Idul Adha Di Kuwait


 

Kambing Yang Kurang Beruntung
Hanya Naik Pickup

Lain dengan di Indonesia, kalau di Indonesia hari raya Idul Adha terkesan biasa biasa saja dan yang meriah adalah hari raya Idul Fitri dan ditandai dengan mudik massal dari kota kota besar ke kampung halaman. Di Kuwait malah sebaliknya, hari raya Idul Fitri terkesan biasa biasa saja dan hari raya Idul Adha terasa lebih meriah. Beberpa hari menjelang hari raya Idul Adha, dengan mudah kita bisa menyaksikan kambing naik mobil !!!. Ada yang dinaikkan pickup bak terbuka tetapi banyak pula yang naik sedan atau mobil sejenis jeep. Saya tidak tahu pasti alasannya kenapa si kambing naik mobil bagus, mungkin si pemilik kambing tidak punya mobil pickup atau mungkin pula sedang memanjakan si kambing sebelum disembelih esok paginya.

Khotbah Idul Adha
Didalam Masjid

Sholat Ied di Kuwait tidak dilakukan di lapangan seperti di Indonesia tetapi cukup dilakukan di Masjid. Tidak semua masjid melaksanakan sholat ied tetapi hanya masjid masjid tertentu saja, tujuannya agar bisa berkumpul lebih banyak. Maklum, di Kuwait saat hari raya Idul Adha selalu libur panjang sehingga sebagian besar penduduknya banyak yang lari keluar negeri, terutama expatriate yang bekerja di Kuwait, sudah tentu akan memilih pulang ke negara masing masing kalau ada libur panjang. Penduduk asli Kuwait tentu juga banyak yang memanfaatkan libur panjang untuk wisata keluar negeri juga. Hal ini terasa dari sepinya jalan raya, mall dan juga pasar sejak beberapa hari lalu.

Yang Tersisa
Tidak Keluar Negeri Dan
Lebih Memilih Sholat Ied

Mengenai hari libur panjang ini disebaban karena adanya Hari Kejepit Nasional (Harpitnas). Di Kuwait Harpitnas ini secara resmi disebut sebagai Official Rest Day. Jadi tahun 2011 ini libur panjang Idul Adhanya sekitar 9 kalender days, hari Jumat & Sabtu (libur Weekend), minggu senin dan selasa (libur Idul Adha) dan rabu kamis (libur Official Rest Day) dan ditutup dengan jumat sabtu (libur weekend). Bagaimana kira kira pendapat anda, kalau ada libur resmi sampai 9 hari, pilih tetap di Kuwait, wisata keluar Kuwait atau pulang ke Indonesia ?. Sebagai tambahan informasi juga, libur panjang resmi di Kuwait biasanya 3 kali dalam setahun, yaitu Idul Fitri, Idul Adha dan Independence & Liberation Day bulan February.

Pulang Dari Sholat Ied
Sembelih Qurban Dimana ?

Pemotongan hewan Qurban di Kuwait tidak seheboh di Indonesia, beberapa masjid bahkan tidak tampak melakukan pemotongan hewan Qurban karena hewan Qurban disumbangkan langsung ke negara negara miskin seperti Somalia atau negara lain. Di beberapa tempat memang terlihat ada keluarga yang melakukan pemotongan kambing di halaman rumah atau di tanah kosong tidak jauh dari rumahnya, tetapi tampaknya hanya untuk syarat saja karena sumbangannya sudah terbang lebih dulu ke Somalia. Dan karena tidak ada satupun orang yang ngantri, tampaknya daging kambing hasil sembelihan hari ini untuk acara keluarga saja.

Suasana Pagi Sebelum
Sholat Ied, Sepi Dan Masjid
Tidak Penuh

Beberapa fakir miskin di Kuwait terutama pekerja kasar dan pendatang dari Bangladesh memang tampak ada yang berdiri berkelompok sekitar 4-6 orang didepan masjid dan juga rumah Kuwait. Tetapi saya perhatikan yang dibawa pulang bukan daging kambing tetapi berupa tas besar seragam dengan warna mencolok dan ada logo dan nama toko elektronik besar di Kuwait, mungkin berisi IPad, rice cooker atau microwave. Kambing Qurbannya sudah untuk fakir miskin di Somalia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s