Souk Al Juma’a – Arloji Asli Bekas Kuwaiti


Pingin punya arloji mewah harga kelas bawah ? Mudah kalau carinya di Kuwait. Tapi harus ngerti benar mana arloji asli dan mana yang replika (bahasa halus untuk arloji tiruan). Kalau anda beruntung, anda bisa dapat jam jam mewah seperti Tag Heuer, Omega, Rado, Bvlgari, Cartier, Breitling, Movado, Girard Perregaux, Hublot, Chopard dan lain lain. Untuk jam replika yang kualitas A, harga tidak lebih dari KD 5 saja, tetapi untuk jam asli tergantung pengetahuan penjual, terkadang kalau penjualnya tidak mengerti sama sekali, jam asli cuma dihargai KD 10 sampai KD 30 saja. Kalau arlojinya masih bagus sekali dan penjualnya ngerti harga barunya, bisa jadi harganya melambung tinggi sampai KD 150 atau bahkan lebih. Saya pernah ditawari Piaget Gold Plate dengan harga KD 300 dan tidak bisa turun lagi.

Sering mengantar tamu atau kawan ke Souk Al Juma’a (Friday Market / Pasar Jum’at) membuat pengetahuan saya bertambah luas. Baik pengetahuan tentang cara tawar menawar dengan pedagang Arab maupun pengetahuan tentang cara mengidentifikasi arloji asli dan arloji replika. Kebanyakan tamu atau kawan yang saya ajak mencari arloji di pasar ini mengatakan puas dan bisa tertawa lebar. Berikut komentar tamu tamu saya yang puas total setelah saya perkenalkan Friday Market – The Bigest ‘Pasar Loak’ in The World. 
  • No visit to Kuwait wuld be complete without a trip to Friday Market.
  • Here you can find the best prices on anything native to the middle east.
  • Very rich country I’ve ever seen where luxury watch can be seen anywhere.
  • It is the Arab equivalent to the American Flea Market
  • Located just off the Fourth Ring Road, not too far from my hotel.
  • As the name implies, it is held once a wek starting early Friday morning.

Seperti yang sering saya tulis dalam blog ini tentang Pasar Jumat, di pasar loak ini kita bisa mendapatkan semua barang apapun, mulai dari koin mata uang langka, radio transistor kuno, perhiasan jaman baheula sampai barang barang baru dan modern seperti TV, kulkas, sepeda motor roda 4 ATV dan lain lain. Semuanya bekas pakai, tetapi ingat ‘Barang Bekas’ beda artinya dengan ‘Bekas Barang’. Yang di Pasar Jumat Kuwait ini adalah ‘Barang Bekas’, masih sangat layak untuk kita beli. Saking seringnya mengantar tamu mencari arloji, saya jad tahu cara memilih arloji asli. Berikut ini tips dari saya kalau mau cari arloji asli :

  1. Survey harga arloji dengan merek terkenal yang akan kita cari di dealer resmi di mall mall. Tanyakan ke dealer ini ciri ciri arloji yang asli dan palsu dengan alasan diluar banyak barang palsu sehingga kita harus yakin dulu sebelum beli. Ucapkan terima kasih kalau mendapat penjelasan detail dan tinggalkan nomor telpon Harris penjaga apartment anda atau nomor telpon Free Delivery Restaurant langganan anda kalau si pegawai minta ditinggali nomor telpon.
  2. Mantap dengan penjelasan diatas, langsung berangkat ke Pasar Jum’at untuk mencari Arloji asli idaman. Kalau anda disodori Arloji baru dan masih kinclong, langsung tolak saja. Sudah bisa dipastikan bahwa arloji baru di pasar Jumat adalah arloji imitasi, bahasa kerennya ‘Replica Watch’. Arloji asli biasanya diumpetin didalam tas oleh penjualnya tetapi banyak juga yang digelar bersama sama dengan jam replika buatan China, terutama kalau penjualnya tidak tahu mana arloji asli dan mana yang replika..
  3. Kalau yang ditunjukkan jam bekas, kemungkinan besar anda menemukan jam idaman meskipun mati, kacanya pecah atau gelangnya butut, paling tidak kita sudah yakin 60 % jam tersebut bekas milik Kuwaitis. Seringkali saya memilih jam mati karena biasanya cuma batterynya saja habis. Saking banyaknya duit, jam habis battery diberikan ke sopir atau tukang kebunnya. Dan si sopir atau tukang kebun ini karena nggak tahu nilainya sering menjualnya di Pasar Jumat.
Pada saat memilih milih arloji, satu hal yang wajib saya lakukan adalah :

  1. Lihat nomor seri di balik jam. Tidak ada nomor seri langsung letakkan kembali, berarti palsu. Kalau ada nomor seri, belum tentu asli, teliti lagi lebih detil, nomor seri jam asli selalu digrafir  kecil dan halus di tutup bagian belakang jam dan kalau mesin bisa dilihat, nomor seri juga ada di mesin. Jangan percaya kalau penjual mengatakan nomor seri dan logo jam asli ada di gelang.
  2. Jam mahal selalu ada phosphor yang bisa menyala di kegelapan, kalau jam murahan biasanya cuma cat putih atau kehijauan disetiap angkanya. Tetapi jam Replika yang kualitas A sering juga ada phospornya. Perhatikan benar benar, phosphor atau cat yang ada disetiap angka dan jarum.
  3. Jam mahal kacanya selalu Saphire. Lihat di posisi jam 6 akan terlihat logo atau huruf tertentu.
  4. Terakhir, Jam mahal selalu presisi dan akurat. Mintalah ijin untuk mencocokkan dengan jam tangan yang sedang anda pakai. Putar jarum jam pelan pelan, jarum pendek, jarum panjang dan jarum detik akan 100 % berimpit pada posisi jam 12.  Putarlah jarum panjang pelan pelan, jarum panjang benar benar tepat pada garis menit kalau anda putar dari menit ke menit.
  5. Bawa ke dealer resmi jam mewah di mall mall dan katakan minta servis dan ganti battery. Kalau ditolak berarti anda masih belum lulus, tetapi kalau langsung diservis dan diganti batterynya, saya ucapkan selamat berarti arloji pilihan anda asli. Dealer resmi tidak akan mau menservis jam palsu. Katakan saja sertifikat asli arloji Pasar Jumat sedang ketlingsut.
Nah, selamat berburu arloji mewah. Kalau anda bisa mendapatkannya, saya jamin anda bisa tertawa lebar tiga hari tiga malam. Hanya di Kuwait anda bisa menemukan jam mewah dilego di pasar loak, tentu kalau anda jeli dan sabar setiap minggu mengunjungi pasar ini.

One response to “Souk Al Juma’a – Arloji Asli Bekas Kuwaiti

  1. Wah senangnya bisa dapet yang asli, ehhh di kuwait ada juga yah pasar loak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s