Ke Turkey Dengan Visa On Arrival


Ini baru joss, mulai tanggal 26 Juni 2010 yang lalu pemegang passport Indonesia sudah bisa berkunjung ke Turkey dengan Visa On Arrival, demikian juga sebaliknya bagi warga Turkey yang mau berkunjung ke Indonesia juga tidak perlu rumit rumit, cukup berangkat dan visa bisa diproses di bandara kedatangan. Maksimum tinggal dengan Visa On Arrival ini adalah 30 hari. Persetujuan untuk membuka pintu kedua negara lebar lebar ini ditanda tangani oleh presiden Indonesia Susilo bambang Yudoyono dan presiden Turkey Abdullah Gul ini bertujuan untuk membuka seluas luasnya perdagangan dan pariwisata seperti yang ditulis dalam harian Hurriyet Daily News tanggal 29 Jun 2010.

Cukup menggembirakan, karena Turki terletak tidak terlalu jauh dari Kuwait dan merupakan tujuan wisata utama hampir sebagian besar penduduk Kuwait. Obyek wisata di Turki sangat banyak sekali, mulai dari ujung Antalya, Cappadocia, sampai Istanbul sangat bagus dan punya nilai sejarah tinggi. Yang sedang heboh sekarang adalah temuan kapal Nabi Nuh di gunung Ararat yang konon 99 % diakui kebenarannya.

Tetapi yang saya benar benar senang berkunjung ke Turki adalah bercampurnya budaya Asia dan Eropa, Bersalju dimusim dingin dan tidak sepanas Kuwait dimusim panas, dan banyaknya peninggalan sejarah Islam, Kristen, Romawi dan adanya bekas istana Constantinopel yang dulu saya ketahui hanya dari buku sejarah SD saja.

Ilustrasi yang ada ditulisan ini adalah bagian dalam Aya Sofya, sebuah bangunan bersejarah di Sultan Ahmet Istanbul yang benar benar mencatat sejarah pergantian kekuasaan mulai jamannya Byzantium, Constantinopel, Ottoman dan saat ini sebagai Museum. Awalnya adalah sebuah gereja tetapi kemudian sempat dijadikan Masjid sejalan dengan kejatuhan Constantinopel dan berkuasanya Usmaniyah (Ottoman). Baik lukisan lukisan kristen maupun tulisan tulisan ayat Quran didinding sampai saat ini masih terlihat dan dilestarikan. Yang membuat saya tertegun lama adalah saat melihat sebuah gentong air besar yang tampak sekali nilai sejarahnya karena pernah diubah ubah dari sekedar hiasan, pot bunga, dan sebagai padasan tempat air untuk berwudlu. Dan juga Mihrab menghadap Kiblat yang terletak diatas meja altar. Lihat gambar diatas.

Advertisements

90 responses to “Ke Turkey Dengan Visa On Arrival

  1. Dear Ardi,boleh tau ngak VoA ini syaratnya apa aja? Lebih aman mana, urus visa dr sini atau on arrival? Ada kemungkinan ditolak nggak?Dan ada persyaratan khusus misalnya harus muslim, dsb.Saya ada rencana ke Istanbul, tapi berhubung bukan muslim jadi agak takut ditolak. Mohon infonya yah..:)

  2. Syarat VOA sama saja dengan Visa kunjungan, misal bukti booking hotel di Turki, Tiket pulang pergi. Bawa juga pasphoto 4×6 kalau seandainya diminta. Visa tidak ada hubungannya dengan agama atau ras, jadi apapun ras dan agama anda tetap bisa masuk, kecuali untuk negara yang tidak punya hubungan diplomatik dengan Turki. Negara tertentu meminta Travel Insurance juga, setahu saya Turki belum minta travel insurance.

    • Hi Ardi,

      Maaf kalo boleh tanya lagi, apakah cukup dengan return ticket, photo, dan hotel booking? No such things like bank statement, letter from employer (menyatakan lagi cuti dsb), payslip..? Thanks.

      Rgds, Wahyu

      • Photo, bank statement, letter from employer tidak diperlukan untuk VOA Turki. Yang saya maksud adalah untuk jaga jaga saja dibawa. Sudah confirm banyak sekali kawan yang ke Turki beberapa hari lalu dan tidak pakai syarat apa apa. Hotel booking dan return ticket juga tidak ditanya. Bosen kalee….

  3. nanya dong, berapa jumlah uang minimal yg harus kita bawa jika ke Turki? minta rekening koran ato bukti tabungan gak?

  4. Di negara manapun tidak ada imigrasi yang menanyakan status keuangan kita. Yang ditanya cuma berapa hari kunjungan, menginap dimana dengan bukti booking hotel, tiket pulang ada atau tidak dengan bukti. Kadang kadang ditanya travel insurance tetapi sering kali tidak. Jadi, nggak usah bawa uang tunai juga bisa, cukup credit card atau cash card.

  5. kalo kita pake VOA, boleh diperpanjang tidak disana?
    ato gak ada niatan daftar univesitas disana tapi terjun langsung,
    baru klo dapet acceptance letter dr univ tsb saya lgsg apply visa study disana…
    itu bisa gk ya??

    gmna?

    • VOA hanya berlaku satu bulan saja dan untuk tujuan pariwisata, , belum pernah saya dengar ada VOA diperpanjang. Acceptance letter dari sekolah biasanya dikirim ke Indonesia dan stelah itu anda bisa proses Visa study di embassy Turkey di Indonesia. Coba datang ke embassy Turkey di Jakarta untuk minta Visa masuk, jangan pakai VOA, Visa imasuk normal ini umumnya berlaku 3 bulan.

  6. hello, apakah cuaca di turki dingin? seperti Istanbul, Cappadocia, CAnnakkale, ankara, dsb? kalo bersalju di daerah mana? thanks

    • Bulan Desember – February Turkey dingin sekali, Yang sebelah utara seperti Cappadocia – Ararat semuanya tertutup salju. Tempat bermain ski tidak terlalu jauh dari Cappadocia..

      NOTE : Semua Middle East antara bulan Desember – February sangat dingin, yang terkenal untuk permainan Ski dan saljunya dan pemandangan alamnya bagus adalah Lebanon selain Turkey.

  7. mau nanya,sy rencana ke turki desember iniuntuk liburan,tapi tinggalx di tempat teman di fethiye,bisa urus voa tanpa bukti booking hotel ya..??makasih infox..^^

  8. Bisa, selama ini cukup antre di loket VOA di airport, tunjukkan passport dan distamp setelah anda diphoto langsung. Mengenai menginap dimana tidak harus dengan menunjukkan bukti booking hotel asal anda tahu benar alamat dan nomor telpon tempat tinggal anda. Tiket kembali juga kadang ditanya dan kadang tidak. Dalam persyaratan VOA tidak ada aturan tertulis harus dengan bukti.

  9. mau tanya donk..
    Kalo kita diundang ke acara pernikahan di turki.. yang dibutuhin apa aja?
    trus kalo mau dapetin VOA perlu menghubungi kedutaan yg di jkt ngga? minimal kita mesti punya tabungan berapa?
    thanks yaa buat infonya 🙂

    • VOA diurus di airport Turki. Nggak perlu ke embassy Turki di Jakarta, anda cuma butuh tiket penerbangan saja.
      Bawa uang berapa ? ya terserah anda, nggak ada ketentuan harus bawa berapa. Yang jelas anda harus bisa pulang kembali ke Jakarta dan ada penginapan di Turki. Untuk VOA anda akan diphoto langsung di tempat (Airport Turki), biasanya ditanya menginap dimana dan dicheck tiket pulang kapan sebelum passport ditempeli stiker VOA atau distempel.

  10. aku mau nanya, aku rencana mau berangkat ke turki tp mendadak, rencana nya aku berangkat 11 februari… aku br pertama kali ke luar negeri, kalau k turki naik pesawat yg langsung turkish airline atau yg bgus dan murah yg gmn ya? mohon masukan dan bantuan nya ka :))

  11. Cari saja pesawat yang langsung ke Turki misal Turkish Airways. Transit Dubai juga bisa kalau ada tiket yang lebih murah (Emirates atau Etihad). Hati hati, ada beberapa negara yang mengharuskan punya Transit Visa meskipun hanya berhenti beberapa jam saja di airport karena harus pindah terminal, misal semua negara Schengen di Eropa.

  12. VOA ini berlaku sebaliknya? Dari Turki ke Indonesia juga..? atau cuma Indonesia ke Turki..?

    Kalo mau stay lama di Turki..kira2 butuh Visa yang gimana ya…? Karena saya rencana mo menikah dan tinggal di Turki…

    • VOA itu hanya untuk turis. Visa kunjungan maksimum 3 bulan. Kalau mau kerja ya jelas harus visa kerja. Anda harus minta surat dari perusahaan pemberi kerja agar bisa memproses residency visa dan ijin kerja. Tanyakan ke embassy langsung untuk visa residency.

  13. >Assalamualaikum, wr, wbMas Ardi..Aku slalu up date blog ini..luar biasa..dari mulai aku dapat Job Offer di Equate sampai sekarang sudah kerja 1 bulan di Equate…Rencanaku udah dapat Civil ID kuwait mau bawa keluarga dari Indo ke Kuwait…Istriku rencananya ingin wisata ke Turki..Untuk Visa On Arrival ke turki berlakunya sampai tahun kapan ya? takutnya sampe bandara turki visa on arrivalnya (VOA) sudah di cabut pemerintah, di imigrasi Bandara kuwait di syaratnya apa?

  14. >Sudah banyak rekan kita di Kuwait yang berangkat ke Turki dan mengurus VOA di Ataturk dan Sabiha Istanbul. VOA merupakan kerjasama bilateral dua negara untuk meningkatkan turisme dan perdagangan, jadi jangan kuatir, berangkat saja

  15. >Mas Ardi, kalau ke Turkinya lagi 'Iedul Fitri, sulit nggak ya boooking hotel (di Istanbul-nya). Dan, bisa nggak kita pakai booking on-line secara mendadak sesaat begitu tiba di Airport Istanbul. Atau kapan sebaiknya kita booking? Mungkin ada referensi Hotel mana di Istanbul yang murah tapi nyaman mas…

  16. >Hotel saya sarankan mencari di daerah Sultan Ahmet, tinggal jalan kaki ke Aya Sophia, Blue Mosque, Topkapi Palace, Grand Bazaar dll. Semua hotel diarea Sultan Ahmet umumnya kecil dan murah tapi bagus dan bersih. Kira kira setara Hotel Melati karena letaknya di kampung atau gang kecil.Silahkan memilih melalui Booking.Com

  17. >pak,saya rencana mau stay dan kerja di turki. kebetulan ada teman dsana. apa bisa hanya memakai voa ? atau hrs pakai visa kerja lagi ??

  18. >VOA untuk transit sementara, contohnya kunjungan wisata atau kunjungan keluarga. Bukan untuk kerja. itulah sebabnya masa berlakunya pendek.

  19. mau tanya..
    untuk ajukan visa turki di jakarta.. apa bisa tanpa copy tabungan??
    thx
    rosa amilia

    • Bisa On Arrival kenapa harus ribet ngurus di Jakarta ?. Langsung beli tiket dan terbang ke Turki dan urus VOA di Turki akan lebih baik. Tetapi kalau anda mau ribet, silahkan saja ngurus visa di Turkey Embassy Jakarta. Masing masing embassy punya aturan sendiri, jadi anda harus check sendiri persyaratannya di Jakarta.

  20. assalam, sedikit mau tanya sekarang saya mahasiswa di salah satu univ di damascus,. rencana saya mau kuliah di sana karena meliahat kondisi sekarang di syria sedang bergejolak saya berinisiatif untuk ke sana,apa saja yang saya harus siapkan, dan kemungkinan saya menggunakan VOA .

    tnks .

    • VOA untuk kunjungan singkat. Anda berkunjung ke Turki dulu untuk cari sekolah dengan VOA. Kalau sudah diterima baru sekolah akan memberi anda dokument untuk memproses student Visa. Tetapi yang paling sederhana adalah apply online, kalau diterima semua dokumen akan dikirim ke anda.

  21. Assalammu’alaykum,mau tanya mas.. kami sekeluarga mau ke USA,suami dan anak” saya pemegang US dan Japan passports,sedangkan saya memegang passport Indonesia.Rencana mau pakai Turkish Air,dari madinah -KSA.Kami residence KSA,krn suami student disalah satu universitas di Madinah.Yang ingin saya tanyakan :
    1.Berapa harga VOA untuk Indonesian citizen?
    2.Ada referensi hotel atau backpackers dan appartment murah gak di Istanbul?
    Rencana kami hanya 3 hari stay di Istanbul,lalu berangkat ke US straight dari sana.Terima kasih.

  22. Assalamualaikum…
    Mas mau tanya, klo ke India pake Visa Turis (Bukan VOA) maksimal kunjungannya berapa lama?? Soalnya saya mau booking tiketnya dan mengurus untuk pengajuan Visa India..
    Terima kasih sebelumnya… ^^

  23. assalamualaikum..boleh nanya ya 😀 kemaren saya sempat apply visa untuk 3bulan tapi ga di accept sama turkish embassy padahal semua berkas yang diminta sudah saya lengkapi. Malah disaranin VOA aja, saya berangkat tanggal 26 juni dan tiket pulang 15 sept.. gimana caranya saya bisa perpanjang visa ya? apa saya mesti keluar dulu dari turki trus masuk lagi atau mungkin ada cara lain tanpa saya harus keluar dari turki? Mohon info… terima kasih

    • Betul, karena sudah ada VOA maka embassy Turki tidak mau ngurus lagi. Masalahnya VOA hanya berlaku sebulan saja artinya anda harus keluar sebelum expired. Kalau anda datang atas nama perorangan tidak ada pilihan lain selain keluar, tetapi kalau atas undangan perusahaan, minta saja perusahaan yang memperpanjang karena harus ada paperwork dari perusahaan yang mengundang juga.

  24. Thanks mas…..Sangat2 membantu.

  25. dear adi family,

    saya baru kembali dari turkey,kebetulan saya stay di sana 1 bulan,karena liburan dan mengunjungi kerabat, saya sangat suka turkey, indah sekali, terutama istanbul

    dan dalam waktu dekat ini, saya akan kembali ke sana lagi, tetapi saya belum pasti kembali ke indonesia kapan, bisa kah saya ke sana dengan one way ticket..nanti return tiket nya saya beli setelah di sana? dan untuk VOA apakah bisa di perpanjang?,kemarin saya dapet VOA untuk 1 bulan saja.

    trima kasih , di tunggu informasinya

    • Setahu saya salah satu persyaratan Visa Turis (VOA) adalah tiket pulang pergi dan bukti booking hotel. Coba saja, siapa tahu petugasnya tidak terlalu ketat ngecek persyaratan umum ini.

  26. Saya di undang untuk mempresentasikan weldingpaper saya di Antalya Turkey pada pertemuan International Institute of welding.saya mau pakai VOA dari antalya saya mau ke germany .. bisakah saya buat visa jerman dari tukey?

    • Bisa, datang saja ke KBRI di Turki dulu. Dan nanti anda akan dibuatkan surat pengantar dari KBRI sebagai persyaratan untuk mengajukan Schengen Visa di Germany embassy

  27. Mas Ardy, saya mw tny…

    Kebetulan saya mahasiswa Indo yg kuliah di Turki. Sudah 2 tahun di Turki.

    Rencana nya ayah saya mw berkunjung, tapi melalui Jeddah.
    Karena beliau skr sedang kontrak utk haji.
    Kira2 utk pengajuan VOA di Turki nya dibutuhkan apa aja y?

    Trus, ayah saya akan tinggal di tempat saya. Jadi tidak ada bukti booking hotel.
    Kira2 gmn mas?

    Terakhir, kira2 kesulitan2 apa aja yg mgkn dihadapi?

    • Bisa saja masuk Turki dengan VOA. Yang penting ada tiket pulang ke Indonesia sudah cukup. Kalau ditanya tempat tinggal, tinggal beri tahu alamat dan nomor tilpunmu di Turki saja. Bukti booking hotel tidak mutlak dan sering ditanya kalau tidak punya keluarga di Turki

  28. salam , mas ardi.
    mw tanya kalo tuk pembelian ticket pesawat online sedangkan pembayarannya dari turkey. bukti apa yang kta bawa ….rencananya summer next year antara july -agustus. kira2 bsa d book mulai kapan ya. dan berapa harga VOA untuk WNI ke Turkey. Kalo pakai pesawat Turkish Airlines itu transitnya di mana ya ? krn takut transit di negara yg mengharuskan punya Transit Visa. mnta recomend nya donk mas ardi…..enaknya pakai pesawat apa. Thanks ya Mas Ardi…salam sejahtera tuk family .
    ~Dewi Mert

  29. Salam, mas Ardi
    saya mau tanya, kebetulan pacar saya Kuliah di malaysia dia warga negara Turki, dia urus visa di kedutaan indo yg di Malaysia direject terus. VOA antara Turki – Indo itu berlaku untuk semua jenis Pasport apa ada ketentuan lain…? Dan VOA ini juga berlaku untuk warga Turki yg Mau berkunjung Ke Indonesia kan..? mohon pencerahannya Mas…
    Trims, wassalam…

    • Kalau direject ya cari tahu alasannya dong. Sudah nyampai KBRI di Malaysia kok diem saja nggak tanya alasannya. Tahu nggak, VOA itu ngurusnya di airport Cengkareng bukan di KBRI Malaysia.

  30. Salam… Sudah ditanya.. Tp mereka ga kasih jawaban yg pasti, Yg saya mau perjelas disini, VOA itu hanya berlaku untuk pemegang Pasport Indonesia saja.. Apa Warga turki yg ingin dtg ke Indonesia, Bisa jg Urus VOA di Airport Soekarno-Hatta..? Trims.. Wassalam..

  31. Salam… Sudah ditanya.. Tp mereka ga kasih jawaban yg pasti, Yg saya mau perjelas disini, VOA itu hanya berlaku untuk pemegang Pasport Indonesia saja.. Apa Warga turki yg ingin dtg ke Indonesia, Bisa jg Urus VOA di Airport Soekarno-Hatta..?karena setau saya untuk warga Negara Turki, yg Bisa mengurus VOA di Airport SoeTa,hanya yg memiliki Pasport Diplomatik. Trims.. Wassalam..

  32. Salam… Sudah ditanya.. Tp mereka ga kasih jawaban yg pasti, Yg saya mau perjelas disini, VOA itu hanya berlaku untuk pemegang Pasport Indonesia saja.. Apa Warga turki yg ingin dtg ke Indonesia, Bisa jg Urus VOA di Airport Soekarno-Hatta..? Karena setau saya Untuk warga Negara Turki, yg Bisa Urus VOA di Airport SoeTa, hanya Warga Turki yg punya pasport Diplomatik, dan Pacar saya kebetulan Masih Mahasiswa.. Trims.. Wassalam..

    • Nggak mungkin KBRI tidak bisa memberi jawaban jelas alasan penolakannya. Aneh bin ajaib kalau ditolak tidak tahu alasannya. Ada beberapa kemungkinan kalau sampai merahasiakan alasan penolakannya, yaitu tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa yang sama, di passportnya ada catatan kriminal, pelarian politik, masa berlaku passportnya kurang dari 6 bulan atau passportnya sudah penuh dan tidak ada halaman kosong.
      Anda bisa lihat di Emirates untuk lebih jelasnya.

  33. Salam,

    Saya ada rencana ke Vilnius (schengen visa) tp mau lewat Turki dulu dan stay di sana beberapa hari …apakah bisa dengan tiket return jkt-turki-vilnius-jkt? ..Terima kasih

  34. MR. Ardis Family.

    Maaf mengganggu. Ini kunjungan pertama kalinya. Minggu pertama bulan Mei 2012 saya berencana akan berkunjung ke putra saya yang sedang belajar di mesir. rencana akan tinggal di sana selama 1 bulan. selama tinggal di mesir (hari ke-15 stay in mesir) saya mau jalan2 ke turkey khususnya kota sanliurfa selama 4 hari. Yang akan saya tanyakan bagaimana dengan VOA nya? Apakah dengan saya jalan2 ke turkey (Mesir-turkey-Mesir) bisa mempengaruhi VISA Mesir? Mohon dengan sangat jawaban MR. Terima kasih banyak atas informasinya.

    • Kalau Visa mesir anda single entry maka anda akan tidak akan bisa masuk kembali ke Mesir setelah dari Turki. Silahkan mengurus multiple entry visa mesir.

  35. Muchamad Muslich

    Mas Ardi sekeluarga
    Ass.WW.
    Mas saya ingin umrah tapi setelah umrah pingin ke istambul dan cairo. setelah umrah ke istambul dulu atau sebaliknya yang mudah dan effisien. Tks

    • Sebenarnya sama saja, tapi akan lebih bagus umroh dulu saja baru ke Turki. Tak elok ibadah umroh tapi disibukkan dengan bawaan oleh oleh dari Turki yang terlalu banyak.

  36. MR. Ardis Family.

    Terima kasih banyak atas informasi mas Ardis Family. Mohon maaf ada pertanyaan lagi, mohon rekomendasi hotel melati atau losmen yang murah daerah istambul dan dimana bookingnya? terima kasih banyak atas kebaikan mas Ardis Family.

    • Silahkan cari yang cocok melalui booking.com. Saya sarankan mencari hotel didaerah Sultan Ahmet karena semua obyek wisata ngumpul ditempat ini. Di Sultan Ahmet hotelnya hampir semua kelas Melati, bersih dan exotic. Jangan lupa ke Taksim Square juga, Malioboronya Istanbul.

  37. pak, lebih baik bawa uang euro atau USD ya kalo mau ke turkey ? dan apakah ada telepon prepaid yang menyediakan blackberry disana yang murah untuk berkomunikasi ke indonesia ? makasih

    • Bawa EURO, semua transaksi bisa pakai New Lira atau EURO. Bawa ATM Card, Credit Card lebih baik, semua bisa dipakai dan ATM tersedia dibanyak tempat. Prepaid silahkan cari di airport saja cukup tunjukkan passport. Bisa atau tidak buat BB tergantung operatornya.

  38. hi.. baru baca nih blognya,,, dulu pas mau ke turki tahun 2011, ga ketemu blognya.. padahal bisa sangat membantu..
    saya ke turki dari saudi arabia harus bolak balik jeddah-yanbu ngajuin visa. karena pas saya tanya dari telpon, katanya harus apply visa.
    padahal saya baca2, udah mulai ada VOA tp katanya lagi belum berlaku.. 😦 tp klo blog ini 2010, berarti 2011 jg udah VOA dong ya.. bener2 nih.. bikin sesek napas..makasih infonya..

  39. Mas ,kalau dibulan mei suhu Di Turki sampai berapa derajat iya? Masih Sejuk Apa sudah mulai panas? thx sebelumnya

  40. salam kenal, mau tanya kalau urus visa turis yunani dari turki sulit ga ya? atau tetap harus apply visa schengen?
    mohon info. thanks

    • Greece termasuk Schengen Country. Anda harus urus Visa Schengen.

      • Malam mas saya mau tanya, sAya mau ke turki awal febuari nanti , saya udh ckup jelas baca visa voa , dll . Yg saya mau tanya , saya mau ke instanbul tepatnya, dri jkt saya naek pswat apa ya ? Dan ada transit ato gak ? Trus bahasa mrka sulit dmengerti gak ? Krn sya pergi sndrian

  41. Pagi mas…salam kenal 🙂
    Saya planning pergi ke Turki bulan desember sampai januari….kira2 suhu disana berapa ya? Beli baju hangat disana lebih mahalkah dari di indonesia?

    Saya baca comment sebelumnya, untuk sim card bisa beli di bandara dengan menunjukkan passport…yang saya mau tanyakan, kira2 harganya berapa ya? (buat siap2 nih :p)

    Dan disana orang-orangnya bisa bahasa inggris ga ya?

    terima kasih 🙂

  42. dear ardisfamily..mhn maaf mnnggu lg mas mksd sy bgn mas brhbung sya bru risend dri prusahaan yg di doha tgl 5 kmrn jd kan di pasport sy ada stamp cancel nya brhbung sy akan tour ke isttanbul nya tgl 18 ini kr2 pas di check pasport sy di imigrsi sni ata yg dsna kr2 mrk mmprmslhkan tdk mas tp sy sdh pgng tket pp n booking hotel di taksim krn mmng sy bnr2 mau tour,kr2 gmn mas ,trmksh bnyk mas

  43. salam, pak Ardi … boleh tanya syarat untuk visa kerja turkey ? terima kasih

  44. Hai, mr.Ardi….apakah di Syria Saat ini bisa me GBU Akan blackberry smartphone? Thank you…

  45. Dear pak Ardi,
    Saya punya tiket PP Jkt-Turki untuk bulan depan, dan berencana mampir ke Eropa di tengah-tengahnya. Apakah bisa masuk ke Turki 2 kali dengan VoA? atau harus urus visa turki di Indonesia? Mohon pencerahannya ya. Lama perjalanan saya hanya 14 hari. Terimakasih sebelumnya pak

    • Tidak ada limit berapa kali dalam setahun bisa buat VOA. Yang jelas setiap buat VOA bayar. Lebih baik anda tanyakan saat buat VOA pertama kali supaya bisa distamp multiple entry daripada anda buang waktu ngantri. Biasanya VOA nggak bisa dipakai multiple entry.

  46. mau nanya nih ? biasanya biaya visa voa ke turki itu berapa ? insyaallah bulan juli 2013 aq rencana berlibur ke turki ?

  47. Dear Ardi, sekarang saya lagi di turki dalam pertukaran pelajar, sy ada rencana ke paris untuk jalan2. tetapi sy cuman punya visa turki pelajar selama setahun, apakah sy bisa mengambil visa perancis di embassy-nya atau ada peraturan khusus buat pembuatan visa diluar kenegaraan indonesia? Dan habis itu saya mau balik lagi ke turki, apakah sy bisa melanjutkan visa turkiku lagi? Mohon infonya 🙂

    • Visa Turki anda multiple entry atau single entry ?, Kalau single entry ya jelas wassalam anda nggak bisa masuk kembali Turki. Anda bisa memroses visa schengen dari mana saja selama syarat syaratnya terpenuhi. Misal punya travel insurance, bukti keuangan (print out bank account), booking hotel dan tiket pulang pergi. Nggak ada persyaratan anda harus residence Turki, tetapi kalau diminta cukup surat keterangan saja dari KBRI Turki bahwa anda sedang tugas belajar.

  48. Mas Ardy, saya mau nanya nih, gimana caranya untuk bisa mendapatkan visa tinggal di Turki selama 3 bulan. Apa bisa di urus langsung seperti VOA saat di bandara. Saya mendengar ada peraturan terbaru mengenai visa kunjungan ke Turki yang berlaku pd awal pebruary ini. Apa isi UU terbaru, karena saya berencana untuk ke Turki bulan Maret mendatang Terima kasih sebelumnya.

    • Tidak cuma 3 bulan, bertahun tahunpun bisa kalau anda diterima kerja di Turki atau ada business invitation. Selain itu anda dianggap turis. Maksimum VOA sebulan saja.

  49. mas mau tanya klu indonesia sampai turkey brapa jam? tq

  50. senang baca blog ini… 🙂
    salam kenal, saya newbie di kuwait, baru sebulan disini dan bekerja sbg arsitek di biro arsitek di daerah Freezone. Saya mau nanya utk liburan ke Turki minimal biaya akomodasi brp KD ya? utk pesawat PP Kuwait-Turki dan hotel beserta makannya. karena rncananya jatah liburan tahun depan sy pengen kesana, jd bisa nabung dr sekarang.. Hehehe..
    Makasih 🙂

    • Silahkan pilih sendiri akomodasi yang sesuai melalui booking.com. Hotel di Sultan Ahmet relatif terjangkau dan dekat dengan semua obyek wisata.

      • Mas Ardhy maaf saya mau tanya,
        Saya bulan Juni mau ke Turki via Etihad transit di Abu Dhabi, nah kalau saya transit selama 2 jam pas berangkat dan 7 jam pas pulang apakah saya harus punya transit visa? apakah debit card berlogo visa bisa tarik tunai di Istanbul Ataturk Airport? kalau bisa apakah dikenakan biaya tarik tunai ya mas? kalau VOA bayar nya pakai USD atau EURO ?
        Makasih sebelumnya mas Ardi.
        rencana saya berangkat sendiri dr Indonesia Mohon infonya 🙂

      • Bisa bayar pakai mata uang apapun dan pakai credit card apapun. Nggak usah kuatir, ATM ada dimana mana dan money changer juga banyak

  51. hai,

    mau tanya ni, saya ada rencana ke turki bulan desember, kira2 cuaca disana seperti apa ya? kira2 sampe berapa derajat?

    satu lagi, apakah selama di turki kita harus memakai baju yang tertutup? karena saya pernah waktu itu ke dubai, apabila kita sedang jalan2 ke mall, dilarang pakai celana pendek..

    thanks infonya 🙂

    • Musim dingin. Di Ski Resort minus 0, kalau nggak minus bukan ski resort namanya. Turki itu negara, daerah mana yang ditanya harus jelas. Puncak Jaya Wijaya dan Cirebon beda cuaca dan temperaturnya.

  52. Kalau bulan desember udah mulai musim dingin disana…Pas saya disana musim panas kemaren banyak yang pake celana pendek …heheh gpp tapi pas peak season seh…apalagi di Antalia sepanjang jalan banyak yang cuman pakai bikini…kkkk^D
    ^

  53. Assalamuallaikum…salam kenal dengan keluarga ARDI , rencananya Desember ini kami sekeluarga ingin berlibur diTurky dengan menggunakan jatah tiket pesawat Garuda Airline namun GA tidak ada yang langsung ke Turky melainkan kami harus transit di Belanda baru kami ganti pesawat dengan turky air dari belanda ke istambul pertanyaan saya apakah kmi sekeluarga harus mengurus visa schengen walau hanya transit di schipol.Terimakasih infonya sangat membantu ohh yah satu lagi untuk tour city ke capadocia dan pakulele ada pilihan dan harga nya berapa kalau bisa yang murah .

    • ANda harus keluar dulu karena ganti pesawat, artinya perlu Schengen Visa.

      TRANSIT NETHERLAND (NL)
      Visa required.
      TWOV (Transit Without Visa):
      Holders of onward tickets transiting by the same or first connecting aircraft:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s