Denmark, Negeri Dongeng HC Andersen


ABG Denmark
Tokoh Komik HC Andersen
Putri Putri Dalam
Cerita HC Andersen

Saya tidak akan pernah lupa cerita anak anak HC Andersen. Saat masih kecil dulu, komik dan cerita Hans Christian Andersen memang selalu memenuhi rak buku dan tas sekolahku. Setelah saya dewasa dan saya kunjungi negara tempat kelahiran penulis dongeng terkenal tersebut saya baru tersadar bahwa Denmark memang benar benar mirip dengan cerita yang pernah saya baca puluhan tahun lalu. Busana tradisional untuk menyambut tamu dan wisatawan serasa mengembalikan angan angan ke masa kanak kanak saya,

Menyambut Tamu Dengan
Kostum Negeri Dongeng

Hans Christian Andersen atau sering disebut juga HC Andersen dilahirkan di kawasan kumuh Odense, Denmark bagian Selatan pada tahun 1805. Kehidupan masa kecilnya bagaikan dongeng yang sering diceritakan, yaitu orang tua yang miskin (tukang sepatu) dan ibu seorang buruh cuci yang saat akhir hayatnya meninggal sebagai pemabuk. Tetapi, dari ibunya inilah si kecil HC Andersen diperkenalkan cerita cerita rakyat. Ditunjang oleh ayahnya yang pecinta sastra dan berhasil memberi warna dalam karya karya HC Andersen seperti ditulis dalam biografinya “The True Story Of My Life”. Saat ayahnya meninggal, HC Andersen memasuki masa masa sulitnya dengan berpindah ke ibukota Denmark, Kopenhagen dan berharap memulai karir sebagai aktor, penari atau penyanyi.

Cincin Untuk Sang
Pangeran

Pada saat saat sulitnya, HC Andersen mencoba sebagai penulis cerita sandiwara, tetapi ditolak dimana mana. Cerita berakhir dengan happy ending saat Hans muda bertemu dengan raja Denmark, Frederik VI dan sang raja bersedia menyekolahkan ke sekolah bahasa di Slagelse dan Elsinore. Sebelum sekolah, Hans muda menerbitkan karya pertamanya “The Ghost At Palnatoka’s Grave” (1822).  Dan kemudian, jalan hidup Hans muda berubah setelah itu. Itulah sebabnya cerita cerita karya HC Andersen selalu diakhiri dengan Happy Ending. Siapapun yang berkunjung ke Denmark, akan merasa seperti dituntun ke masa kanak kanak kembali. Cerita rakyatnya sudah kita kenal semua dan nostalgia masa kecil kita seperti mengalir begitu saja saat menyaksikan penduduk menyambut wisatawan dengan cerita cerita HC Andersen dengan kostum seperti dalam komik yang pernah kita baca saat masih kanak kanak dulu.

Tokoh Komik HC Andersen
Apa Ini Ya
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s