Jentat Jentit Naik Velib


Velib singkatan dari Velo yang berarti sepeda dan Liberte yang kira kira berarti bebas merdeka. Maksudnya adalah sepeda yang bisa kita pinjam dan pakai sesukanya kemana saja disegala penjuru Paris terutama kalau mau sehat dengan sedikit kaki pegel linu karena nggenjot sepanjang hari. Sepeda sewaan ini tersedia disetiap ujung jalan hampir disemua jalan di Paris terutama didaerah daerah keramaian dan daerah perbelanjaan. Parisian, demikian  orang Paris menyebut dirinya sendiri mengatakan bahwa tempat parkir sepeda ini namanya Station. Bisa dipakai oleh semua orang, baik penduduk Paris sendiri maupun turis yang ingin menikmati kota Paris dengan lebih bebas dan santai.

Ada ratusan Station dan ribuan sepeda yang bisa kita pakai jalan jalan di kota Paris ini. Dan perkiraan saya setiap 300 meter terdapat Station. Jika ingin sewa Velib ini, cukup datang ke station terdekat dan siapkan Credit Card anda karena semua station tidak ada yang jaga, yang ada cuma mesin untuk bayar deposit dengan credit card anda saja. Untuk pertama kali agak susah karena beberapa mesin yang saya kunjungi petunjuknya bahasa Perancis saja, orang Perancis rupanya alergi dengan bahasa tetangganya Inggris. Ada 3 pilihan berlangganan, 1 Day Ticket seharga EUR 1, 7 Days Ticket seharga EUR 5 atau annual Ticket seharga EUR 29. Pilih salah satu dan anda langsung bisa naik sepeda keliling kota.

Tiket yang keluar harap anda perhatikan nomornya karena nomor ini akan dipakai terus pada saat mengambil atau melepas kunci magnet sepeda dari station manapun. 30 menit pertama gratis, tetapi setelah itu perpanjangan 30 menit kedua akan dicharge EUR 1, dan 30 menit ketiga akan dicharge EUR 2 dan selanjutnya EUR 4 setiap 30 menit berikutnya. Anda bisa check balance atau sisa deposit kartu anda disetiap terminal dan kalau perlu isi ulang lagi. Kalau selesai tinggal kembalikan ke station dimanapun, pastikan kunci magnet sepeda benar benar menempel sebelum anda meninggalkan station karena kalau sampai tidak menempel dianggap sepeda tidak dikembalikan dan credit card anda akan didebet EUR 150.

Velib ini adalah salah satu cara untuk mengurangi kepadatan kota Paris yang baru diperkenalkan pada 15 July 2007. Semula cuma 10000 buah sepeda saja, tetapi karena benar benar sukses mengurangi kepadatan kota, maka walikota paris menambah jumlah sepeda menjadi 20000 buah dengan total station saat ini sekitar 1450 tempat. Setiap station bisa menampung sekitar 20-30 buah sepeda, susahnya pada saat mengembalikan sepeda kalau kebetulan tempat parkir menyandarkan sepeda sudah penuh, maka harus cari tempat lain yang kosong. Celakanya, tempat tempat yang strategis selalu penuh, akibatnya cari station yang agak jauh dan akhirnya kembali ke jalan kaki juga. Jadi, pegel nggenjot sepeda dan pegel jalan kaki karena station yang kosong terlalu jauh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s