Cari Apartment Di Kuwait


Pertama kali datang di Kuwait, sudah tentu semua akomodasi masih menggunakan akomodasi yang disiapkan oleh perusahaan pemberi kerja. Bisa di Guest House, Hotel atau semacamnya tergantung besar atau kecil perusahaan pemberi kerja. Tetapi tidak akan lama, paling banter sebulan kita sudah akan diusir untuk pindah ke akomodasi yang permanen. Kalau perusahaan memiliki housing camp, berarti aman karena urusan pindah akan dibantu oleh perusahaan. Tetapi kalau perusahaan tidak memiliki housing camp maka kita harus mencari sendiri rumah atau apartment yang sesuai dengan keinginan kita dan juga budget yang diberi perusahaan.

Perasaan dan pikiran kita akan ‘blank’ kalau kita tidak punya kenalan untuk bersama sama mencari rumah atau apartment dan juga mencari informai rumah dan apartment yang kosong, tetapi sebulan berada di akomodasi yang disediakan perusahaan rasanya sudah cukup untuk menjelajah seluruh penjuru Kuwait untuk mencari rumah atau apartment. Masalah jadi tambah rumit karena bulan pertama kedatangan kita masih jalan kaki kemana mana dan waktu untuk mencari info rumah dan apartment kosong terbatas hanya waktu setelah pulang kerja dan weekend (Jumat dan Sabtu) saja.

Sebenarnya cari rumah atau apartment kosong untuk kita sewa di Kuwait tidak begitu rumit, yang sulit adalah menyesuaikan dengan budget kita. Ada banyak pilihan rumah dan apartment mulai yang Full Furnished, Semi Furnished dan Non Furnished. Jumlah kamar dan lokasi sangat menentukan sekali mahal atau tidaknya apartment. Saya tidak akan mengatakan mana yang mahal dan mana yang murah kerena penilaian seperti ini sangat relatif, kalau saya mengatakan mahal bisa jadi anda menganggap murah atau sebaliknya. Dibawah ini beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk survive pertama kali di Kuwait.

  • Setiap gedung apartment atau rumah sewa selalu ada penjaganya dari berbagai macam negara (biasa dipanggil Harris). Tanya saja ada nggak yang kosong, kalau ada silahkan melihat dan kalau cocok maka anda akan diajak ke pemilik rumah atau apartment untuk tanda tangan sewa setahun dan bisa dibayar bulanan. Namanya saja penjaga rumah/apartment, jadi ada yang wajahnya angker sekali, ada yang sangat sopan dan ada juga yang cuek bebek. Nikmati saja pengalaman ketemu Satpam international semacam ini.
  • Calo rumah / apartment sangat banyak di Kuwait, kebanyakan orang Mesir atau Arab Bedouin. Tidak perlu pusing mencari calo calo ini karena kalau anda keluar masuk gedung apartment beberapa kali saja maka selalu saja ada yang memberi tahu nomor telpon calo calo semacam ini. Awas, tidak gratis. Kalau anda cocok maka anda harus bayar 50 % dari harga sewa bulanan. Misalkan harga sewa per bulan KD 350 maka biaya calonya KD 175 atau sekitar Rp 5 Juta.
  • Cari rumah / apartment melalui iklan di koran lokal. Koran lokal yang berbahasa Inggris dan banyak iklan sewa rumah / apartment adalah Arab Times. Tetapi umumnya harga sewa perbulan rumah dan apartment yang dipampangkan di koran sangat mahal dan kebanyakan luxury apartment meskipun ada juga yang tarif sewanya normal. Umumnya yang pasang iklan di koran adalah perusahaan jasa sewa menyewa rumah / apartment.
  • Cari di internet. Banyak website untuk urusan sewa menyewa rumah salah satunya adalah http://www.expatriates.com/ atau http://www.justlanded.com/. Tapi sayangnya expatriates.com sekarang ini di’ban’ atau ditutup oleh pemerintah Kuwait karena sering ada yang ngawur pasang iklan jual beli Viagra, alat bantu sex dan juga jasa pijat dengan tenaga kerja yang cantik dan semlohe. Umumnya yang pasang iklan adalah perorangan alias calo juga. Jadi siapkan dana 50 % dari harga sewa bulanan rumah / apartment untuk si calo.
  • Yang paling sempurna adalah kalau ada informasi dari kawan apalagi kalau kawan tadi punya kendaraan dan bersedia menolong untuk putar putar mencari rumah / apartment. Rumah / apartment kosong mudah dilihat karena selalu dipasangi baliho atau banner besar ‘Apartment For Rent’ lengkap dengan nomor telpon yang bisa dihubungi. Kalau beruntung, anda bisa langsung komunikasi dengan pemilik nomor telpon biasanya Harris, si penjaga apartment dengan bahasa Inggris. Tetapi seringkali ‘Harris’nya hanya ngerti bahasa Arab, Urdu atau Hindi tergantung kebangsaan si Harris.

Perlu diicatat, untuk yang ingin sharing apartment (membujang di Kuwait), biasanya pemilik apartment hanya mengijinkan dua orang per apartment. Perlu negosiasi khusus kalau mau diisi lebih dari 2 orang biasanya yang dijadikan alasan adalah jumlah kamar, semakin banyak kamar maka bisa diisi banyak orang. Katakan diawal jumlah penghuni yang nanti akan menempati, terutama kalau anda bawa anak anak yang masih suka lari kesana kemari. Lebih baik kita sampaikan diawal daripada nanti jadi masalah kalau penghuni lain merasa terganggu dan selalu komplain ke pemilik rumah / apartment.

Tarif sewa apartment sangat bervariasi mulai yang termurah KD 35 (sekitar Rp 1000.000) per kepala pokoknya asal bisa tidur rame rame di apartment model barak tentara sampai yang full furnished dan luxury apartment seharga KD 1500 perbulan semuanya tinggal pilih. Untuk rumah (di Kuwait namanya Villa) umumny disewakan per lantai dan lantai dasar sedikit lebih mahal dibanding lantai atas. Taripnya juga bervariasi mulai dari KD 300 (Rp 9 Juta) per lantai sampai KD 3000 (sekitar Rp 90 Juta) per bulan semuanya ada, tinggal pilih dan sesuaikan dengan budget masing masing.

Baca Juga :

Advertisements

2 responses to “Cari Apartment Di Kuwait

  1. Bagus Banget , :)Makasih

  2. Hai mbak, mas, salam kenal.
    Gambar yang jadi ilustrasi artikel ratenya berapaan? Spy ada gambaran.
    Lalu apa bisa dijelaskan, akomodasi mendapat allowance dari perusahaan? terimakasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s