Mirip Ariel, Mirip Gayus Dan Kali Ini Mirip Koko


Di Indonesia beberapa waktu lalu heboh tentang photo dan Video Mirip Ariel, Mirip Gayus dan juga ada berita Ditemukan Sesuatu Mirip Bom Di …. dan lain lain berita dengan judul dengan kata ‘Mirip….’. Kali ini ada juga yang menarik untuk diceritakan yaitu Mirip Baju Koko. Kita di Indonesia sering kemana mana memakai baju Koko, terutama ke Masjid, sebenarnya dari mana asal muasal Baju Koko ini ? Ada yang mengatakan baju Koko yang sering kita pakai awal mulanya dari China., tetapi ada pula yang mengatakan asli Indonesia Nah, cerita tentang baju ‘Mirip’ Koko dibawah ini saya dapatkan dari Russia.  Secara tidak sengaja saya menemukan baju ‘Mirip Koko’ di sebuah salon sekaligus studio photo ketika sedang jalan jalan di St Petersburg. Lokasi tepatnya jelas tidak tahu lagi, lha wong namanya kebetulan nemu saat blusak blusuk kampung di St Petersburg.

Kosovorotka

Inilah baju ‘Mirip Koko’ yang saya maksud. Kosovorotka adalah baju tradisional Russia berlengan panjang yang biasa dipakai para petani laki laki. Tidak ada kancing baju dan kerah baju dan relatif sama dengan baju koko yang kita kenal di Indonesia. Bedanya belahan kerah untuk memudahkan kita memakai tidak terletak ditengah tetapi disamping kiri atau kanan. Warnanya juga tidak terlalu beraneka ragam dan sebagian besar berwarna dasar kalem, seperti putih, coklat muda, kuning muda atau yang lainnya. Renda ada di kerah baju dan ujung lengan panjang saja. Dipinggang selalu diikatkan tali, bukan untuk mencegah celana mlorot tetapi sebagai hiasan saja. Leo Tolstoy dulu paling senang memakai baju tradisional ini sehingga orang Russia sekarang juga menyebut baju ini dengan nama Toltovska.

Lepti

Pasangan baju Koko Russia diatas adalah Lepti. Lepti adalah Sepatu tradisional asli Rusia. Sepatu ini sangat unik dan menarik karena terbuat dari anyaman tanaman (Linden Tree atau Birch Tree, pohon apa pula ini, belum pernah saya jumpai di Indonesia), semacam bahan tikar kalau di Indonesia. Biar tidak lepas sepatu diikatkan di kaki dengan tali yang juga terbuat dari tanaman yang dipelintir pelintir. Ukuran sepatu sedikit lebih besar dari ukuran kaki agar tidak lecet.

Sarafan

Gaun wanita pendamping baju Mirip Koko Russia bernama Sarafan. Sarafan ini adalah gaun tradisional Russia yang sangat berwarna warni dan benar benar berwarna ngejreng. Melihat warnanya saja kita sudah terkagum kagum dan karena gaun tradisional ini pula maka saya berhenti ke salon dan studio photo yang kebetulan saya temui saat melintas didepannya. Meskipun pegawai salon dan photo semuanya hanya ngerti bahasa Russia saja, saya cukup mengerti apa yang dijelaskan saat saya tanya, memegang dan mengagumi pakaian tradisonalnya. Keramahan Russia yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya.

Ah masih banyak lagi nama nama asssories pendamping baju Koko Russia yang tidak saya pahami, seperti Ushanka (topi bulu beruang kutub), Valenki (Sepatu boot bulu beruang kutub) dan lain lain. Nggak kebayang deh, kalau baju Mirip Koko dari Russia dan pakaian pakaian ngejreng ini saya beli dan saya pakai sekeluarga di Indonesia, kira kira berapa ratus anak anak yang akan mengikuti saya. Dari atap Monaspun rasanya dengan mudah mengenali kita kalau kita memakai pakaian seperti ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s