Toko Musik Dan Residency Permit


Meskipun Nggak Bisa Nyanyi
Yang Penting Happy
Sedang Ngajari Bapaknya
Dari Dulu Grothal Grathul
Banyak sekali pembaca blog ini yang menduga kehidupan di Kuwait terlalu banyak larangan.  Wanita nggak boleh nyetir mobil, nggak boleh jalan sendiri, nggak ada hiburan sama sekali baik TV maupun gedung bioskop dan lain lain. Omong kosong besar, yang punya larangan ketat seperti itu hanya Saudi Arabia. Di Kuwait, Bahrain, UAE dan semua negara tetangganya kehidupan sehari hari sama saja dengan di Jakarta atau kota besar lainnya diseluruh dunia. Salah besar kalau menganggap negara Islam semuanya seperti Saudi Arabia.
Ayu Latihan Buat Tampil
Di Kampus Katanya
Meskipun Di Kuwait
Lagunya Tetap Indonesia
Di Kuwait, distributor alat musik besar setahu saya hanya ada dua atau tiga saja. Yang sering saya kunjungi adalah Al Dawliah dan Al Yousifi. Meskipun begitu showroom / outlet penjualannya cukup banyak, contohnya Al Dawliah Salmiya dan Hawalli yang merupakan distributor produk Yamaha, Behringer, Mackie dan lain lain. Al Yousifi merupakan distributor Roland, Kawai dan lain lain. Satu lagi saya tidak tahu namanya, tetapi saya tahu ada distributor lain di Kuwait selain kedua distributor yang saya sebutkan diatas. Saya tahu pasti karena saya sering melihat Korg, Ibanez dan alat alat musik merek terkanal lain yang tidak diageni kedua distributor diatas.
The Grand Avenue Mall
The Gombal
Stormbringer Deep Purple
Berisik Kalee
Rumah saya sering jadi tempat singgah orang orang Indonesia di Kuwait. Setiap akhir pekan atau hari libur selalu kedatangan musisi musisi dadakan. Kalau sedang latihan musik, tentu suaranya menggelegar dan bisa didengar oleh tetangga. Apakah perlu ijin khusus ke polisi untuk sekedar latihan di rumah ?. Ternyata tidak, yang saya perlukan hanya berinteraksi dengan tetangga. Saat tetangga depan rumah, kiri, kanan atau penyewa diatas rumah saya keluar menyiram tanaman atau mencuci /memperbaiki mobil, saya selalu mendekati dan sekedar ‘say hello’ atau berbincang apa adanya tak lebih dari 5 menit. Tentu saya juga mengundang tetangga saya untuk ikut datang kerumah sekedar melihat, menyanyi atau ikut bermain musik bersama.
Latihan Lagu Lagu Arab
Habibie…Habibie…!
Nyanyi Diiringi Dinda
Bagaimana kalau mau mengadakan pertunjukan di ruang terbuka ?. Jelas sama dengan di Jakarta harus ada ijin dari polisi. Keamanan dan ketertiban harus diutamakan dan pemerintah Kuwait juga sama dengan negara manapun juga. Tidak menginginkan adanya kerusuhan atau kegaduhan ditempat umum yang dilakukan oleh expatriate pendatang. Ijin keramaian lumayan sulit, itulah sebabnya jarang terlihat adanya live music di tempat tempat terbuka. Kalau di Auditorium, concert hall atau embassy jelas ada. Di Hotel hotel di Kuwait juga jarang yang menampilkan Live Music karena setahu saya ijinnya lumayan sulit. Sebagai catatan, di Kuwait tidak ada cafe cafe dengan live music. Yang ada hanya di Bahrain, UAE, Lebanon dan lain lain. Di Lebanon bahkan ada Casino.
Ayu – Solo Bass
Sebelum Berangkat Kuliah Di Belanda
Sudah sebulan ini anak saya Ayu datang kembali ke Kuwait setelah sebelumnya di Belanda. Rumah saya kembali hingar bingar setiap hari, tidak cuma akhir pekan seperti biasanya. Pagi, siang dan sore alat musik dirumah berbunyi terus dan teruuuus entah sampai kapan. Anakku Ayu sudah lebih sebulan tertahan di Kuwait dan tidak bisa kembali ke Belanda karena passportnya sedang digunakan untuk memperpanjang Residency dan Civil ID. Di Kuwait, kalau sampai residency dan civil id expired, maka prosesnya harus diulang dari awal kembali dan cukup panjang dan melelahkan. Beberapa bulan lalu Ayu tidak bisa datang ke Kuwait untuk memperpanjang Residency dan Civil IDnya karena sedang ujian. Sekarang, nasi telah jadi bubur, semuanya sudah expired dan pengurusannya jadi bertambah rumit dan harus diulang dari awal.
Iwak Peyeeek,
Iwak Peyek Nasi Jagung
Lesson Learn :
  • Kalau anak sekolah diluar Kuwait, setiap 6 bulan sekali harus masuk kembali ke Kuwait supaya Residency tidak gugur.
  • Kalau tidak memungkinkan untuk masuk Kuwait setiap 6 bulan sekali, harus dilaporkan ke imigrasi bahwa si anak sekolah diluar Kuwait (dengan surat keterangan dari Universitas tempat anak sekolah).
Bersama Komunitas Indonesia Di Kuwaita
Pemainnya Gonta Ganti Terus
Meskipun Suara Tembus Dinding
Kami Tetap Baik Dengan Tetangga Di Kuwait

Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s