Propinsi India Di Kuwait


Restauran India Suasana
Paris – Cukup Datang Saja
Ke  Fahaheel
Adakah wilayah India diluar batas negara India ? Jawabnya jelas ada. Di Singapore kita mengenal Little India tetapi di Kuwait sudah tidak bisa dinamakan ‘Little’ lagi karena saking banyaknya India yang tinggal dan mencari nafkah di Kuwait. Secara history, memang dari dulu warga India sudah menjelajahi seluruh wilayah teluk yang sekarang dikenal dengan nama GCC (Gulf Council Country). Tercatat, pada awal abad 20 mata uang yang dipakai sehari hari di Kuwait adalah Rupee. Baru pada tahun 1959 pemerintah India menerbitkan mata uang Gulf Rupee sebagai pengganti Rupee untuk peredaran diluar India. Pada saat itu mata uang Gulf Rupee di’peg’ terhadap British Pounds dengan konversi 13 % Gulf Rupee = 1 Pound.

 

Chennai Studio Lab
Lokasi Kuwait Rasa India
Setelah Kuwait Merdeka pada tahun 1961 baru mata uang Gulf Rupee tersebut diganti dengan Kuwait Dinar (KD). Bahrain juga mengikuti mengubah menjadi Bahrain Dinar pada tahun 1965, kemudian muncul Qatar dan Dubai Riyal (Abu Dhabi masih memakai Bahrain Dinar saat itu). Dan terakhir Oman tidak mau ketinggalan mengubah Gulf Rupee menjadi Oman Riyal (OMR) pada tahun 1970.

 

Iklan Kursus Bahasa Inggris IELTS
Primavera sampai Sharing Apartment
Semua ada

Sisa sisa sejarah ini masih banyak terlihat di Kuwait dan anda bisa melihat pada gambar gambar disamping. Mulai restaurant, studio photo sampai tempat tempat khusus dimana sebagian besar warga India berkumpul, becengkerama atau bersenda gurau. Komunitas India di Kuwait memang luar biasa besar, mulai dari tukang sapu jalanan, sopir taxi, mechanic, engineer sampai Direktur Travel Biro, Restaurant atau Hotel semua ada.

Mau Yang Ngganteng Seperti
Sharukh Khan Juga Ada

Dan yang menarik, banyak diantara warga India ini yang ulet sekali. Siang hari kerja, sore jual handphone di pasar Fahaheel dan diapartmentnya buka tempat kursus. Kursusnya macam macam, mulai ngajari bahasa Inggris bersertifikat IELTS, Bimbingan Belajar untuk anak sekolah sampai kursus komputer. Andalan kursusnya adalah PRIMAVERA, sebuah software India untuk project management yang jadi kebanggaan seluruh warga India di Kuwait. Dari sekian banyak iklan yang ditempel ditembok ada yang benar benar menarik perhatian saya yaitu ‘Sharing Apartment’. Penting saya sampaikan berita ini, siapa tahu ada pembaca blog yang ingin selingkuh dengan India, cari saja iklannya di tembok tembok dekat halte bus atau di pasar Fahaheel.

Baca Juga :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s