Bulan Puasa Ala Batman Di Kuwait


Nonton World Cup Di Kuwait
Sambil Nunggu Sahur
Penuh Sesak Nonton
World Cup

Memang enak sekali di Indonesia, sepanjang tahun siang dan malam selalu sama. Jadi kalau memasuki bulan puasa serasa sudah hapal di luar kepala, sahur sekitar jam 3 pagi dan mulai tidak boleh makan dan minum mulai sekitar jam 04:20an pagi. Sore hari bisa jalan jalan mencari hidangan buka puasa dimana saja. Sambil ngantri beli makanan bisa ngobrol dengan tetangga atau siapa saja yang kebetulan sedang ngantri. Adzan Maghrib saat buka puasa setiap tahunnya juga tidak pernah berubah. Paling banter beda 5 sampai 10 menit dibanding tahun tahun sebelumnya.

Melek Sampai Sahur Diskusi Hangat
Tentang Capres, World Cup Dan Traweh

 

Pendukung Jokowi
Vs Prabowo

Di Kuwait, waktu Subuh dan Maghrib tidak selalu sama setiap tahunnya tergantung bulan apa. Perbedaan waktu sholat bisa bergeser sekitar 3-4 jam terutama saat Musim Dingin dan Musim Panas. Saat Musim Dingin, jam 6 pagi terkadang masih gelap gulita. Nah sekarang ini bulan Ramadhan bertepatan dengan bulan July, saat Musim Panas di Kuwait. Sekitar Jam 3 pagi sudah terdengar Adzan Subuh. Waktu berbuka puasa sekitar jam 19:00an, artinya waktu puasa saat musim panas di Kuwait jauh lebih panjang dibanding dengan di Indonesia.

 

Buka Puasa !!!
Lokasi Pasar Ikan Al Kout Fahaheel

 

Sahoor Sahoor

Pada saat pertama kali saya di Kuwait, memang saya sempat kaget. Heran karena kehidupan di Kuwait baru dimulai tengah malam. Sudah jadi hal yang umum di Kuwait kalau malam hari pada melek semua dan mulai tidur setelah sholat subuh. Bangun lagi menjelang Maghrib, orang Arab memang terbiasa ‘molor‘ kalau siang hari dan melek malam hari. Lama lama kita bisa juga mengikuti pola hidup penduduk lokal. Kebetulan saat ini sedang ada World Cup, ada juga PILPRES sehingga tidak ada habis habisnya mengisi waktu malam hari. Mulai Traweh, Nonton Bola, Ngotot ngototan mendukung Capres Prabowo Vs Jokowi sampai keliling apartment kawan cari undangan sahur, siapa tahu diundang sahur.

Bangun Bangun !!!!
Sudah Jam 1 Siang Belum Bangun Juga, Halooo !!!

 

Makin Malam Makin Ramai
Sekaligus Sahur

Apa nggak sekolah atau kerja ?. Saat musim panas, semua sekolah libur sampai 3 bulan. Jam kerja kantor juga berubah. Yang biasanya masuk kerja jam 7 pagi, saat bulan Ramadhan jam kerja dimulai jam 09:00 pagi dan ada beberapa kantor yang baru mulai lebih siang lagi. Pulang kerja tetap sama jam 15:00. Artinya, jam kerja dapat discount 2 jam menjadi hanya 6 jam saja. Mall  dan toko sepi dan terasa ogah ogahan saat siang hari. Tetapi mulai ramai kembali setelah  jam 10 malam. Restaurant banyak yang baru tutup saat adzam subuh berkumandang. Yah, beginilah gaya hidup Batman saat bulan Ramadhan di Kuwait, siang tidur, malam melek.

Kucingpun Ikut Tidur Karena Puasa
Nggak Ada Yang Ngasih Makan Karena Semua Tidur

 

Ngantuk Berat Sudah Jam 13:00 Siang

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s