Ngajari Arab Wawasan Nusantara


Ikut Mengantar Saat Ada
Yang Pulang Ke Indonesia
Di Airport

Kalau anda baca koran koran di Indonesia saat ini, terutama setelah kasus hukuman pancung terhadap Ruyati di Arab Saudi, tentu anda akan terbawa emosi dan ikut terprovokasi oleh berita berita di Indonesia tersebut. Percayalah, berita berita di Indonesia sudah diputar balik sedemikian rupa sehingga seorang kriminal bisa berubah jadi pahlawan dan juga sebaliknya. Setuju atau tidak dengan pendapat saya, yang jelas apapun alasannya saya tidak akan berpihak pada seorang kriminal.

Makan Malam Saat Menginap
Di Rumahku Ber Hari Hari

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishaash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba dan wanita dengan wanita. Maka barang siapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barang siapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih. (Al-Baqarah:178).

Di Airport Mengantar
Seorang Kawan Pulang
Mudik Ke Indonesia

Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barang siapa dibunuh secara lalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. (Al-Israa:33).

 

 

Bawa Makanan Arab
Untuk Dimakan Bersama

Terlepas dari kejadian diatas, selama ini kehidupan bertetangga saya dengan penduduk Arab khususnya Kuwaitis selama ini baik baik saja. Mereka seperti layaknya kita semua, setiap pagi kalau bertemu juga mengucapkan salam, tersenyum dan berbasa basi sebisanya dengan keramahan khas Arab. Mereka juga menghargai kita seperti mereka menghargai keluarganya sendiri. Budaya mereka memang sangat berbeda dengan kita, jadi tergantung kita sendiri apakah bisa beradaptasi dengan budaya dan kebiasaan mereka atau tidak. Jadi, jangan percaya berita berita konfrontatif dan cenderung mencari permusuhan seperti yang banyak diberitakan di Indonesia.

Masak Masakan Di Rumahku

Seringkali, rumah saya di Kuwait kedatangan tamu tamu istimewa para remaja Kuwait. Terkadang mereka menginap dirumah kita sampai berhari hari. Artinya, orang tua mereka benar benar percaya terhadap kita seperti kita sendiri mempercayainya. Menurut saya, hal ini sangat luar biasa karena sangat bertolak belakang dengan berita berita yang selama ini banyak saya dengar tentang orang Arab dari koran di Indonesia sebelumnya. Saat mereka datang kerumah seperti inilah biasanya saya bisa mengerti budaya mereka dengan baik dan juga saya bisa menanamkan Pancasila dan sedikit tentang Wawasan Nusantara.

Belajar Masak
Masakan Indonesia

Oleh karena itu, mereka juga begitu gembira dan senang mengerti kebiasaan orang Indonesia. Contohnya, mereka ikut mengantar ke airport kalau ada orang Indonesia pulang ke tanah air. Mereka juga susah payah mengikuti kebiasaan kita makan, yaitu menggigit krupuk setiap satu sendok nasi masuk kemulut. Mereka juga mencoba memasukkan nasi putih kedalam kuah soto karena kebiasaan mereka masakan berkuah (soup) selalu dimakan tanpa nasi sebelum makanan utama (main dishes).

Habibie…. Habibie….Habibie…

Akhirnya, liburan summer 2011 ini, sebagian dari mereka ada juga yang mengajak orang tuanya ke Bali dan Yogyakarta dengan tujuan satu saja, ingin makan dengan kerupuk di tempat aslinya Indonesia. Tidak lupa saya beritahu juga beberapa menu favorit  masyarakat Indonesia yang layak dicoba oleh orang Kuwait, yaitu Gulai Jengkol dan Sambal Pete. Biar tahu aroma khas jengkol dan pete khas kamar mandi Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s