Rumah Kaca Kuwait


Mirror House
Inilah Rumah Sekaligus Gallery Khalifa Al-Qattan
Ada nggak sih Seniman Arab yang kondang sampai manca negara ? Pertanyaan seperti ini sering saya dengar berkali kali saat saya pulang kampung ke Indonesia. Banyak saudara dan tetangga saya di tanah air yang menduga duga, di Arab itu nggak ada apa apa, hanya gurun pasir dan onta saja. Nggak boleh nggambar orang, bikin patung orang atau makhluk yang bernyawa atau bahkan photography saja juga nggalk boleh, apalagi main dan mendengarkan musik. Halaaah, cerita seperti itu hanya ada di Saudi Arabia saja. Semua negara Arab yang lain sama saja dengan di Indonesia. Komplit plit plit, semua ada dan nyaris nggak ada bedanya sama sekali dengan di Indonesia.

 

Bagian Depan Rumah
Sangat Mencolok Dibanding Tetangga
Lihat saja Gallery Seni di Kuwait pada photo photo dibawah ini. Nama bekennya ‘Mirror House’ atau sering disebut juga Khalifa & Lidia Qattan Art Museum. Lokasinya di Qadsiya Block 9, Street 94 House No 17, Kuwait. Karena gallerynya juga digunakan sebagai rumah tinggal sehari hari, maka kalau mau berkunjung harus appointment dulu. Kalau bisa, usahakan datang berombongan beberapa orang, jangan sendirian kasihan tuan rumahnya kalau harus menemani anda keliling melihat lihat isi rumahnya. Nggak gratis, bayar KD 2 untuk hari kerja dan KD 3 saat akhir pekan.
Salah Satu Sudut di Mirror House

 

Pemilik Mirror House tersebut adalah pasangan seniman terkenal di Kuwait, namanya Khalifa Al Qattan (sudah meninggal tanggal 27 June 2003) dan istrinya Lidya. Khalifa Al Qattan, pada awalnya adalah seorang guru di Najah School (tahun 1949) dan merupakan seniman pertama Kuwait yang mengadakan pameran tunggal (1953).dan menulis tentang seni pertama kali di majalah Alba’aza Magazine tahun 1952. Tahun 1962, namanya mulai moncer ke seluruh penjuru dunia dan mengadakan pameran tunggal dimana mana, mulai dari Italy, Mesir, Jerman, Qatar, China dll. Hasil karyanya punya gaya dan corak tersendiri dan dikenal dengan nama CIRCLISM. Opo maneh iki, jangan tanyakan saya, blas nggak ngerti saya maksudnya.

 

Ruang Makan
Penuh Mozaik Kaca
Tahun 2003, Khalifa Al Qattan merencanakan pameran tunggal kembali dengan thema THE EGG atau CREATION, tapi keburu meninggal dunia. Tahun 2004 rencana besar sang seniman tersebut berhasil diwujudkan oleh istrinya Lidya di Dahia Abdullah Art Hall sebagai penghormatan atas karya karyanya. Sampai saat ini, secara rutin setahun sekali selalu ada pameran seni di Kuwait yang dikoordinir oleh anak anak Khalifa Al Qattan dan Lidya. Karena almarhum adalah mantan guru yang dicintai anak anak, maka seringkali diadakan lomba seni melukis, patung dll, terutama di tempat yang banyak pengunjungnya seperti Sharq Mall dll. Buku kumpulan karya anak anak tersebut diterbitkan setahun sekali dan judulnya Khalifa Qattan’s, Children Youth Fine Arts Exhibition.

 

Kalau Nggak Salah Ruang Ini Namanya Planet Earth

 

Ruang ruang di Mirror House punya nama nama special, contohnya The Entrance, My World, Planet Earth, The Zodiac, Corridor Of The Nations, Shark Basin, Sea World, The Universe, Knowledge dan Stairs To Inspiration.  Kreatif dan Pinter sekali memberi nama setiap sudut atau ruang didalam rumah. Tangga rumah saja diberi nama Stairs To Inspiration, kereeennnn.
Atap Juda Dihiasi Mozaik Kaca
Seperti Masuk Gua

 

 

Didalam Dan Di Luar Rumah Penuh Lukisan Dan Patung

 

Duduk Duduk Di
Stairs To Inspiration
Alunan Musik Dan Warna Warni Cerah Lukisan
Bisa Bikin Betah Di Ruang Ini

 

The Knowledge
Botol, Gelas Dan Kaca
Kalau Ditangan Seniman Bisa Bagus
Ruang Makan Ini Namanya Sea World
Mau Lukisan, Patung Apapun Ada
Nyaman Sekali Ada Alunan Musik Di Ruang Ini
Lukisannya Bagus Bagus
Lihat tuh The EGG

 

Photo Bareng Dengan Eyang Lidya

 

Monggo Kalau Mau Berkunjung
Harus Appointment Dulu Ya

 

Ini Di Ruang The Universe

Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s