Semalam Dirumah Sakit Kuwait


Pengobatan Alternatif
Percaya Atau Tidak Yang Jelas Saya Sembuh Langsung
Iklan Dokter Di Arab Times

Di Kuwait tidak pernah saya temui iklan pengobatan alternative. Apalagi iklan dukun, paranormal, peramal atau sinshe, jelas tidak ada sama sekali. Sangat berbeda sekali dengan Indonesia dimana kita bisa dengan mudah mencari iklan pengobatan alternatif dipasang di tiang tiang listrik, pohon dan halte bus. Majalah khusus klenik saja ada di tanah air. Di Kuwait berlaku sebaliknya, setiap hari selalu ada iklan dokter terpampang besar di koran koran Kuwait. Ya benar sekali, dokter di Kuwait harus mengiklankan diri seperti layaknya Jeng Ana, Jeng Sri dan Jeng Wati yang punya warisan keahlian pengobatan  dari Nyi Roro Kidul.  Dokter dan klinik pengobatan di Kuwait memang harus promosi terus menerus kalau ingin bisa survive di Kuwait. Seluruh biografi keahlian dokter diiklankan secara lengkap. Kalau punya gelar panjang, maka akan dicantumkan semua. Satu halaman penuh koran Arab Times, Kuwait Times dan Al Watan selalu berisi iklan dokter dan berdampingan dengan iklan rental traktor, lowongan kerja atau jual beli mobil bekas.

Kaki Keseleo Malah Ditekuk
Sakit Sekali Tapi Sembuh Seketika

Sebenarnya orang Arab tidak percaya hal hal yang berbau klenik/irrasional sehingga iklan dokterlah yang menjamur banyak sekali di Kuwait. Dukun ngetop kebanggaan rakyat Indonesia Mak Erot menjadi bahan tertawaan yang tiada henti kalau suami saya  menceritakan ke orang Arab di kantor. Mereka selalu menganggap magic, dan mereka takut akan hal itu  Seringkali saya mendengar ada orang Indonesia yang harus berurusan dengan polisi karena menyimpan ‘jampi jampi’ berupa corat coret tulisan arab yang dibawanya dari tanah air. Suami saya pernah cerita mistis tentang Leak di Bali,  tetapi tanggapan Arab selalu ke pengobatan alternatif. Kalau saya terjemahkan ke bahasa Indonesia kira kira artinya “Alamat Mak Erot dimana ?”. Nah ketahuankan, cerita mistis apapun sampai berbusa busa tetap saja kembali ke Mak Erot. Jadi sejatinya orang Arab itu ingin tahu juga pengobatan alternative. “Khalid nanti akan saya suruh ke Mak Erot biar buesarrrr …..Ha ha ha”.

Keseleo
Pak Toni Sedang Beraksi
Mengobati Kaki Keseleo

Kaki saya pernah keseleo dan agak bengkak dibagian dengkul. Karena jalan saya tidak nyaman dan sedikit kesakitan maka saya bawa ke rumah sakit dan diperiksa oleh seorang dokter di Kuwait. Keputusan yang diambil dokter sangat luar biasa cepat dan lugas, tetapi cukup membuat saya terkejut juga. Saya harus segera masuk ke  bagian emergency. Kaki saya langsung diphoto Rontgen (X-Ray) dari berbagai sudut. Hasilnya nihil, nggak ada tanda tanda tulang retak atau hal hal aneh dengan dengkul saya. Setelah itu setiap hari kaki saya dibebat dan gerak saya jadi tidak bebas.

Makanan Yang Dibawa Keluarga
Saat Besuk. Ternyata Untuk
Dimakan Bersama

Ketika saya pulang ke Indonesia, langsung saya bawa ke balai pengobatan alternatif Pak Toni, di Yogya. Diurut dan ditekuk tekuk sebentar langsung sembuh. Katanya ada urat yang kejepit saat saya keseleo beberapa bulan lalu. Dan saya tidak boleh lagi memakai sepatu hak tinggi. Ketika saya bertemu kembali dengan dokter di Ahmadi, tentu saya pamer kalau kaki saya sudah sembuh. Saya tidak ceritakan kalau yang menyembuhkan kaki saya adalah tukang urut di kampung. Wejangan dokter cukup bijak “Untung kamu cepat datang ke rumah sakit, terlambat sedikit saja bisa tambah parah kakimu, nanti kalau ada apa apa lagi langsung saja ke rumah sakit ……”.

Bisulan
Yang Sakit Tiduran Di Kasur
Yang Besuk Ngopi Kahwa Bersama

Di tanah air kalau bisulan biasanya tidak perlu dibawa ke dokter. Cukup ditunggu saja sampai bisul tersebut matang dan cukup umur, lalu tinggal ditekan sendiri untuk mengeluarkan ‘mata’ bisul. Saya dulu kalau bisulan maka ibu saya yang membantu untuk menekan daerah sekitar bisul sampai ‘mata’ bisul keluar semua. Di Kuwait, sakit bisul ternyata bisa bikin heboh. Anakku Dinda pernah bisulan dan saya bawa ke rumah sakit. Seperti biasa, dokter langsung memerintahkan ke bagian emergency. Dokter dan perawat semua sibuk memeriksa bisul dan akhirnya diputuskan masuk ke Ruang Operasi dan harus dioperasi saat itu juga. Yang unik dan beda dengan di tanah air, untuk buka perban saja tidak boleh dilakukan sendiri. Akibatnya setiap hari saya harus mengantar anak saya ke rumah sakit hanya untuk ganti perban dengan yang baru.

Periksa Gigi
Tampaknya Ngeri Sekali
Padahal Cuma Disuruh Mangap
Beberapa Menit Saja

Biasanya untuk periksa gigi selalu pasien didudukan di kursi dokter gigi. Di Kuwait, tidak semua dokter suka memeriksa pasien dengan posisi duduk seperti itu. Pokoknya, pasien enak dan dokter gigi juga nyaman saat memeriksa gigi pasien. Gigi saya berlubang yang bagian atas, kalau posisi saya duduk, mungkin si dokter merasa tidak nyaman kalau harus memeriksa dan menambal gigi atas. Akhirnya, disepakati apa yang kita sebut “win win solution”, saya harus pindah ke ruang operasi dan tiduran di kasur. Si dokter bisa lebih nyaman memeriksa gigi atas saya dan sayapun bisa ngantuk dan nyaris ketiduran menunggu dokter datang memeriksa.

Kelelahan, Letih Lemah Dan Lesu
Grilled Steak With Garnish
Makan Terus

Sebulan lalu saya baru pulang bepergian dari Belanda. Hampir dua minggu disana saya nyaris tak pernah istirahat. Berhubung saya disana sewa mobil maka saya selalu yang bertugas sebagai sopir. Setelah tiba kembali di Kuwait, saya merasa nggak enak badan, lesu, letih dan lemah. Langsung saya ke rumah sakit. Setelah darah diperiksa, langsung dokter meminta saya untuk menginap di rumah sakit dengan alasan agar pemeriksaan bisa lebih teliti. Dokter mengatakan bahwa Hemoglobin saya turun dan saya harus diinfus untuk menambah Iron. Kalau di kampung, saya cuma diberi resep untuk beli Tonikum, Sakatonik Liver dan disarankan banyak makan hati ayam. Saya tidak tahu sama sekali tentang kesehatan maka setuju saja ketika disuruh menginap dirumah sakit. Pada saat saya menginap di rumah sakit dan diinfus Iron inilah saya baru tahu keadaan rumah sakit pada saat jam besuk di Kuwait yang sebenarnya.

Grilled Garlic Chicken
Besok Apa Ya Menunya

Suasananya sangat ramai dan bisa saya katakan seperti pasar ikan, pasar sapi atau pasar onta. Dari cicit, cucu, anak, menantu dan kakek semua datang bersamaan. Pengunjung tidak tertib dengan jam besuk. Kalau waktu besuk habis dan pengunjung belum pulang juga maka tanpa ba, bi dan bu lampu langsung dimatikan. Alasannya pasien harus tidur dan istirahat. Saat besuk, pengunjung membawa berbagai macam barang dari rumah seperti layaknya kalau kita mau berangkat wisata. Ada yang bawa termos, teko arab dan gelas gelas kecil berisi kahwa (kopi arab) lengkap dengan kurma dan berbagai macam kue arab. Saya kira buat pasien tetapi ternyata buat minum minum siapapun yang lewat atau datang membesuk. Itulah sebabnya kenapa suami saya sering menyapa mereka, maksudnya biar diberi kahwa hangat. Sambil lesehan rasanya gayeng sekali bisa bercengkerama sambil minum kahwa hangat dan makan kurma.

Saat Transfusi Zat Besi
Iron Woman Menginap Di RS

Saya sebenarnya menginap dirumah sakit cuma sehari saja, tetapi setiap hari harus datang ke rumah sakit untuk diperiksa dan diinfus Iron kembali. Ada yang lain saat saya mondar mandir ke rumah sakit di Kuwait ini,. Begitu datang langsung saya diminta memilih makanan dari menu yang disodorkan perawat. “Madame, makan yang banyak biar hemoglobin cepat naik kembali”. Langsung saja saya pilih Grilled Steak dari menu yang disodorkan. Hari kedua Grilled Garlic Chicken dan hari berikutnya saya coba menu kelas berat lain. Tidak lupa pesan juga soup, ice cream dan berbagai makanan yang tercantum dalam menu. Pokoknya semua harus saya coba. Tetapi astaga, berat saya langsung nambah 3 kilogram hanya dalam waktu seminggu saja. Dokter bilang saya bisa obesitas kalau terlalu lama di rumah sakit. Gimana lagi, soal makan saya memang doyan….

 
Baca Juga :

2 responses to “Semalam Dirumah Sakit Kuwait

  1. knapa dokter banyak bikin iklan? emang disana dokter gak laku? atau emang semua jasa profesi harus bikin iklan..

    menu makanan di RS nya enak enak semuaa..kaya di resto yah? pantesan sampe naek 3 kg! haha

    • Di Kuwait rumah sakit pemerintah gratis, hanya bayar biaya administratif saja saat pendaftaran. Sehingga rumah sakit swasta harus mengiklankan dokter dokter ahlinya kalau mau dapat pasien. Nggak gratis kalau di rs swasta. Nggak mungkin bersaing dengan rs pemerintah yang gratis tanpa menonjolkan kelebihan rs lainnya seperti dokter spesialis, fasilitas rumah sakit dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s