Bruparck, Heysel Belgia


Mungkin pembaca blog ini banyak yang tidak tahu atau bahkan tidak pernah dengar sama sekali nama Bruparck. Ini adalah sebuah Theme Park yang terletak di sebelah utara kota Brussel, Belgia. Tetapi kalau saya menyebut Heysel, anda pasti mengetahui, paling tidak akan teringat Tragedi Heysel Stadium tahun 1985. Sebenarnya Bruparck ini adalah sebuah komplek tempat hiburan terletak disebelah kiri belakang Heysel Stadium yang terdiri dari Mini Europe, Oceade, Kinepolis, The Village dan Planetarium. Terletak di Heysel Area dengan Stadion Heysel sebagai pusat keramaian dan Atomium sebagai symbol kota yang terletak tidak jauh dari Bruparck dan Heysel Stadium (Sekarang namanya King Baudoin Stadium).

Heysel Stadium (King Baudoin Stadium)

Dibangun tahun 1930, tahun 1946 diberi nama Heysel Stadium, tahun 1985 terjadi tragedi Heysel dan direnovasi tahun 2006 dan sekarang bernama King Baudoin Stadium. Semua nama yang mengingatkan tragedi Heysel pelan pelan ditinggalkan dan ganti dengan nama baru untuk membuang sial. Tragedi Stadion Heysel terjadi pada saat Final European Cup tanggal 29 May 1985 antara Liverpool (Inggris) dan Juventus (Italy). 39 orang mati, 32 diantaranya suporter Juventus dan 600 orang luka berat dan ringan karena kerusuhan antar supporter yang menyebabkan tribun penonton runtuh. Sejak kejadian ini, stadion Heysel direnovasi dan namanya diubah menjadi King Baudouin Stadium. Hiii, katanya angker……

Atomium

Merupakan menara symbol kota Brusell peninggalan Expo 1958. Jauh lebih tua dari umur saya tetapi tampak kinclong karena telah direnovasi tahun 2004. Terdiri dari 9 bola atom yang saling terhubung dengan diameter bola sekitar 18 meter dan bola teratas dengan ketinggian 102 meter untuk melihat panorama sekitar. Escalato menuju bola atom teratas cukup bagus dan menarik untuk dicoba. Designernya Andre Waterkeys. Semula bangunan ini hanya mau dipasang selama 6 bulan saja untuk keperluan Expo 58 (Brussel World ‘s Fair), tetapi karena saat itu dianggap sebagai  symbol arsitektur modern, world fair dan kota Brussel sendiri maka dipermanentkan sampai sekarang.

Mini Europe

Taman mini berisi bangunan bangunan terkenal seluruh Eropa ini terletak hanya beberapa meter saja dibawah Atomium. Mulai dari simulasi gunung Vesuvius yang meletus lengkap dngan suara gemuruhnya, tembok Berlin, gondola Venesia, menara Pisa sampai menara Eiffel semua ada miniaturenya disini. Total ada 350 bangunan miniatur dari 80 kota di seluruh Eropa. Lumayan, nggak perlu buang waktu keliling seluruh kota di Eropa sudah bisa berphoto ria di gedung gedung terkenal. Tentu saja kalau photonya kurang ahli seperti saya akan terasa aneh, misalnya photo Acropolis Athena tetapi latar belakangnya Atomium Belgia. Atau photo gedung City Hall Stockholm di Swedia backgroundnya bendera Mini Europe dan gedung dari negara lain. Baca : Bul Kibal Kibul Belgia

Oceade

Pingin berenang dan main main air seperti di Gelanggng Samudra Ancol, masuk saja ke Oceade. Tidak ada yang aneh ditempat ini, meluncur di plorotan dari ketinggian juga ada, tetapi rasanya plorotan di Indonesia jauh lebih besar dan ramai dari Oceade. Memang sempat terpikir untuk mandi dulu ditempat ini karena saya berangkat dari Den Haag Belanda terlalu pagi dan belum sempat mandi. Satu jam perjalanan dengan mobil belum cukup membuat badan berkeringat apalagi udara cukup bersahabat, sekitar 17 Celcius. Jadi, buat apa buang waktu hanya untuk mandi ditempat hiburan yang tidak terlalu besar ini.

The Village

Namanya saja yang artinya ‘ndeso’ tetapi sebenarnya cuma restaurant, cafe dan tempat belanja doang. Tidak ada sedikitpun suasana ‘ndeso’, semuanya bangunan baru dan rumah maka modern seperti halnya di Food Court dimanapun juga. Rumah makan Fast Food, restaurant diudara terbuka, berbagai macam cafe atau toko souvenir ada ditempat ini. Cukup saya beli secangkir kopi Starbuck untuk penghangat badan saja ditempat ini. Anak anak tidak boleh minum kopi karena mengandung cafeine, bapaknya juga saya larang karena terlalu sering minum kopi, lagipula di mobil banyak air mineral yang saya siapkan untuk perjalanan dari Den Haag ke Belgia ini.

Kinepolis

Komplek Gedung bioskop yang terdiri dari 25 cinema dan tercatat sebagai Megaplex pertama di dunia. Saking banyaknya maka semua jenis film diputar setiap harinya. Film klasik jaman baheula, film anak anak sampai film yang lagi ngetop saat ini bisa disaksikan ditempat ini. Saya kurang jelas, film diputar atau tidak kalau penontonnya cuma satu orang saja karena saya mondar mandir berkali kali ditempat ini yang saya jumpai cuma petugas tiket yang sedang menunggu calon penonton saja. Orang yang terlihat disini semuanya sama seperti saya, mondar mandir nonton gambar tetapi tidak punya pikiran untuk nonton sama sekali. Ditanggung bangkrut deh semua pengusaha Belgia kalau semua orang seperti saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s