Beda Pengurusan KTKLN Di KBRI Kuwait Dan Jakarta


Photo KTKLN Di KBRI Kuwait
Cepat Dan Gratis Untuk Tenaga Kerja Formal Saja
.
Camera Dan Alat Khusus KTKLN
Di KBRI Kuwait
Sebagai warga negara Indonesia yang baik, apapun aturan dari pemerintah harus kita ikuti. Kali ini saya ingin mengikuti anjuran BNP2TKI dalam hal proses pembuatan KTKLN, dan kebetulan saat ini bisa dilakukan di KBRI Kuwait. Memang sejak sebulan yang lalu, tepatnya awal bulan Juni 2013  kartu KTKLN sudah bisa dibuat di Kuwait. Sepengetahuan saya, KBRI Kuwait adalah yang pertama kali bisa membuatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri bagi warga negara Indonesia yang bekerja disektor Formal. Tenaga kerja non formal untuk sementara masih belum bisa dilayani di KBRI Kuwait, moga moga dalam waktu dekat tidak ada lagi diskriminasi antara tenaga kerja formal dan non formal.
.
KBRI Kuwait
Sangat Bersahabat Dan Akrab
Dengan Warga – Nggak Ada Yang
Ngantri Berdiri
Persyaratan untuk pembuatan kartu KTKLN baik di Indonesia maupun di KBRI Kuwait sebenarnya relatif sama saja, yaitu :
  1. Copy Civil ID Kuwait * (Kalau ngurusnya di Indonesia cukup KTP)
  2. Passport Asli Pemohon
  3. Copy Kartu Asuransi **
  4. Kontrak Kerja ***
Catatan :
** Semua expat yang memiliki Residency Permit dan Civil ID telah dicover asuransi kesehatan oleh pemerintah Kuwait
.
Siap Gesek Di KBRI Kuwait
Ternyata KTKLN Gratis
*** Pengertian Kontrak Kerja agak sedikit rancu, karena banyak sekali expat yang bekerja di Kuwait sebagai tenaga kerja tetap atau permanent staff. Jadi yang dimiliki adalah surat pengangkatan sebagai tenaga kerja tetap (Indefinite Staff). Contohnya tenaga kerja formal yang bekerja di pemerintahan, pelayanan publik dan perminyakan.
Proses pembuatan KTKLN di KBRI Kuwait hanya beberapa menit saja langsung jadi dan tidak dipungut biaya apapun. Tinggal isi form permohonan dan langsung diphoto saat itu juga. Beres dan kartu KTKLN dengan masa berlaku 5 tahun sudah berada ditangan.
.
Di Jakarta Harus Ngantri
Yang Bayar Calo Bisa Langsung Masuk
.
Mesin Antrian Di Cengkareng
Ini Mati. Sengaja Dimatikan Calo ?
Iseng iseng saya mencoba membandingkan dengan proses pembuatan kartu KTKLN di tanah air. Terus terang, saya merasa ‘sakit gigi’ mengikuti proses pembuatan KTKLN di tanah air. ‘Sakit Gigi’ karena ngantri cukup panjang dan kemungkinan bisa ‘dikerjain’ calo. Bukan ngantrinya yang jadi masalah, tetapi banyak sekali orang yang mendekati dan berusaha memberi jasa pelayanan pengisian form dan pengurusan biaya asuransi.
.
Coba Tebak, Ada Berapa Orang Calo
Pada Photo Ini
Ketika saya tolak dan katakan ‘Saya nggak mau bayar asuransi, sudah dibayari pemerintah Kuwait‘, tetap saja ngeyel pokoknya harus bayar asuransi Rp 400.000. Bayar jasa pengisian formulir juga Rp 100.000. Saya jawab ‘Nggak Mau Bayar‘. Beberapa orang yang menggunakan jasa mereka mendapat perlakuan khusus, yaitu duduk ditempat khusus sambil diwawancara saat pengisian form dan setelah itu dikawal khusus, bebas ngantri dan langsung masuk.
.
Petugas BNP2TKI
Serius Melayani Meskipun Diluar
Banyak Calo
Mas Ardi termasuk yang paling istimewa, nggak mau bayar tetapi disuruh cepat cepat masuk. Si Calo atau pegawai asuransi yang bediri mencari konsumen didepan kantor pengurusan KTKLN tadi rupanya khawatir. Kalau debat terlalu lama dan didengar banyak orang, dikhawatirkan akan mempengaruhi calon konsumen yang lain.  Bisa jadi semua pengantri rame rame ikut nggak mau bayar. Untuk lebih amannya, maka si calo cepat cepat menyuruh mas Ardi segera masuk. Lagipula, jiwa jurnalisme saya muncul dengan sendirinya saat itu. Dengan PD dan style seorang jurnalis saya photo semua aktifitas diluar dan didalam kantor Pelayanan Khusus Penerbitan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri di bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Beberapa orang calo ngumpet dan kabur meskipun badannya besar dan sangar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s