Lagoan Isles, Negara Kecil Ditengah Kolam


Kerajaan Lagoan Isles
Negara Kepulauan Terkecil Di Dunia
Anda tentu sudah mengenal Vatican, sebuah negara kecil yang terletak didalam kota Roma, Italia. Negara ini namanya Microstates, resmi diakui PBB dan dunia. Tapi banyak juga negara negara micro yang muncul karena joke, tidak puas dengan pemerintah lokal atau alasan lain. Negara negara seperti ini namanya Micronations dan jumlahnya cukup banyak, ada beberapa yang sah secara hukum dan diakui secara lokal saja (mungkin mirip Keraton Yogyakarta dengan skala yang lebih kecil). Anda bisa baca daftar lengkapnya melalui link :  List Of Micronations atau Micronations : The Lonely Planet Guide To Home Made Nations. Dari sekian banyak negara micro tersebut yang pernah saya kunjungi cuma Republic Of Kugelmugel di Vienna, Austria dan terakhir ini Grand Duchy Of The Lagoan Isles di Portsmouth, England.

 

Penduduk Lagoan Isles
Mengamati Negara Dari Wilayah Inggris
The Grand Duchy Of Lagoan Isles ini luasnya hanya 0.043 Km Persegi dan terdiri dari 3 pulau (Island) utama dan beberapa pulau kecil lain yang terkadang bisa muncul dan terkadang bisa tenggelam tergantung pasang surut permukaan air kolam. Jumlah warga ngakunya 30 orang (tahun 2006) tapi kenyataannya cuma bebek , angsa dan tupai. Jumlah 30 orang warga yang di claim ternyata jumlah anggota/warga lokal Portsmouth yang mendukung pembentukan negara merdeka, bebas dari pembayaran pajak dan segala macam tetek bengek dengan aturan pemerintah kota Portsmouth..
Baffin Pond Atau Kolam Baffin Di Taman Kota Portsmouth
Yang Bernama Baffin Park
Grand Duchy Of Lagoan Isles
  • Bentuk Negara       : Monarchy Constitutional
  • Grand Duke           : Louis Robert Harold Stephens
  • Prince Regent         : Michael Bates
  • Prime Minister        : Johannes Siegel Claimant
  • Merdeka                : 16 Agustus 2005
  • Luas Negara          : 0.043 Km Persegi
  • Semboyan Negara  : The Water Of Love Surrounds Us (As Ondas Do Amor Cercam Nos)
  • Lagu Kebangsaan   : God Save Our Islands Tree

Baca sendiri keluarga kerajaan melalui website resmi Grand Duchy Of Lagoan Isles ini.

Bendera Negara Berkibar Gagah Ditengah Pulau
Dengan Latar Belakang Ruko Penduduk
Di Wilayah Inggris

 

Keren kan 30 orang saja bisa mendirikan negara merdeka ?. Definisi Island di kerajaan ini sangat berbeda dengan definisi orang Indonesia. Kalau orang Indonesia mendefinisikan Island atau pulau sebagai daratan ditengah laut, tapi Kerajaan Lagoan Isles ini mengartikan island sebagai daratan ditengah kolam kota Baffin Pond. Ya benar, nama kolam ditengah taman kota ini Baffin Pond, luasnya kira kira sebesar lapangan sepak bola atau paling banter seperempat lapangan Monas. Pulau terbesarnya kira kira berdiameter 10 meter dan dua pulau kecil disampingnya sekitar 4 – 6 meter.
Tempat Duduk Di Wilayah Inggris
Untuk Mengamati Kerajaan Lagoan Isles

Sejarahnya cukup panjang dan bisa anda baca di website resmi milik kerajaan ini : Grand Duchy Lagoan Isles Official Website. Secara garis besar, wilayah kerajaan sudah ada sejak 1738 dan kepemilikan tanah sudah berpindah tangan berkali kali sebelum dikelola oleh pemerintah kota Portsmouth. Mulai awal abad 19 diubah menjadi taman kota oleh pemerintah dan tahun tahun berikutnya wilayah sekitar berubah menjadi perumahan. Karena kegigihan ahli waris, kecintaan penduduk lokal terhadap margasatwa di wilayah tersebut dan kekhawatiran akan rusaknya habitat tanaman dan satwa, maka sekitar tahun 2005 mereka melihat ‘celah hukum’ dan claim bahwa pulau di tengah kolam Baffin tidak ada yang memiliki karena tidak ada satu catatanpun yang secara tegas mengatakan milik pemerintah Inggris maupun pemerintah kota Portsmouth. Sedangkan ahli waris punya bukti authentic dan catatan sejarah bahwa seluruh wilayah Portsmouth pernah jadi milik leluhurnya.

Princes Of Lagoan Isles
Baru Kali Ini Ada Royal Family Bertugas Sebagai
Tour Guide

Ya iyalah, pasti menang dalam persidangan, Dimanapun juga yang tertulis sebagai milik pemerintah kota pasti taman, kolam, air mancur, pagar dan fasilitas lainnya didalam taman. Tidak akan tertulis detail ‘gundukan tanah ditengah kolam’ dan ‘satwa’ sebagai milik pemerintah kota. Susah membuktikan bahwa gundukan tanah ditengah air kolam sebagai tanah yang dimiliki pemkot. Penggugat punya bukti kuat seluruh kota Portsmouth adalah milik leluhurnya dan tidak ada catatan sama sekali bahwa gundukan tanah ditengah kolam tersebut termasuk yang diserahkan ke pemkot.

Penduduk Lokal Kerajaan Lagoan Isles
Sedan Pacaran

Dan akhirnya tanggal 16 Agustus 2005, bertepatan dengan hari kemenangan sidang, maka dengan resmi diproklamasikan hari kemerdekaan Kerajaan Lagoan Isles. Dengan catatan Kerajaan Baru ini harus bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan pulau dan margasatwanya. Lumayan, sekarang bisa benar benar merdeka, pemerintah kota Portsmouth tidak bisa lagi seenaknya menebang pohon atau membersihkan semak semak di daratan ditengah taman kota tersebut.

Pulau Terbesar Kerajaan Kepulauan Lagoan Isles
Dilihat Dari United Kingdom
Bebek
Penduduk Asli Warga Negara Kerajaan Lagoan Isles

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s