Dimana Paris Of Middle East


Raoche Rock Atau Pigeon Rock Beirut, Lebanon
Sayang Tidak Punya Cerita Legenda Seperti Di Indonesia
Salah Satu Sudut Kota Beirut
Jalan Sempit Mirip Paris
Banyak sekali kota yang mengaku mirip dengan Paris, tetapi beberapa kota yang saya kunjungi ternyata tidak ada kemiripan sama sekali. Tidak salah kalau saya selalu mengatakan ‘Semua Kota Ada Bedanya’. Sebut saja kota Bandung, kota ini pada jaman Belanda dulu sering disebut Paris Of Java. Tetapi sejak saya masih balita puluhan tahun lalu sampai saya dewasa sekarang dan sering membandingkan dengan Paris, rasanya tidak ada sama sekali kemiripannya. Bangunan gedung di Bandung hampir semuanya berarsitektur Belanda, sangat berbeda sekali dengan bangunan atau gedung di Paris yang umumnya bergaya gothic dengan jalan jalan kecil dan sempit. Udara kota Bandung yang dulu terkenal sejuk juga tidak bisa disamakan dengan kota Paris yang lebih sering panas dan pengap daripada sejuk. Kota Paris jauh dari gunung dan sama sekali berbeda dengan Bandung yang dikelilingi bukit dan gunung.
Kota Beirut
Tata Kota Peninggalan Perancis

Perhatikan kota kota yang sering dianggap mirip dengan Paris dibawah ini, menurut anda kota mana yang benar benar mirip Paris.

  • Paris Of The Orient – Shanghai & Saigon
  • Paris Of South America – Buenos Aires
  • Paris Of The Oceania – Melbourne
  • Paris Of Eastern Europe – Praque
  • Litle Paris – Bucharest
  • Paris Of The West – San Fransisco
  • Paris Of Java – Bandung
  • Paris Of Middle East – Beirut
  • Paris Of Kuwait – Fahaheel
Avenue Des Francais Beirut
Tempat Makan Sepanjang Jalan
Tetapi menurut saya, yang benar benar sangat mirip Paris adalah Beirut, ibukota Lebanon. Tingkat kemiripan kira kira hampir 80 %, sangat tinggi memang untuk sebuah kota yang jaraknya terpisah ribuan km. Di Kota Beirut ini jalan jalan sama sempitnya seperti jalan jalan dikota Paris. Papan nama toko, nama sekolah, nama jalan, nama bus, nama restaurant, Koran dan TV banyak yang berbahasa Perancis. Penduduknya sangat menguasai bahasa Perancis dengan baik sekali selain bahasa Arab. Gedung gedung pertokoan dan apartment juga memiliki design arsitektur yang relative sama dengan gedung di Paris. Kalau anda berphoto photoan di Beirut dengan latar belakang papan nama toko lalu anda upload ke facebook, saya jamin ‘Friend’ anda di facebook akan mengira anda di Paris. Apalagi, penduduk Lebanon umumnya sangat modis sekali dengan warna kulit dan rambut agak agak bule sedikit, sudah pasti photo yang anda upload di facebook akan kebanjiran ‘cap jempol’ JJJ

Corniche Beirut
Dari Kamar Raoche Arjaan Hotel

Kopi Hangat Baba Ali
Corniche Beirut
 Mari kita jalan jalan menyusuri Saint George Bay, Avenue Des Francais, Raoche Rock dan Avenue General De Gaule. Jalan jalan ini memanjang sepanjang pantai Laut Mediterania di kota Beirut. Trotoar disepanjang pantai ini merupakan tempat penduduk Beirut berkumpul setiap hari baik untuk sekedar olah raga, jogging, bersepeda atau sekedar jalan jalan melihat pemandangan laut yang indah. Sarana kota ini disebut juga Corniche Beirut dan panjangnya sekitar 5 Km. Disepanjang jalan ini banyak terdapat restaurant. Sama halnya dengan di Paris, hampir semua restaurant mempunyai meja dan kursi diluar gedung dangan payung atau tenda warna warni yang cantik. Yang menarik adalah pedagang kaki lima, penjual roti menggantungkan rotinya disepeda dan penjual kopi hangat menjajakan sambil membawa termos. Pagi hari yang cukup dingin terasa begitu hangat dengan secangkir capucino dari Baba Ali.
Paris Indian RestaurantDi Fahaheel Market
– Paris Of Kuwait –
Kalau Kuwait kira kira mirip tidak dengan Paris ? Tentu saja dengan bangga akan saya saya jawab “Ya”. Terutama Fahaheel, di daerah yang terkenal padat dan selalu ramai India karena adanya pasar Fahaheel ini anda anda akan dengan mudah menemui segala sesuatu yang berbau Paris, Contohnya Saloon Paris, Paris Cellular, Paris Computer Shop, Paris Aero Travel dan yang paling ngetop adalah Paris Indian Restaurant. Sayang, sebagian besar pengunjung dipasar ini tidak mirip sama sekali dengan penduduk Paris, memang kebanyakan tenaga kerja dan pedagang dari India. Inilah Paris Of Kuwait hee rasa India hee…..
Baca Juga :
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s