Mainan Kuwait II : Vintage Cars


Dibandingkan dengan mobil kuno yang dikoleksi dan sering saya jumpai di Indonesia, mobil kuno di Kuwait sangat berbeda sekali. Di Indonesia yang namanya koleksi mobil kuno berarti mobil tersebut benar benar tua dan punya sejarah, artinya mobil tua tersebut sudah lelah dipakai puluhan tahun yang lalu. Di Kuwait, yang namanya mobil koleksi benar benar dalam arti sesungguhnya, maksudnya mobil tersebut sejak awal dibeli memang untuk dikoleksi alias jarang dipakai jalan jalan.

Dan mobil mobil koleksi ini benar benar didatangkan dari berbagai negara bulat bulat. Hanya sebagian kecil saja yang mempunyai sejarah dalam arti berpuluh puluh tahun lalu memang benar benar dipakai di Kuwait. Beberapa orang pemilik yang sempat saya tanyai asal usul mobilnya, dengan tegas mengatakan bahwa mobil ini saya beli di Amerika dan dibawa ke Kuwait hanya untuk koleksi saja. Ada juga yang mendapatkan mobil kunonya dari lelang Christie di UK. Lebih gila lagi ada yang membawa bus kota dari London hanya sekedar untuk dielus elus di Kuwait.
Memang benar kalau ada orang mengatakan,  kebanyakan duit membuat gila. Semu koleksi mobil tua ini dipamerkan dalam ajang Kuwait Concours D’Elegance pada tanggal 20-23 January 2010. Khusus yang mobil tua (Vintage Car) dilombakan dalam acara ini.
Pembagian kategori mobilnya adalah sebagai berikut :
Class A : Vintage (1910 – 1930)

    • Renault Torpedo Type DM
    • Minerva AE Convertible
    • Roll Royce Springfield Phantom I Convertible
    • Roll Royce Phantom I New Marked Convertible
    • Ford A Phantom Convertible
    • Hotchkiss AM 2
    • Packard 8 Cylinder
    Class B : Vintage (1931 – 1945)
    • Roll Royce Phantom III
    • Delage D8
    • Delage D8 S Cabriolet
    • Mercedes Benz Cabriolet
    • Packard
    Class C : Vintage (1946 – 1960)
    • Talbot T26 Cabriolet
    • Tucker Torpedo
    • Ford Woody Wagon
    • Buick Supereight Dynaflow
    • Chrysler Woody Convertible
    • Bentley Mark VI
    • Dodge Coronet
    • Bentley S1 Park Ward Coupe
    • Roll Royce Silver Down Convertible
    • Roll Royce Silver Dawn
    • Pegaso Z 102
    • Mercedes Bens 300 SL Roadster
    • Aston Martin DB2/4 MK1
    • Mercedes Benz 220 Cabriolet
    • Aston Martin MK III
    • Chevrolet Corvette
    • Chrysler Imperial
    Class D : Vintage (1961 – 1975)

    • Ferrari 250 GTE 2+2
    • Aston Martin DB5 Salon
    • Jaguar V12 E Type Series III
    Juri yang menilai peserta lomba diimport langsung dari beberapa negara dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Bagi penggemar otomotif tentu sudah mengenal nama nama dibawah ini
    • Leonardo Fioravanti (Italy) – Chairman Fioravanti Srl, Chairman ANFIA Car Coachbuilders Group Itally
    • Christopher Bangle (American) – Managing Director Chris Bangle Associates Srl
    • Jacques Braneyre (French) -President Antic Auto Club Catalan, Spain & Organizer Of Salon International Auto Moto Retro, France
    • Eberhard Kittler (Germany) – Head Of Volkswagen Classic
    • Hideo Kodama (Japan) – Automotive Designer, Artist, Journalist
    • Ken Okuyama (Japan) – CEO Ken Okuyama Design
    • Paul Goldsmith (UK) – President Tokyo Concours D’Elegance
    • Shiro Nakamura (Japan) – Sr VP & Chief Creative Officer, Designer, Brand Management Nissan Motor Co Ltd
    • Fersan Haddad (Lebanon) – Managing Director Classic Cars Restoration Workshop and Founding Member of LCVA (Lebanon Classic Vehicle Association)
    Jelas kan, dilihat dari jurinya saja sudah bisa dibayangkan betapa berbedanya klub otomotif di Indonesia dan di Kuwait. Wah, jadi wartawati lagi nih saya bisa nulis selengkap ini …..
    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s