air Minum
Ini Adalah Panorama
Lantainya Selalu Berputar Dan Bisa Bikin Pusing
Pingin Lebih Tinggi Lagi Silahkan Naik Ke Deck Atas
Melihat Pemandangan Pakai Teropong
Tapi Lantainya Berputar Ya Jelas Pusing Dong
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s