Rumah Apartment Singapore Dan Jakarta


Rumah Pribadi  Minimalis Singapore
Koruptor Indonesia Yang Lari Ke Singapore
Semuanya Tinggal Di Apartment – Kere Juga
Kalau anda saya tanya, ‘Seberapa besar luas darat dan laut Singapura ?’. Jawabnya paling singkat saja Kecil‘. Kalau saya tanya lagi Kecilnya seberapa ?‘. Jawaban umum yang sering saya dengar ‘Segede Bali‘. Jelas ngawur, coba buka wikipedia dan bandingkan luas Singapore yang hanya 716,1 Sq Km dan DKI Jaya yang mencapai 7,641.51 Sq Km. Artinya, luas darat dan laut Singapura hanya 10 % saja dibanding luas darat dan laut DKI Jaya.
Apartment Di Singapore
Iklannya Nyampai Ke Indonesia

Inilah sebabnya pertumbuhan Singapore menjulang keatas. Penduduknya berjubel tinggal di Apartment. Tidak sembarang orang bisa punya rumah tanah di Singapore, terlalu mahal dan tidak akan terjangkau oleh kebanyakan penduduk Singapore.

Bangunannya Memang Kuno Dan Ketinggalan
Jaman Tapi jangan Tanya Berapa Harganya

Kalau anda melihat bangunan kecil diantara gedung gedung pencakar langit di Singapore, bisa dipastikan gedung tersebut adalah Tempat Ibadah, Bangunan Cagar Budaya atau Rumah Tinggal Exclusive milik ‘orang orang tertentu’ yang incomenya jauh diatas rata rata penduduk Singapore. Beda dengan orang Indonesia, biar kelihatan bergengsi dan gaya maka rame rame tinggal di Apartment ditengah kota dengan seribu satu alasan.

Katanya Ini Rumah Lee Kuan Yew
Apa Bener ?, Kenapa Kecil Dan Sederhana Sekali

Di negara manapun yang pernah saya kunjungi, tinggal di Apartment sama sekali tidak bergengsi dan tidak bisa nambah prestige seseorang. Biasanya kepepet, nggak sanggup beli/sewa rumah tanah maka terpaksa mau tinggal di apartment. Tentu kalau ditanya ‘ngeles‘ juga, misal dekat kantor, fasilitas komplit, keamanan 24 jam, nggak macet, fasilitas lengkap dan lain lain.

Nggak Ada Satpam 24 Jam Dan Nggak Ada Juga
Pagar Keliling Tinggi – Adanya Cuma CCTV

Karena luas daratan Singapura sangat kecil sekali maka kalau anda berwisata ke Singapura, kira kira sama saja dengan jalan jalan dari Tebet ke Manggarai lalu pindah ke Tanah Abang. Paling jauh ke Sentosa, kira kira sama jaraknya dengan ke Dufan, Ancol. Meskipun semuanya serba kecil dan dekat, tapi iklan dan promosi pariwisata Singapura benar benar mendunia. Dan entah berapa juta orang yang terpikat dan berduyun duyun ke Singapura setiap tahunnya. Iklan property Singapura juga tiap hari marak di berbagai media di negara manapun diseluruh dunia terutama Indonesia.

Rumah Kecil Singapore Ini  Modelnya Kadaluarsa
Di Indonesia Buanyak – Di Singapore Mahal Sekali

Pihak pengembang sering pontang panting mengakali supaya harga jual / sewa bisa tinggi dengan memberi nama apartmentnya dengan berbagai macam istilah biar kelihatan berbeda, bergengsi dan berkelas. Biasanya diberi nama Condominium, Condo, Condotel, Executive Apartment, Five Star Apartment, Executive Residence atau entah apa lagi. Di Jakarta lebih ‘mbulet’ lagi karena ada juga istilah Rusun  dan Rusunawa,

Prestige Orang Singapore kalau Punya
Rumah Tanah – Makanya Banyak Yang Beli
Rumah Di Batam Dan Johor

Sebenarnya semua sama saja, apapun namanya, semuanya adalah  Apartment. Rumah bagi Rakyat Jelata yang nggak sanggup beli / sewa rumah tanah. Di Jakarta saja yang agak aneh dan berbeda, punya rumah tanah kecil dianggap kere, tinggal di apartment dianggap bergengsi dan Horang Kaya. Baru akhir akhir ini saja pemerintah Indonesia, khususnya DKI membangun apartment untuk rakyat jelata warga bantaran kali.

Ciri Apartment Singapore Adalah Cara
Menjemur Pakaian – Tidak Pernah Saya Jumpai
Cara Menjemur Pakaian Seperti Ini Di Negara Lain

Lucunya, orang Jakarta merasa dirinya hebat dan Horang Kaya kalau tinggal di apartment yang dijaga ratusan security, securitynya membawa anjing pula, masuk halaman kolong mobil diperiksa dengan detector bom, masuk lobby harus lewat detector logam, tas digeledah dulu dan naik lift merasa gaya saat mengeluarkan access card. Semakin ribet semakin merasa hebat dan menjadi Horang Kaya semu. Nggak pernah saya jumpai di negara manapun rumah rakyat dibikin ribet seperti di Jakarta.  Perhatikan saja Singapore dan juga negara lain, ada tidak apartment yang sengaja  dibikin ribet seperti Jakarta.

Jemuran Seperti Ini Bukan Di Apartment Murah
Tapi Hampir Di Semua Apartment Ada Pemandangan
Jemuran

Perhatikan gambar gambar rumah tanah di Singapore pada tulisan ini. Bandingkan dengan rumah rumah tetangga disekitar anda di tanah air. Mana lebih bagus dan megah, rumah di Indonesia atau di Singapore ?. Kalau jawaban anda lebih bagus dan megah rumah rumah di tanah air, artinya anda sependapat dengan saya. Orang Indonesia kaya raya karena rumahnya di atas tanah‘. Tetapi kalau anda tidak setuju dan masih menganggap Apartment lebih bergengsi, maka mulai sekarang ubahlah cara berpikir anda.

Berpikirlah seolah olah anda orang Singapore. Maka anda akan bisa bersyukur bahwa rumah tanah mungil yang anda huni sekarang adalah rumah mahal yang sehari hari diidam idamkan seluruh penduduk Singapore. Rumah mungil anda nggak beda jauh ukurannya dengan rumah orang paling kaya di Singapore. Sekali lagi yang di Singapore karena rumah tanah mereka yang di Batam atau Johor ternyata besar besar dan mewah juga.
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s