Bahasa Isyarat, Sama Tapi Beda Arti


Yang Mana Gambar Bebeknya Dik ?
Tuuuuh Sambil Manyun – Sejak Kecil Memang Orang
Indonesia Sudah Terbiasa Menunjuk Dengan Manyun

 

Sahabatku Dari India
Saya punya banyak teman India di Kuwait, sehari hari juga sering ngobrol bareng. Meskipun wajah orang India mirip dengan orang Srilanka, Pakistan atau Bangladesh, tapi mudah sekali mengenalinya karena orang India kalau berbicara kepalanya selalu bergoyang. Setiap goyangan kepala baik itu mengangguk, menggeleng atau goyang goyang tak beraturan semua mempunyai makna. Ketika saya tanyakan kenapa semua orang India kepalanya selalu gedeg gedeg kalau berbicara. Eh, jawabnya langsung balik bertanya ‘Kenapa orang Indonesia kalau menunjuk sesuatu pakai mulut‘, ‘Tuuuuh….‘ .sambil mulutnya manyun diarahkan ke arah tertentu. Kaget juga saya dengan serangan balik pertanyaannya. Saya akui umumnya orang Indonesia kalau menunjuk sesuatu memang pakai mulut yang dimanyunin. ‘Tuuhhhh…… Itu Tuuhhhhh…..
Arab : Kalau Jari menguncup Dan Digerakkan
Naik Turun Artinya Minta Jalan
‘Sabar ..Sabar, Tunggu Sebentar Saya Mau Lewat’

 

Geleng Geleng Kepala Terus
Tanda Respect
Orang Arab lain lagi, kalau berbicara tangannya selalu bergerak. Sedang terima telponpun kalau berbicara tangannya juga bergerak nggak karuan. Saya sering heran juga, emangnya tangan digerak gerakkan seperti itu orang yang diajak ngomong diseberang sana bisa melihat ?. Setiap gerakan tangan dan jari punya arti dan lama lama saya tahu juga kode kode dan maksud gerakan tangan tersebut. Dan saya tahu juga, ada beberapa gerakan isyarat tangan yang sama tetapi kemungkinan artinya bisa beda kalau dipakai dinegara lain.

 

Arab : Yang Ini Artinya ‘Tunggu Sebentar Ya’
‘Sabar Nanti Saya Kembali Lagi’
Banyak Dijumpai Sehari Hari di Kantor

 

Selamat Jalan Sahabat
Geleng Geleng
Sebagai Arek Suroboyo, rasanya saya nggak punya bahasa isyarat lewat gerakan tangan atau kepala seperti orang India dan orang Arab. Hanya satu isyarat tangan yang sering dilakukan oleh Arek Suroboyo yaitu seperti gambar dibawah ini. Di Surabaya artinya ‘mesum’ yang mengarah pada hubungan suami istri dan belum tentu berarti marah. Di Turkey, isyarat tangan seperti ini artinya  marah berat. Hati hati jangan mendekat bisa digampar anda.

 

Di Turkey Artinya Marah Berat
Kalau Ada Cewek Cantik Tangannya
Mengepal Seperti Ini Jangan GR Ya

Oleh karena itu ada baiknya juga untuk mempelajari bahasa tubuh atau bahasa isyarat  penduduk lokal kalau sedang jalan jalan ke negeri orang. Isyarat bisa sama tapi artinya bisa sangat berbeda. Dan ini sudah saya buktikan sendiri di Turkey. Saya saksikan sendiri ada wanita cantik tangannya mengepal sambil diacung acungkan keatas. Ini cewek cantik maksudnya apa. Sebagai arek Suroboyo, saya sempat senyam senyum GR melihat kepalan tangannya. tapi ekspresi wajahnya kok sedang marah.

Kalau di Surabaya, gerakan kepalan tangan seperti diatas sangat lembut, singkat dan bukan diacung acungkan keatas. Maksudnya ‘Mas, ayuk beginian‘ sambil si cewek ngedip ngedipkan mata agak genit. Di Gang Dolly, makelar didepan wisma juga dengan lembut memberi kode singkat kepalan tangan seperti diatas kepada orang yang lewat didepannya. Artinya kira kira ‘Monggo mampir mas, kamare kosong‘. Sekarang Gang Dolly tersebut sudah ditutup oleh bu Risma, walikota Surabaya. Saya yakin, salam khas Gang Dolly tersebut bakalan punah dari kota Surabaya dalam waktu dekat ini.

Lihat video Geleng Geleng India dan artinya dibawah ini (Perlu Flash Player – Windows, Apple IOS nggak terlihat)..

 

Thailand Dan Greece Artinya Kok
Berlawanan Dengan Indonesia Ya

 

Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s