Lorong Cinta Monumen Yahudi Berlin


Ruang Bawah Tanah
Suasana Didalam Terasa Mencekam
.
Bagian Atas
Hanya Berisi Tembok Beton
Serasa Berada Di Kuburan
Bentuknya cuma kota kotak seperti peti mati yang berserakan. Ada yang tinggi dan juga ada yang rendah. Luasnya kira kira sebesar lapangan bola dan terletak ditengah kota Berlin, Jerman. Tepatnya sekitar 100 – 200 meter dari Brandenburg Gate. Bangunan mirip peti mati ini adalah Monumen untuk memperingati orang orang Yahudi yang dibantai oleh Hitler dan Nazi pada saat Perang Dunia II yang lalu. Nama resmi dalam bahasa Inggrisnya adalah Memorial To The Murdered Jews Of Europe dan sering disebut juga Holocaust Memorial. Arsiteknya Peter Aisenman dan engineernya Buro Hapold.
.
Belajar Sejarah
Anak Anak Sekolah
.
Bisa Untuk Loncat Loncat
Kebelet Pipis Bisa Juga Kencing Disini
Cari Saja Yang Paling Pojok

Bangunan unik ini otomatis membuat semua orang yang datang merasa trenyuh, mbrebes mili dan menangis tanpa harus diperintah. Kenapa bisa begitu ? Ya karena bentuknya seperti peti mati yang berserakan tadi. Kalau kita jalan lewat di lorong lorongnya, terasa sekali suasana yang beda, miris dan sedikit mencekam apalagi kalau pengunjungnya pernah baca cerita cerita pembantaian orang orang Yahudi di camp camp konsentrasi seperti Auscwitz – Birkenau (Polandia), Bergen – Belsen (Jerman), Dachau (Jerman) dan lain lain yang jumlahnya cukup banyak diseluruh Eropa, yaitu sekitar 70an.

.

Lorong Lorongnya
Banyak Orang Ngumpet Ciuman

Sungguh aneh bin ajaib kalau anda berada di monumen batu ini. Turis turis yang baru turun dari bus rata rata kalau ngomong jadi pelan sekali dan nyaris berbisik bisik dan kalau nggak perlu sekali malah nggak mau njawab kalau diajak ngomong. Saya nggak tahu kenapa semua turis dari berbagai macam negara didunia dan rata rata tidak tahu sama sekali penderitaan Yahudi saat itu bisa begitu melankolis, berbisik dan sedikit bergetar suaranya menahan tangis saat bicara dengan sesama turis satu busnya.

.
Masuk Lorong Diantara Batu Peti Mati Ini
Bisa Pipis Juga Di Pojok

Bagian bawahnya lebih mencekam lagi karena gelap seperti masuk kedalam lubang kubur. Isinya remang remang dan hanya berupa nama nama korban yang mati dibantai dan jumlahnya nggak bisa dihitung. Siapa mau menghitung nama nama orang mati. Kalau saya disuruh menghitung dan dibayar berapapun nggak akan mau, Syereeem. Saya nggak betah lama masuk didalam, nggak ada musik, gelap, mencekam dan kalau ketemu turis didalam juga nggak bersuara. Bahkan lebih banyak melihat turis turis yang terisak isak nangis. Padahal mereka nggak ada sangkut pautnya dengan orang orang yang mati tersebut, mereka dari Ghana, Lesotho, Mozambiq atau entah dari negara mana, yang jelas negara Afrika karena warna kulitnya hitam.

.
Nyandar Saja Ya Mas
Jangan Niru Niru Bule Ciuman Di Lorong
Mending diatas saja, jalan jalan di lorong melihat anak anak main petak umpet. Kalau nasib baik bisa melihat juga  bule ciuman dilorong lorongnya. Agak mojok sedikit ditempat paling ujung juga bisa melihat orang cari tempat sepi karena kebelet pipis. Terserah anda mau ngapain ditempat ini. Nggak ada yang jaga dan tempat ini dekat tempat parkir atau tempat berhenti bus turis. Jadi begitu turun dari mobil atau bus turis, bisa singgah masuk lorong sebentar, pipis kemudian jalan kembali menuju obyek wisata utama Brandenburg Gate, Rheistag dan lain lain yang jaraknya tidak lebih dari 100 – 300 meter saja dari monumen Yahudi ini. Gimana, mau pipis di pojok lorong atau mau niru bule ngumpet ciuman ?
.
Trotoar Menuju Brandenburg Gate
Paling Cuma 300 Meter Saja
Bisa Baca Sejarah Di Lantai
Sambil Jongkok

.

Baca Juga :

Ogah Ah Kalau Niru Niru
Bule Ciuman Di Tempat Kayak Beginian
Bagian Bawah Tanah
Yang Sedikit Lebih Terang
Tempat Bus Berhenti Menaik Turunkan
Turis – Dekat Dengan Brandenburg Gate
Lorong Diantara Peti Mati
Bisa Main Petak Umpet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s