Uenak Tenan, Bayar Pajak, Listrik Dan Air Di Inggris


Tidak semua Rumah Di Inggris Punya Halaman Dan Garasi Sendiri – Mobil Cukup Diparkir Di Pinggir Jalan

.

Memang Uenak Tenan jadi warga negara Indonesia dan hidup di negeri sendiri. Sudah banyak sekali negara pernah saya kunjungi dan bandingkan, tapi hanya di Indonesia saja kita bisa hidup serba enak. Saya sendiri sempat terheran heran. Kenapa sampai saat ini banyak sekali orang orang  ditanah air yang bermimpi bisa tinggal dan menetap di Eropa. Gimana tidak enak dan nyaman tinggal di Indonesia ?, bayar air dan listrik luar biasa murah. Bisa buang air sesukanya tanpa harus bayar biaya pengolahan limbah. Kena Tilang bisa bayar denda sangat sangat murah. Mau ngasih tips juga terserah nggak ada aturan apapun.

.

Mobil  Ditempel Stiker Ini Bukan Berarti Gratis Tetap Bayar Tapi Bulanan Dan Lebih Murah
,
Karena saya orang Indonesia Asli dan tinggal diluar, kelakuan saya tidak berubah sama sekali dan cenderung sama persis dengan umumnya orang Indonesia di tanah air. Kalau ada tagihan air, listrik, BBM, denda tilang  atau apapun yang terasa mahal sekali, maka langsung menjerit kaget. Karena hanya itulah yang bisa saya lakukan di Inggris. Jauh lebih enak di tanah air, begitu ada kabar kenaikan air, listrik, BBM maka dengan spontan langsung menggalang demo turun kejalan dan menghujat pemerintah. Padahal harga tarif listrik, air dan BBM di Indonesia jauh lebih murah dibanding Inggris. Di Inggris, saya nggak bisa macam macam, apa yang tertulis di surat tagihan mau nggak mau harus segera saya bayar.

.

Per Hari Harus Bayar GBP 12 Kalau Nggak Punya Stiker Resident Berlangganan
.
Perhatikan tagihan tagihan dibawah ini dan bandingkan dengan tagihan di tanah air. Mana lebih nikmat hidup di Indonesia atau di Inggris (Eropa).
  • City Council Tax (Misal : Kebersihan Dan Prasarana Kota) : GBP 781.02 (Rp 15.240.630)
  • Fire And Rescue : GBP 40.92 (Rp 798.502)
  • Police & CC (Misal : Keamanan dan Lalu Lintas) : GBP 102.84 (Rp 2.006.794)
Total GBP 924.78 (Rp 18 Jutaan) untuk 3 bulan saja atau Rp 6 Jutaan per bulan. Di Indonesia mana ada pajak untuk bayari perawatan kota, pemadam kebakaran dan polisi. Taman kota butut, Pemadam kebakaran dan polisi telat datang cukup nulis di surat pembaca. Polisi kelihatan nggak bener di jalanan langsung koar koar di Facebook dan tweeter. Uenak tenan jadi orang Indonesia. Nggak pernah bayar City Tax, Fire & Rescue Tax dan Police & CC Tax bisa ngaku ngaku yang mbayari perawatan kota, pemadam kebakaran dan polisi dari uang rakyat.

Pajak di Indonesia sangat rendah hanya 12 % dari GDP salah satu sebab karena nggak ada pajak seperti diatas, di UK mencapai 39 % dari GDP.

Baca : List Of Countries By Tax Revenues As Percentage Of GDP.  

Berdasarkan data IMF, Worldbank dan UN tahun 2013, GDP Indonesia berada diurutan 16 (USD 868,346 Million) sedangkan UK nangkring di urutan 6 dunia (USD 2,678,455 Million). Hitung sendiri betapa kecilnya pendapatan pajak di Indonesia.

Baca : List Of Countries By GDP Nominal

.
Harus Bayar Pajak Kebersihan Kota, Pajak Pemadam Kebakaran Dan Pajak Untuk Polisi
.
Ada lagi reaksi saudara saudara saya yang cukup unik di tanah air tentang rencana kebijakan pemerintah melakukan penyesuaian tarif air dan listrik. Bandingkan dengan tagihan dibawah ini :
  • Tagihan Air : GBP 46.18 (Rp 901.000)
  • Tagihan Pengolahan Limbah : GBP 68.94 (Rp 1.350.000)
  • Tagihan Listrik : GBP 219.4 (Rp 4.300.000)
Total GBP 334.52 (Rp 6.527.740) per bulan untuk rumah setara dengan Type 36/45.
 .
Bayar Air GBP 46.18 Per Bulan Dan Bisa Lebih Besar Lagi Kalau Rumah Lebih Besar. Cara menghitung Berdasarkan Luas Rumah, Jumlah Kamar Dan Jumlah Penghuni
 .
Kalau rumah lebih besar lagi tentu akan lebih mahal lagi. Note : Pemakaian air tidak menggunakan meteran tetapi berdasarkan table luas bangunan, jumlah kamar dan jumlah penghuni. Demikian juga dengan biaya pengolahan limbah. Hanya listrik saja yang pakai meteran. Kalau musim dingin berarti heater pemanas ruang akan menyala penuh dan bayar listrik akan semakin mahal. .
Bayar Juga Biaya Limbah GBP 68.94

.

Di Indonesia belum ada tagihan untuk pengolahan limbah. Air tinggal buang ke selokan, lalu seterusnya buang ke laut. Uenak tenan memang hidup di Indonesia. Kalau sampai air sungai tercemar, tinggal teriak teriak dan memaki maki lurah, camat, bupati, walikota, gubernur dan presiden. ‘Huh, nggak becus ngatur kota/negara, polusi dimana mana. Minta duit mulu bayar pajak. Kemana saja tuh duit pajak paling dikorupsi’ dan berbagai macam sumpah serapah lainnya. Uenak tenan jadi orang Indonesia, nggak pernah bayar Pajak Limbah tapi bisa nuduh korupsi pemerintah.
.
Petunjuk Kalau Mau Complain Boleh Ngeyel Kalau Merasa Tiba Tiba Naik

.

Belum lagi kalau kita punya mobil. Rumah rumah kecil di Inggris umumnya tidak punya halaman dan garasi. Biasanya mobil diparkir dipinggir jalan dan jarak dari rumah bisa 100 m sampai  200 m. Rasanya nyesel sekali punya mobil tapi harus jalan kaki 100-200 meter setiap hari untuk menuju ke parkiran mobil. Karena saya asli orang Indonesia, maka kelakuan saya juga masih sangat Indonesia sekali. Mobil saya parkir didepan rumah dengan tehnik Burung Onta. Bagian kepala berhasil masuk ke halaman rumah tapi bagian ekor masih tetap di luar halaman rumah. Alhasil, bagian ekor mobil  diatas trotoar dan kayaknya ada pejalan  kaki Inggris brengsek melaporkan ke polisi.

.

Bayar Listrik GBP 219.40 -Mahal Amat ?, Ngeyel Kemahalan Boleh, Tapi Jawabnya Sak Enake Dewe Musim Dingin Melonjak Karena Heater Menyala Terus
.
Pagi hari, kaca depan mobil sudah ditempeli surat cinta berwarna kuning. Dan saya terpaksa harus bayar GBP 40 (Rp 780.550). Kalau tidak segera saya bayar saat itu juga maka denda naik menjadi GBP 70 (Rp 1.365.962). Memang enak sekali hidup di Indonesia. Nggak ada orang iseng lapor ke polisi kalau jalannya terganggu mobil parkir. Kalaupun ada yang lapor polisi paling nggak ditanggapi polisi juga. Nggak pernah bayar Police Tax kok minta dilayani.  Uenak tenan memang jadi orang Indonesia, trotoar didepan rumah sudah seperti milik sendiri. Mobil bisa bebas parkir didepan rumah dengan roda nangkring diatas trotoar.

.

Kena Tilang – Tahu Tahu Kaca Mobil Ditempeli Surat Cinta Hanya Karena Parkir Didepan Rumah Sendiri Mobil Bagian Depan Masuk Halaman –  Ekor Di Trotoar
.
Masih banyak yang bisa saya ceritakan tentang Inggris dan Eropa, seperti harga BBM yang muahal sekali, parkir di pusat kota yang juga muahal, pajak restaurant yang dibebankan ke konsumen, Bayar tips/gratuity saat makan di restaurant dan lain lain. Indonesia sedang berubah, warung Padang dan warung gudeg kena pajak seperti di Inggris dan negara negara lain. Pelan tapi pasti, suatu saat nanti City Tax, Fire & Rescue Tax dan Police Tax pasti akan diimplementasikan juga di Indonesia.

Catatan : Di UK pajak pendapatan, pertambahan nilai dan pajak pajak lain relatif sama dengan di Indonesia. Dan pendapatan dari pajak jauh lebih besar dibanding negara sebesar Indonesia. Baca saja Taxation in UKList Of Tax By Countries, Income Tax In European Countries .

Denda GBP 70 Karena Ekor Mobil Nutupin Trotoar Untuk Pejalan Kaki

.

Ekor Mobil Nyentuh Garis Kuning – Trotoar Terhalang Huh, Jalan Muter Dikit Aja Kenapa Sih Nggak Mau Malah Lapor Polisi

.

Makan Di Restaurant Udah Bayar Pajak Bayar Gratuity Juga

. Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s