Inggris Kemproh Dan Jorok


Kotak Sampah Ini Tertata Rapi Dan Kelihatan Bagus
Kalau Dilihat Dari Belakang Sama Saja
Banyak Sampah Dibuang Tidak Pada Tempatnya

Saya baru beberapa hari yang lalu tinggal di Portsmouth, Inggris. Kali ini bukan datang sebagai turis dan sudah tentu saya tidak tinggal di Hotel yang bersih dan mewah, tapi tinggal di rumah sendiri dan berinteraksi dengan penduduk asli setempat. Rumah saya bukan di kawasan kumuh tapi ditengah kota yang cukup elite  dan tidak terlalu jauh dari pusat pertokoan tempat turis biasanya shopping. Sebelum saya tulis temuan saya ini, saya juga sudah bandingkan dengan daerah perumahan di kota Southampton dan juga London karena kota ini sering saya lewati dan tidak terlalu jauh dari Portsmouth. Paling lama 45 menit ke Southampton dan 1 1/2 jam ke London dengan mobil.

 

Sampah Ini Ngumpet Dibelakang Pagar
Nggak Bakalan Kelihatan Dari Jalan

Dari rumah yang saya sewa di Portsmouth ini, pelan pelan saya mulai mengenal tetangga dan tahu kebiasaan dan tingkah laku tetangga tetangga saya. Tulisan ini barangkali terbalik 360 derajat dari bayangan sebagian besar orang Indonesia di tanah air yang seringkali dapat informasi dari baca majalah majalah pariwisata atau sering mendengar cerita cerita dari saudara atau kawan yang baru saja pulang dari kunjungan wisatanya di Inggris.

 

Ini Halaman Belakang Rumah Orang Inggris
Lebih Jorok Dari Bantar Gebang

Majalah wisata atau cerita saudara/teman teman di tanah air memang seringkali ‘nggedabrus’ karena memang wartawannya menulis seperti layaknya seorang turis yang selalu melalui jalur jalur wisata saja. Sudah tentu semua jalur wisata akan selalu dijaga kebersihannya. Sejak tinggal di daerah perumahan, lewat halaman depan dan ngintip belakang rumah tetangga bisa saya lakukan setiap saat. Ternyata orang dimana saja ‘sami mawon’. Kelakuannya juga sama saja, kadang buang sampah cukup dengan cara melemparkan sampah dari dalam rumah. Kadang buang sampah ke kotak sampah tanpa mau mendekat dan menempatkan sampah seenaknya. Baru beberapa hari saja saya sudah hapal. Kalau dengar suara Glodakkkk, artinya tetangga sebelah sedang buang sampah.

 

Kelakuan Orang Inggris
Naruh Sampah Di Pagar Tetangga
Malas Membuang Ke Tempat Sampah

 

Yang jahil juga ada, sampahnya dilemparkan ke halaman rumah orang karena males membawa ke kotak sampah yang jaraknya sebenarnya hanya sekitar 50 meter saja dari rumahnya. Bedanya dengan orang Indonesia sangat tipis sekali, orang Inggris lebih rajin memasukkan sampah kedalam plastik sampah sedangkan orang Indonesia umumnya sampahnya berantakan disekitar kotak sampah karena nggak dibungkus plastik sampah.. Tetapi kelakuannya sama saja, bungkusan sampah tidak dimasukkan kedalam kotak sampah tapi diletakkan di sekitar kotak sampah dan terkadang dilempar begitu saja dibelakang kotak sampah biar nggak kelihatan dari jalan.
Sampah Ditumpuk Dan Dionggokkan Di
Sudut Garasi Rumah
Ada pelajaran berharga yang saya dapat dari orang Inggris hari ini. Kali ini saya jadi rajin mengamati rumah rumah yang tidak ada CCTVnya. Siapa tahu, suatu saat nanti saya males bawa bungkusan sampah ke kotak sampah dan perlu saya titipkan ke halaman depan rumah tetangga. Cukup tengak tengok kanan kiri sebentar, lalu wuuzzz, saya lempar saja seperti penduduk lokal.

 

Orang Inggris Pinter Pinter
Menyembunyikan Sampah Dibalik Pagar
Tempat Sampah Ini Kosong Karena
Rumahnya Juga Kosong, Pantas Paling
Bersih Sendiri Dibanding Tetangga Yang Lain
Orang Indonesia Sering Bilang Inggris Itu Bersih
Dan Kinclong Dan Patut Ditiru Oleh Rakyat Indonesia
Nyatanya ? Sami Mawon
Seenaknya Saja Meletakkan Sampah Di Taman Kota
Kalau Gini Mah, Nggak Perlu Ditiru
Namanya Saja Tempat Sampah
Meskipun Warna Warni Tetap Saja Nggak Bagus
Kalau Penduduknya Malas Dan Meletakkan Sampah
Sembarangan Di Sekitarnya
Turis Kalau Lewat Naik Bus Pariwisata
Nggak Ada Yang Bisa Melihat Sampah Ini
Pagarnya Kurang Tinggi Sehingga
Sampah Kelihatan Dari Jalan. Pindahin Ya
Bagus Bagus, Kotak Sampahnya Besar
Jadi Kelihatan Bersih
Ini Ngawur Pol,
Lubang Sampah Terlalu Kecil, Jadi Diletakkan
Diatasnya Saja

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s