Salju Di Timur Tengah Yang Bikin Saya Ngakak


Ski Resort Tua Berdiri Tahun 1950an Kok Dikatakan
Salah Satu Tanda Tanda Kiamat Dan Gejala Pemanasan Global
Musim Dingin Tertutup Salju
Musim Panas Jadi Gurun Kembali

Kali ini saya ajak anda jalan jalan ke Laqlouq. Salah satu dari puluhan Ski Resort di Timur Tengah dimana sebagian besar Ustad, Wartawan, Blogger, Facebooker tidak mengetahui kalau di Timur Tengah bagian utara juga rutin turun salju saat musim dingin. Laglouq adalah salah satu ski resort di Lebanon yang sudah ada sejak 1958. Sangat tua sekali dan hanya Dinosaurus saja yang lebih tua dari Laqlouq. Ini bukan satu satunya ski resort di Middle East, ski resort lain di Lebanon cukup banyak dan pernah saya tulis dalam blog ini juga, misalnya  Faraya Mzaar Kfardebian The Cedars, Fakra, Qanat Bakich dan Zarour. Di Israel / Palestina ada juga ski resort besar bernama Mt Hermon. Di Syria juga ada seperti di Jebel Makdous dan Bludan. Ras Dashen di Ethiopia dan St Catherine di Sinai – Mesir. Paling Banyak adalah di Turki, ada 20 ski resort atau bahkan lebih.

 
Salju Yang Bikin Saya Ngakak
Dilihat Dari Kamar Hotel

Dari Beirut, jaraknya hanya sekitar 1jam 15 menit perjalanan dengan menggunakan mobil. Hampir sama jaraknya dengan ski resort Faraya Mzaar. Kalau anda dari Beirut kearah Byblos (Jbail) melalui Coastal Highway, maka anda akan menemui persimpangan kearah Faraya. Terus saja beberapa kilometer kearah Byblos (Jbail) maka akan terlihat persimpangan kearah Laqlouq. Lokasi tepatnya adalah antara Faraya Mzaar Ski Resort dan The Cedar Ski Resort. Ikuti saja  Anaya Street (Charbel Monestary), kalau terlihat Army checkpoint langsung belok kanan kearah Ihmij Village. Saya menggunakan GPS untuk menuju ketempat ski resort ini, sehingga kurang memperhatikan petunjuk arah di jalan, rasanya ada petunjuk jalan dengan tulisan besar menuju Laqlouq.

 
Nampang Dulu Di Gurun
Yang Tertutup Salju

Ketinggian Ski Resort Laqlouk antara 1750 – 2000 Meter dari permukaan air laut. Puncak tertinggi bernama Saidat Al Qarn peak dengan ketinggian 2300 meter. Silahkan naik keatas kalau anda penggemar Extreme Sport. Dibandingkan dengan Faraya Mzaar, ski resort ini lebih tenang dibanding Faraya Mzaar. Hotel juga cukup bagus dan yang dekat sekali dengan slope adalah Hotel Shangri-La dan Hotel Nirvana. Hotel Lavalade sekitar 3 menit menuju Slope dan Hotel Hafroun sekitar 10 menit. Tidak jauh sebenarnya, tetapi kalau jalan kaki rasanya bisa kepleset 7 kali menuju slope dan kalau ditengah jalan tiba tiba terjadi badai salju, kemungkinan besar anda akan mengkerut jadi patung salju ‘Snowman’. Hotel hotel kecil disebut chalets dan juga ada cukup banyak, sangat cocok untuk backpacker.

 
Salju Tebal
Kiamat Sudh Dekat

Saya hitung, ada 9 Ski Lift menuju puncak gunung. Ski lift untuk pemula sebanyak 4 lift dinamakan Baby Ski Lift padahal yang naik tidak ada sama sekali bayi malah lebih banyak jompo. Ski Lift untuk yang sudah mahir ada 5 termasuk lift menuju ke puncak dengan ketinggian 1950 meter dan terus terang saya lebih suka nonton extreme ski dari bawah daripada ikutan naik keatas. Obyek wisata disekitar ski resort ini cukup banyak juga, jauh lebih banyak dibanding restaurant. Saya sempat kelaparan berjam jam ditempat ini karena kebingungan cari restaurant nggak ketemu ketemu. Obyek wisata terdekat yang banyak dikunjungi turis diantaranya adalah Cave Of Afqa, The Abyss At Balou dan Annaya Village.

Keindahan Salju
Di Timur Tengah

Lain kali melalui blog ini juga akan saya ceritakan tempat tempat ski atau tempat bersalju lain di Timur Tengah dimana anda bisa bermain salju dengan sepuasnya. Akan saya ajak anda untuk menyaksikan salju di Jabal Katherina / St Catherine Sinai – Mesir, Ras Dashen – Ethiopia, Amman – Jordan,   Algeria, Libya dan negara lain di kawasan Mediterania. Silahkan baca tulisan dibawah ini sebagai hiburan dan menambah wawasan anda. Ternyata pak Ustad dan wartawan di tanah airpun bisa lucu menyikapi turunnya salju di Timur Tengah. Interpretasi dan keterbatasan pengtahuan ternyata bisa membuat kita tersenyum lebar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s