Perpus Alexandria


Ruang Baca Perpustakaan Alexandria Besar Sekali
Punya Perpus Besar Tapi Orang Mesir Sama Saja
Dengan Kita, Sedikit Sekali Yang Pinter

 

Perpustakaan besar ini terletak di kota Alexandria Mesir. Namanya New Library Of Alexandria, sering juga disebut New Bibliotheca Alexandrina. Ada kata ‘New’ didepan namanya karena memang gedung perpustakaan ini relatif baru dengan gedung yang sangat modern dan baru dibuka secara resmi tahun 2002. Pembangunan gedung perpustakaan raksasa ini dimulai tahun 1995 dengan biaya mencapai USD 220 Juta dan designnya dipilih berdasarkan lomba yang disponsori oleh UNESCO pada tahun 1988. Pemenangnya adalah perusahaan konstruksi dan arsitektur dari Norwegia bernama Snohetta. Sebenarnya ide pembangunan perpustakaan baru ini sudah dimulai dari tahun 1974 untuk menggantikan perpustakaan kuno dengan nama sama tanpa embel embel ‘New‘ yang telah ada sejak jaman Cleopatra masih gadis remaja.

 

Rak Bukunya Berisi Jutaan Buku
Tapi Sama Saja Orang Mesir Banyak Juga Yang Bodoh
Ada 4 buah Museum dalam komplek perpustakaan besar ini yaitu Antiquities yang berisi barang barang jaman raja raja Mesir kuno, Manuscript berisi kumpulan naskah naskah kuno tertulis dalam daun Papyrus maupun batu, Sadat berisi peningggalan Presiden Mesir terkenal yang mati terbunuh oleh tentaranya sendiri saat defile di stadion dan History Of Science yang berisi sejarah ilmu pengetahuan terutama alat alat percetakan kuno sampai modern.
Halaman Depan Perpustakaan Sangat Modern
Disamping itu ada juga sarana untuk entertainment bagi anak anak dan remaja seperti Planetarium, Exploratorium untuk memperkenalkan science bagi anak anak dan Culturama atau semacam teater Keong Mas di Taman Mini Indonesia Indah, bedanya terdiri dari 9 layar lebar dan 9 proyektor yang disorotkan secara serentak untuk menampilkan budaya dan sejarah Mesir. Nggak cuma itu saja, masih ada lagi yang namanya VISTA (Virtual Immersive Science And Technology Applications System) semacam simulator 3D yang dipakai oleh para peneliti untuk mensimulasikan segala macam ilmu pengetahuan baik natural science maupun human engineered science.
Gedung Bulat
Masih banyak lagi dan terlalu rumit kalau harus saya sebutkan satu persatu. Yang paling saya ingat adalah adanya Research Center dengan jumlah sekitar 10 buah pada lokasi yang tidak saling berjauhan, misalnya Alexandria And Mediteran Research Center (Alex Med), Caligraphy Center, Art Center, Manuscript Center dll. Yang membuat saya terkejut adalah adanya ISIS di perpustakaan ini. Kenapa ISIS bisa tenang tenang saja di kota ini tanpa takut digropyok polisi dan tidak sedikitpun terlihat kebrutalannya dengan main bunuh orang lewat tanpa pandang bulu ? Ternyata ISIS yang di Alexandria ini kepanjangan dari International School Of Information Studies, bukan kelompok teroris pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi yang saat ini sedang menghebohkan Irak dan Suriah karena membantai habis penduduk dalam usahanya membangun Islamic State Of Iraq And Syiria. .

 

Jam Matahari – Bisa Belajar Bagaimana
Orang Orang Jaman Dulu Menentukan Waktu
Patung Patung Romawi
Cleopatra Asalnya Dari Alexandria
Banyak Tulisan Kuno Di Dinding
Yang Tidak Saya Ketahui Artinya
Dinding Tembok Penuh Manuscript
Kuno Entah Apa Artinya
Cihui….Ini Planetarium

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s