Musim Dingin Bersalju Di Arab Dan Sahara


Kabut Pekat Pagi Hari Di Kuwait Saat Musim Dingin
Akibat Kondensasi – Pertemuan Udara Panas Gurun Dan
Udara Dingin Dari Kutub
Informasi Wisata Dan Ski Resort
Di Lebanon
Source : www.skileb.com
Hari ini masih minggu pertama bulan January 2015. Saat musim dingin disemua negara yang terletak di bumi belahan utara, termasuk negara negara di Timur Tengah atau negara negara Arab dan juga negara negara di Afrika Utara atau negara negara Sahara. Seperti tahun tahun sebelumnya, traffic pembaca tulisan saya tentang lokasi salju di negara negara Arab dan Sahara tiba tiba melonjak sangat tajam. Baca tulisan saya ini, saya nggak tahu kenapa pembacanya selalu melonjak saat musim dingin di Timur Tengah : Salju Arab Yang Selalu Bikin Heboh
 .
Informasi Wisata Bermain Ski Di Marocco
Pegunungan Atlas Melewati Marocco, Algeria Dan Tunisia
Source : http://www.completemorocco.com/
 .
Bermain Ski Di Bludan Syria
Source :
http://www.syriaclimbing.ch/

Comment comment yang muncul terkadang sangat garang kalau ada yang men’share‘ tulisan saya tersebut ke facebook atau tweeter. Banyak yang tidak percaya kalau di Arab dan Sahara banyak Salju dan Ski Resort. Comment akan jadi sangat garang kalau ada yang sangat ‘religious’ dan menghubungkan turunnya Salju di Arab dengan tanda tanda hari kiamat dan dibantah oleh komentator yang lain. Sebenarnya syah syah saja berbeda pendapat, tetapi kalau ada yang ‘memberi informasi’ ya mbok jangan ‘defend’ dengan pendapatnya sendiri.

Banyak orang Indonesia yang  tidak tahu di Arab dan Sahara juga ada musim dingin, ada ski resort, rutin turun salju dan mereka berani menulis tentang dunia Arab yang sebenarnya tidak diketahuinya dengan pasti. Mereka ini yakin yang ditulisnya benar berdasarkan pengetahuan agama yang dikuasai dan berimajinasi seluruh Arab hanya seluas daun kelor. Kalau salju turun di Arab berarti tanda tanda kiamat akan datang. Yah benar sekali, apalagi kalau turun di musim panas dan di dataran rendah Jazirah Arab, bukan di tempat ski resort diatas gunung di Lebanon, Syria, Jordan, Israel, Mt Sinai Mesir, Marocco, Algeria dan Tunisia.

Kuwait Saja 3 Deg C
Apalagi Di Negara Negara Yang
Punya Gunung Tinggi

Mereka tidak mau melihat Google Maps. Mereka juga tidak sadar bahwa di Arab dan Sahara juga ada pegunungan tinggi. Sebut saja Pegunungan Atlas di Western Sahara (Marocco, Algeria dan Tunisia dilalui pegunungan ini), Pegunungan Lebanon (Jordan, Lebanon, Israel/Palestina dan Syria dilalui pegunungan ini) dan yang paling sering heboh adalah pegunungan Heejaz di Saudi Arabia.

Informasi Wisata Bermain Ski Dan Salju Di Turkey
Source : http://www.skiingturkey.com/
Tanpa mengurangi Dzikir dan Istighfar, saya ingin sampaikan juga bahwa salju memang ada di Arab dan Sahara sejak jaman dulu. Saljunya sudah lama ada tapi informasi dan website baru ada beberapa tahun terakhir ini karena jaman dulu tidak ada internet, facebook dan tweeter. Celakanya lagi, mindset orang Indonesia sampai saat ini masih banyak yang mengatakan “Arab itu panasnya mendekati neraka jahanam”. Kalau musim panas memang benar temperatur  bisa mencapai 50 Deg C, tapi kalau musim dingin rata rata di Kuwait sekitar 4 – 7 Deg C. Di Kuwait tidak ada gunung, tetapi di negara negara yang bergunung tinggi diatas sudah tentu sangat dingin sekali dan jauh dibawah 0 Deg C. Saat musim dingin seperti inilah Ski Resort panen rejeki.
Informasi Wisata Bermain Salju Di Israel
Source : http://www.goisrael.com/
Orang Indonesia di tanah air juga banyak yang tidak tahu bahwa Arab itu terdiri dari sekitar 30 negara. Negara terbesar Saudi Arabia saja luasnya lebih besar dibanding Indonesia (Luas Saudi : 2,149,690 Km Persegi Vs Luas Indonesia : 1,904,569 Km Persegi). Baca sumbernya dari Wikipedia tentang luas wilayah Saudi Arabia Vs Indonesia). Artinya, Arab itu sangat luas sekali dan bukan cuma Mekkah dan Madinah saja. Jarak Mekkah ke Tabuk itu kira kira sama dengan jarak antara Jakarta ke Puncak Jaya Wijaya di Papua yang juga bersalju. Sengaja saya pilih kota Tabuk sebagai contoh karena kota ini yang paling sering heboh dan jarang yang tahu bahwa letaknya di atas pegunungan Heejaz, kira kira 3 jam perjalanan dengan  pesawat dari Jeddah, kearah utara yang sudah tentu akan semakin dingin kalau semakin ke utara, apalagi diatas gunung.
 .
Photo Di Tabuk, Saudi – Diatas Pegunungan Heejaz
Menghebohkan Tanah Air Beberapa Tahun Lalu
Baca Link Dibawah Dan Nilai Sendiri
Wartawannya Tahu Tidak Lokasi Tabuk
Source : Republika

Semoga informasi ini bermanfaat bagi saudara saudara saya di tanah air yang belum pernah melakukan perjalanan di negara negara Arab atau yang sudah pernah tetapi saat musim panas. Atau sudah pernah tetapi cuma Umroh di Mekkah, Medinah. Sebagai tambahan informasi, Kuwait, Bahrain, UAE tidak ada gunung sama sekali tetapi saat musim dingin jelas dingin juga karena temperatur udara diluar sekitar 4 – 7 Deg C. Kalau anda melihat photo photo saya memakai jacket tebal, tolong jangan dikomentari : Di Gurun Kok Pakai Jacket Tebal ? Saya memang kedinginan di Kuwait. Kalau ada Onta di Salju atau orang Arab jungkir balik bermain salju di jalanan, jangan juga dikomentari aneh aneh. Mereka sedang berwisata di kawasan Ski Resort, diatas gunung di salah satu negara Arab diatas. Mungkin di pegunungan Atlas, pegunungan Heejaz. Pegunungan Lebanon, Mt Hermon, Golan Height dan lain lain.

.

Di Gurun Terbuka Kuwait Lebih Dingin Lagi 2 Deg C
Karena Nggak Ada Gunung Maka
Nggak Ada Salju Di Kuwait

Baca Juga :

One response to “Musim Dingin Bersalju Di Arab Dan Sahara

  1. informasi yg bermanfaat,sya juga baru tau loh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s