Panjat Tebing Di Negeri Gurun


Ribet Amat, Gedung Cuma Dua Lantai Kenapa Nggak
Pakai Tangga Saja
Manusia terkadang aneh aneh agar terlihat profesional. Di Kuwait perusahaan jasa kebersihan gedung termasuk salah satu yang paling aneh dan selalu saya amati cara kerjanya. Saya sering berhenti untuk nonton para pekerja kebersihan gedung di Kuwait hanya sekedar untuk cari hiburan. Lama tidak ngakak katanya tidak baik bagi kesehatan. Nah, dengan nonton ‘hiburan‘ semacam ini saya bisa tertawa terbahak bahak bersama penonton lain untuk sejenak menghilangkan stress.
.
Membersihkan Gedung Dua Lantai
Ribet Bergelantungan Sambil Membawa Alat
Semprot Udara Dan Air
.
Begitu Compresor Dinyalakan
Langsung Orang Ini Terpental
Kebelakang Saking Kuatnya
Dorongan Kebelakang
Perusahaan jasa kebersihan gedung di Kuwait memang unik dan aneh karena untuk membersihkan rumah/gedung dua lantai saja mereka harus mengerahkan pemain circus, akrobat atau pemanjat tebing. Pekerja jasa kebersihan gedung semacam ini umumnya berasal dari Saudi, Yaman dan negara negara lain disekitar Kuwait yang notabene tidak memiliki gunung dan melulu gurun pasir yang datar. Tetapi mereka bisa melakukannya dengan baik meskipun cukup menggelikan. Sering saya bertanya tanya, ngapain nggak pakai tangga saja atau scaffolding yang mudah dipasang dan sudah pasti nggak ribet daripada berjam jam bergelantungan dan berputar putar di ketinggian sambil teriak teriak minta kompresor dimatikan.
.
Hup, Dinding Licin, Kecilkan Kompresor, Pusing Nih
Saya Berputar Putar Di Tali Karena
Kuatnya Dorongan Angin
Dua Lantai, Dua Pemanjat Tebing
Dan Satu Mandor
Pada saat mulai bekerja semuanya terasa normal dan profesional,.Dengan gagah si pemanjat tebing turun dari atap gedung dua lantai sambil membawa ‘persenjataan’nya berupa alat penyemprot udara dan air bertekanan tinggi. Mirip adegan film Mission Imposible atau James Bond yang pernah saya tonton beberapa tahun lalu. Rumah dan gedung di Kuwait memang sering terlihat kusam karena debu, terutama setelah terjadi badai gurun. Cukup disemprot udara saja bisa bersih kembali. Perusahaan jasa seperti saya sebutkan diatas hanya bertugas menyemprot debu di dinding luar rumah dengan udara bertekanan tinggi dan setelah itu mengulang kembali dengan menyemprot kembali dinding dengan sedikit air bertekanan tinggi. Kalau ada noda noda yang bandel baru disikat sampai bersih.
.
STOP….STOP….
Mandor Berteriak Dari Jendela
Kalau Ada Pemanjat Tebing
Yang Berputar Putar
Heboh seringkali terjadi saat kompresor dinyalakan. Saat udara bertekanan tinggi mengalir melalui alat semprot yang dipegangnya, si pemanjat tebing seringkali terpental kebelakang karena injakan kakinya tidak kuat atau terpeleset. Akibatnya berputar putar menggantung di tali dan terkadang harus membentur ke dinding beberapa kali karena saking kuatnya dorongan udara dari alat semprot yang dipegangnya. “STOP…STOP….”, Si Mandor teriak dari Jendela untuk memberi komando operator kompresor dibawah. Si Operator dengan santai jalan pelan pelan ke kompresor untuk mematikan atau mengurangi tekanan dari bawah. Sangat berisik …..tetapi cukup menghibur juga.
.
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s