Ngemut Simit Di Turki


Simit Asli Istanbul Turki
Seperti Donat Tetapi Kok Besar Sekali
Wong Ndeso
Mencoba Simit
Dibandingkan dengan orang Indonesia, orang Turki memang terlihat lebih besar dan gagah. Perawakan dan raut wajahnya merupakan percampuran antara Arab dan Eropa. Turki memang satu satunya negara yang wilayahnya separuh berada di Asia dan separuhnya lagi di Eropa. Soal ukuran badannya yang besar tadi, sebenarnya sejak awal saya sudah mengetahui dari melihat makanan tradisionalnya yang bernama Simit. Bentuknya seperti Donat, tetapi ukurannya sangat besar dengan lubang ditengah yang juga besar. Kira kira tangan orang dewasa Indonesia bisa masuk dan sangat menarik kalau dijadikan gelang tangan.
.
Simit Mewah Dijual Di Mall
Siapapun yang pertama kali melihat Simit dan menyaksikan cara menjualnya pasti tertarik untuk membeli. Ada yang dijual menggunakan kereta dorong, ada juga yang dijajakan dengan nampan besar dan diletakkan di kepala tetapi ada juga yang dimasukkan kedalam tongkat kayu sampai tinggi sekali. Alun alun didepan Aya Sophia dan Blue Mosque Istanbul merupakan salah satu tempat para pedagang menjajakan Simit kepada para turis. Tetapi, kalau ingin membeli Simit untuk dijadikan oleh oleh, juga tidak terlalu repot. Banyak sekali toko Simit di Istanbul, dan namanya Simit Sarayi (Istana Simit), ada juga yang bernama Simit Firini (Simit Dari Oven) dll.
.
Toko Oleh Oleh Simit Sarayi, Artinya :
Istana Simit
Photo : Internet (Unknown)

Soal rasa, hmm manis manis asin dan mirip dengan kulit Onde Onde karena ditaburi biji wijen. Sayangnya, kalau digigit, rasanya tidak seempuk Donat bahkan terasa sangat keras sekali. Tetapi bagi saya terasa luar biasa dan merupakan pengalaman yang lain daripada yang lain. Saat udara dingin dan sejuk seperti ini, ngemut Simit sepanjang jalan terasa nikmat sekali. Inilah pengalaman saya wisata sambil ngemut sepanjang jalan di Turki. Benar benar Kelas Dunia …..meskipun gigi sudah mulai ada yang ompong.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s