Miya Miya


Pintu Masuk Miya Miya
Semua Miya Miya Berada Di Basement
Pintu Masuk Kecil
Tetapi Sangat
Besar Sekali
Kalau ditanya, apa sih yang paling khas di Kuwait dan tidak bisa ditemukan ditempat lain. Maka jawaban saya adalah Miya Miya. Bukan satu satunya yang khas Kuwait, tetapi paling tidak susah ditemukan dinegara lain. Apa pula Miya Miya ini ?. Miya atau Miyatun artinya seratus, jadi kira kira artinya sama dengan Warung Serba Seratus Fills (setara dengan Rp 3000 – Rp 4000). Tapi itu jaman dulu saat semua barang masih seharga seratusan fils. Sekarang, Miya Miya menjual berbagai macam barang dengan harga bervariasi dan tidak semuanya seratusan fils lagi. Tetapi semua barang bisa dikatakan sangat murah sekali karena hampir semuanya barang kodian Made In China. Beberapa barang ada juga yang buatan India dan Pakistan dengan kwalitas relatif sama dengan barang China. Jangan disamakan dengan toko serba Rp 5000 di Indonesia, Miya Miya di Kuwait sangat besar dan lebar sekali.
.
Siapa Sangka Disamping
Bakala Ini Ada Pintu Masuk
Menuju Basement Yang Sangat Luas
Barang kodian buatan China memang murah, tetapi soal kwalitas tentu tergantung harganya. Yang berharga ‘Miya’ atau ratusan fils memang masih banyak tapi ya tahu sendiri kwalitasnya, gampang rusak. Jangan tanya saya siapa yang memberi nama Miya Miya, sejak pertama kali saya menginjakkan kaki di Kuwait semua orang menamakan Miya Miya meskipun sebenarnya nama toko terpampang besar didepannya. Seandainya nama Miya Miya tersebut Al-Eshraf, dan anda bertanya ke orang yang lalu lalang disekitar anda tentang letak Al-Eshraf, kemungkinan besar nggak ada yang tahu meskipun saat itu orang yang anda tanya berdiri tidak begitu jauh dari Al-Eshraf. Tapi sebut saja Miya Miya, langsung anda ditunjukkan bahkan diantar ke pintu masuknya.
.
Hmm, Made In China
Yang Penting Murah

Barang plastik berukuran kecil sampai besar, piring, gelas, sendok dan garpu sampai hiasan rumah dengan kwalitas kodian China semuanya ada. Yang unik dan khas dari Miya Miya ini adalah tempatnya saja. Semua Miya Miya selalu berada di basement dan pintu masuknya cukup kecil dan tersamar diantara kios kios lain disamping kiri dan kanannya. Kalau tidak tahu, rasanya enggan untuk masuk ke pintu masuk kecil tersebut. Tetapi begitu sudah turun ke dalam basement, ternyata sangat luas sekali. Seluruh basement penuh dengan segala macam barang murah seharga 100 fils sampai termahal sekitar KD 15. Alat pertukanganpun juga ada apalagi, jam dinding, meja kursi plastik, sandal, sepatu, lem tikus, bendera, bunga plastik dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Baca Juga ‘Hanya Di Kuwait’ Pada Link Dibawah Ini :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s