Perlukah TOEFL Untuk Bekerja Di Luar Negeri


 
Berapa Score TOEFL Expatriate
Pembuat Papan Nama Ini ?

Lihat iklan disamping, perlukah TOEFL untuk bekerja ?

Kalau anda bertanya ‘Perlukah TOEFL Untuk Bekerja Di Luar Negeri’, maka dengan tegas akan saya jawab ‘TIDAK PERLU’. Yang sangat diperlukan untuk memulai bekerja di luar negeri hanya kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris saja, berapapun score TOEFL anda tidak ada satupun perusahaan yang akan menanyakan pada saat anda interview baik lewat telpon ataupun tatap muka langsung.
 
 
Restaurant One Minuite
Contoh Restaurant
Expatriate Di Kuwait

TOEFL. SAT, IELTS atau semacamnya hanya diperlukan apabila anda ingin masuk sekolah / universitas kembali di Luar Negeri. Karena dengan adanya score tersebut akan memudahkan pihak Universitas untuk menyortir calon mahasiswa. Jaman sekarang untuk cari universitas di belahan dunia manapun cara seleksinya berdasarkan nilai tertulis dan tidak ada test masuk lagi kecuali di Indonesia. Contoh lain adalah Canada, karena di negara ini banyak sekali imigrant yang datang tanpa sedikitpun menguasai bahasa Inggris maka sekarang mensyaratkan score IELTS tertentu untuk masuk, bukan TOEFL. Artinya, tidak semua negara atau universitas mau menerima TOEFL.

Ngajar Di Kuwait University
Kok Bisa Padahal Nggak
Pernah Ikut TOEFL

Sebagai contoh adalah saya sendiri, sampai saat ini saya tidak tahu berapa sebenarnya IQ, TOEFL, SAT atau IELTS saya. Seumur hidup hanya sekali saja saya ikut test TOEFL yaitu tahun 1991 pada saat saya baru sebulan sebagai pegawai baru Caltex Pacific Indonesia, itupun saya tidak tahu kalau sedang ditest TOEFL karena saya mengira test biasa pada saat penutupan kursus reguler bahasa Inggris. Setelah ‘kecelakaan’ itu saya tidak mau lagi test semacam itu, percuma dan nggak ada gunanya orang lain mengetahui kemampuan saya. Oleh karena itu saya sangat maklum sekali kalau ada yang mengatakan bahwa saya beruntung saja bisa bekerja loncat sana loncat sini di perusahaan internasional di berbagai negara.

Bersama Murid Murid
Kuncinya, Ngomong Sebisanya
Dengan Vocab Yang Bisa
Dimengerti Semua

Lalu kenapa banyak sekali perusahaan perusahaan di Indonesia yang mewajibkan karyawannya untuk test TOEFL ?, jawabnya juga gampang karena untuk memudahkan memilih dan membatasi karyawan yang layak ditugaskan keluar negeri atau layak dinaikkan pangkat, ini menyangkut budget perusahaan. Disamping itu kurang ilmu, ngertinya cuma TOEFL, tidak tahu kalau negara/universitas tertentu hanya mengakui IELTS atau system lain. Banyak lho yang nilai TOEFLnya tinggi tapi gagap kalau berbicara dan banyak juga yang pandai bicara meskipun vocabularynya pas pasan (contohnya Sales yang sering datang ke kantor saya di Ahmadi he he).

Sebagai Instructur
Nggak Ada Gunanya Belajar
Vocabulary Yang Sulit
Dan Jarang Dipakai Apalagi
Test TOEFL

Saya merasa beruntung sekali tidak tahu nilai TOEFL saya sehingga bisa ngomong bebas semaunya tanpa memikirkan vocabulary yang rumit rumit dengan logat Jawa yang medok sekali. Saya juga merasa ringan sekali presentasi didepan mahasiswa Kuwait University tanpa harus mengucapkan vocabulary yang tidak diketahui mereka, dan saya juga beruntung pula selalu dipercaya membimbing engineer baru Kuwait dengan logat medok Jawa saya. Dan karena Javish (Java English) saya maka soal naik pangkat atau naik gaji, rasanya saya tidak pernah dilupakan oleh perusahaan pemberi kerja, Perusahaan Minyak Cap Manuk.

 

Jadi, kesimpulannya jangan pernah pesimis dengan kemampuan bahasa Inggris kita apalagi hasil TOEFL/IELTS, selama anda bisa berkomunikasi dan membuat tulisan berbahasa Inggris sudah lebih dari cukup. Pronunciation kita sangat medok bahasa Jawa/Sunda juga bukan masalah. Tekadkan keberanian anda untuk berkiprah di Mancanegara dan mengharumkan nama Indonesia. Selamat berjuang kawan kawan, semoga sukses menyertai anda …..

Leave a Reply

