‘Backpacker’an Di Singapura


Changi Airport
Ngantuk Dan Bosen
MRT Dari Changi Ke Orchard
Transit – Bawa Koper

Mau Transit beberapa jam dan ‘Backpacker’an di Singapore ? Bisa dan gampang. Tidak wajib harus cari hotel kalau cuma transit semalam atau beberapa jam saja. Jangan lupa malam hari mengunjungi Mustafa Center kalau pesawat anda terbang keesokan hari. Tidak perlu Visa bagi pemegang passport Indonesia. Ada yang beda jauh antara Indonesia dan Singapore. Kalau di Indonesia, jangan harap anda bisa masuk Mall dengan membawa barang bawaan besar seperti koper. Baru nyampai didepan pintu saja sudah dicurigai, digeledah dan mungkin koper bawaan akan diminta untuk ditinggal di pos security atau tempat penitipan barang. Nasib baik saja kalau petugas Satpam yang memeriksa koper tidak menilpun ke Polisi  karena mencurigai adanya bom didalam koper yang kita bawa.

MRT Station
Stasiun Ini Diatas Tanah

Di Singapore sungguh berbeda, semuanya serba nyaman. Kita bawa koper besar dengan jumlah dan ukuran berapapun dengan bebasnya bisa keluar masuk kedalam Mall tanpa dicurigai sedikitpun oleh petugas keamanan. Jeprat jepret photo photoan didalam Mall juga tidak dilarang. Istirahat di tempat duduk yang ada disepanjang Orchard Road tengah malam juga tidak dilarang. Nongkrong direstaurant dan cafe yang buka semalam suntuk di kawasan Red Light Geylang juga sak karepmu. Tidak perlu minder atau merasa kecil hati sebagai ‘Wong Ndeso Kesasar’ dan tidak perlu juga malu merasa ‘Kere’ yang tidak sanggup sewa kamar hotel semalam saja. Banyak orang lain yang ‘kere’ dan ‘ndeso’  juga, kemana mana menarik kopernya baik didalam Mall maupun disepanjang jalan terkenal Orchard Road, Scott Road maupun Red Light District Geylang dan Balestier Road.

Gelap
Dibawah Tanah

Kenapa bisa senyaman itu di Singapore ? Karena stasiun pemberhentian MRT (Mass Rapid Transportation) dan LRT (Light Rapid Transportation) umumnya berada di basement sebuah Mall atau Pertokoan. Kalau kita ingin kepermukaan melihat udara segar, maka mau tidak mau harus melewati Mall atau pertokoan yang berada diatasnya..Turis turis transit dari Changi Airport banyak yang masuk ke kota dan shopping beberapa jam saja sebelum kembali ke airport untuk terbang kembali ke negara tujuan lain. Pada saat masuk kota inilah tampak sekali kopernya yang besar dan sesekali tampak duduk duduk di bangku bangku atau taman kota dan juga cafe atau restaurant.

Istirahat Di MRT Station
Pegel Deh…

Anda juga tidak perlu kuatir harus ngangkat koper anda yang berat karena jalanan tidak rata. Di Singapore, koper tinggal ditarik saja karena semua jalan rata dan memiliki fasilitas trotoar untuk pejalan kaki yang sangat baik. Mau ke Red Light District di Geylang tengah malam ? Sak karepmu, mau main Casino tengah malam di Marina Bay Sand atau Universal Studio Sentosa juga sak karepmu. Tetapi akan lebih bagus kalau belanja murah meriah di Mustafa Center di Little India. Toko ini buka 24 jam. Tapi awas, kalau weekend Sabtu dan Minggu lebih bagus jangan ke kawasan Little India ini. Semua orang India keluar rumah dan ada dimana mana dikawasan ini. Sopir taxi India  saja sebel kalau harus mengantar ketempat ini saat weekend apalagi saya. Tapi nggak ada salahnya kalau anda ingin melihat orang India joget joget di jalanan sambil mendengarkan lagu terkenal Kuch Kuch Hota Hai dari tape compo yang dibawanya. Monggo kalau mau ‘backpacker’an.

Baca Juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s