Guirgian – Garge’an Kuwait


Guirgian atau Garge’an adalah semacam hari anak anak di Kuwait yang berlangsung pada hari ke 14 Ramadhan. Semacam Haloween yang dikemas khas Arab. “Hati hati kalau ada makhluk kecil yang datang tengah malam, mereka akan mengetuk pintu rumahmu tengah malam dan makhluk kecil Giurgian akan menyerbu rumahmu sambil menyanyi, berpakaian aneka warna dan menari nari”.

Sore hari setelah buka puasa (Iftar) anak anak sudah siap dengan pakaian indah warna warni dan menyanyikan lagu lagu ramadhan dengan membawa ‘Tas Giurgian’ yang nanti akan diisi macam macam permen, coklat, kacang dan makanan kecil lainnya kesukaan anak anak. Tengah malam anak anak akan mengetuk pintu rumah tetangga dan kerabat. Begitu pintu dibuka, anak anak kemudian bernyanyi didepan pintu rumah yang kira kira artinya ‘boleh kami masuk atau harus pergi’. Dan keluarga yang kedatangan makhluk makhluk kecil yang lucu tadi tentu akan mempersilahkan masuk sambil pura pura ketakutan. Dan setelah itu tentu tuan rumah membagi bagikan hadiah berupa permen, coklat, manisan dan segala macam makanan kecil. Si anak dengan gembira pura pura menjarah dan suasana jadi gaduh, meriah dan lucu.

Rumah kita berada di ground floor seperti rumah Kuwaitis. Beberapa hari lalu ada beberapa rombongan Guirgian yang kesasar mengetuk rumah kita tengah malam dan tentu saja kita persilahkan masuk karena sayang sekali ada guirgian lucu seperti ini tidak kita tanggapi. Saking semangatnya para Garge’an tadi menyerbu rumah, Keripik Balado dimeja langsung ludes habis. Akibatnya, mereka megap megap minta air minum. Ada yang nangis pula ……, untung bapaknya nggak menyaksikan.

Photonya nyusul, kabel ketlingsut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s