Ngantri Kesamping Cara Arab


Datang Udah Paling Pagi Tapi Nomor Sudah 116
Di Kuwait dan juga negara negara Arab sekitarnya masalah ngantri sangat unik dan menarik. Tidak seperti di Singapore atau negara negara bule dimana suasana ngantri sangat tertib dan rapi. Enak dipandang tidak ada yang nyerobot ke depan. Di Indonesia, budaya ngantri lumayan tertib meskipun kadang kadang ada juga bonek, polisi atau militer berseragam yang nyerobot ke depan. Bagusnya di Indonesia kalau ada yang nyerobot selalu diteriaki pengantri lain yang sudah lama berdiri nggak maju maju. Di Kuwait nggak ada yang berani teriak, gimana mau teriak semuanya nyelonong ke depan sesukanya.
Wanita Boleh Nyerobot Paling Depan Sendiri – Halal
India Mau Nyerobot ? – Nehi Nehi
Hanya expats dari Philipine, Nepal, Indonesia dan negara negara Bule saja yang berusaha setengah mati untuk tertib ngantri. Expats dari Mesir, Lebanon, Oman, Qatar, UAE, Saudi, Yaman dan juga Kuwait sendiri jangan harap mau ngantri. Kalaupun ada yang ngantri sudah bisa dipastikan bahwa mereka sangat ‘well educated’. Orang India agak lumayan, yang tertib ngantri banyak tapi yang masuk kategori ‘Slonong Boy’ juga lumayan banyak. Biasanya orang orang India type ini ngikuti kebiasaan orang Mesir dan sekitarnya yang susah sekali tertib.
.
Di Kuwait Ngantri Itu Kesamping
Bukan Kebelakang
Mesin antrian memang sudah disediakan dan beberapa orang juga mau ngambil nomor dari mesin yang tersedia. Tapi sampai kantor mau tutuppun belum tentu nomor tersebut berubah. Gimana nomor bisa berubah cepat dan kita dipanggil kalau yang nyerobot saja jauh lebih banyak dibanding yang tertib duduk menunggu panggilan. Kalau ada kantor yang antriannya sangat bagus dan sempurna biasanya ada satu atau dua orang tenaga Security yang menjaga dan mengawasi semua pengunjung dengan tatapan sangar. Celakanya, banyak juga yang datang pagi sekali lalu ngambil nomor antrian. Setelah itu pergi entah kemana dan datang kembali beberapa jam kemudian. Sudah tentu langsung nyelonong kedepan dan debat berkepanjangan karena ngakunya nomornya kecil tapi belum dipanggil panggil.
Kalau Begini Kapan Nomor Antrian
Bisa Dipanggil
Tapi meskipun uyel uyelan dan gaduh seperti itu, wanita selalu dapat prioritas dan dipersilahkan maju paling depan sendiri dan nggak ada yang berani protes. Itulah sebabnya kenapa untuk urusan ngantri ATM, ngantri urusan ke kantor pemerintah dan juga beli tiket nonton bioskop selalu saya yang dapat tugas  ngantri. Sedangkan suami saya cuma ongkang ongkang didalam mobil nggak mau turun atau cukup memperhatikan dari jarak jauh.
.
Kayak Pasar Karena Nggak
Ada Yang Mau Duduk
 
Yang lebih unik lagi di Kuwait, karena ngantrinya kesamping bukan kebelakang maka kalau dokumen yang kita berikan ditolak oleh petugas karena sesuatu hal, maka nggak ada salahnya kita sodorkan kembali ke petugas loket disebelahnya. Ditolak lagi, geser lagi ke loket sebelahnya. Seringkali petugas satu dengan petugas yang lainnya tidak sama dalam mengambil keputusan. Sudah berkali kali saya ngurus apapun ditolak karena ada persyaratan dokumen yang kurang tapi saya ajukan kembali ke petugas lain disebelahnya langsung ‘Approve’ pada saat itu juga.
.
Orang Mesir Sedang Memberi Wejangan,
Kalau Ditolak Masukkan Saja Ke Loket Sebelahnya
 
Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s