St Basil Cathedral Dan Masjid KW-1


Yang KW-1
Masjid An Nurumi
Yang ‘Ori’
St Basil Cathedral

Yang ‘Ori‘ terletak jauh di belahan bumi bagian utara, yaitu di Moscow, Rusia. Siapa yang tidak tahu St Basil Cathedral di Moscow, Rusia. Cathedral mungil di Red Square ini adalah simbol kota Moscow yang selalu muncul di brosur brosur pariwisata dan juga televisi. Rasanya tidak ada satupun wisatawan yang datang ke Moscow tanpa mengunjungi cathedral unik warna warni kebanggaan Rusia ini, termasuk saya sendiri. Tetapi, saya cukup terkejut saat jalan jalan ke Yogya beberapa waktu lalu. Harap maklum, sejak saya tinggal di Kuwait saya jarang sekali ke Yogya dan sekitarnya. Rupanya orang Indonesia cukup kreatif dengan membuat bangunan sejenis dengan kwalitas ‘KW-1‘ dan dijiplak bulat bulat sejak tahun 2005.

RM Mbok Berek
Di Depan Masjid An Nurumi

Di Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di desa Candisari,  dipinggir jalan Yogya – Solo juga terdapat bangunan sejenis dengan kwalitas ‘KW-1‘ yang juga sama uniknya dan juga membuat turis berhenti dan berphoto photoan. Bangunan mirip St Basil Cathedral ini sama mungilnya, bedanya yang di Yogya ini ternyata sebuah Masjid dan bernama An Nurumi. Turis turis asing yang sebenarnya dalam perjalanan dari Yogya menuju Prambanan semuanya tersenyum lebar saat berphoto ria didepan masjid. Saya sempat nguping penjelasan tour guide yang mendampingi para turis tersebut. “Di Indonesia semuanya ada, mulai St Basil sampai Eiffel Tower ada“, sambil tangannya menunjuk tiang listrik tegangan tinggi di kejauhan.

100 % ORI
Dingin Sekali Moscow, Beda Dengan Di Yogya
Masjid KW-1Dari Belakang

Para turis asing tersebut juga gaduhnya bukan main dan tertawa lebar saat berphoto dengan latar belakang masjid An Nurumi. Tersenyum tambah lebar saat seorang penduduk menyebut nama masjid tersebut dengan istilah ‘Candy Mosque‘ atau ‘Masjid Permen‘, mengingatkan mereka dengan nama yang hampir sama diucapkan oleh penduduk Moscow yaitu ‘Lollypop Cathedral‘. Tertawa lebih lebar lagi saat seorang penduduk menyebut masjid An Nurumi dengan nama ‘Masjid Kremlin‘ padahal letaknya di Red Square, sekitar 300 meter dari Kremlin. Hiburan dan canda segar para turis langsung senyap saat mereka menikmati ‘Ayam Goreng Mbok Berek‘ yang persis berada disamping Masjid. Inilah salah satu bentuk Islamisasi versi Indonesia yang bisa menghibur dan membuat tawa siapapun yang melewati desa Candisari Yogyakarta.
Baca Juga :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s