Fahaheel Selayang Pandang


Fahaheel adalah daerah yang padat dan ramai tempat bermukim berbagai macam pekerja dari berbagai negara seperti Afghan, Pakistan, Bangladesh, India, Mesir, Lebanon, Syria, India, Philipina dan tentu saja Indonesia. Daerah ini terletak disebelah selatan Kuwait City kira kira sekitar 40 Km jauhnya, tetapi sangat dekat sekali dengan perkantoran perusahaan minyak di  Ahmadi, misal KNPC, KOC, KGOC dan kantor kontraktor kontraktor pendukung perusahaan minyak seperti Napesco, Heisco dan lain lain.

Daerah ini selalu macet terutama sore dan malam hari  tetapi jarang macet pada pagi atau siang hari karena memang aktifitas di Kuwait baru hidup pada malam hari. Pusat keramaian di Fahaheel tersentralisir di Pasar Fahaheel, baik pejalan kaki bercampur aduk dengan bus kota yang berhenti sembarangan dan mobil pribadi yang parkir seenaknya sendiri menambah keruwetan Fahaheel.

Didaerah yang dekat dengan pantai, lebih tertata rapi dan enak dipandang, tetapi kalau soal macet sama saja. Di sepanjang pantai ini ada mall besar bernama Al Kout, tidak hanya pertokoan mewah yang ada di mall ini tetapi ada juga pasar tradisional ikan, daging dan sayur mayur. Karena berada ditepi pantai, maka nelayan bebas keluar masuk mendagangkan hasil tangkapannya. Ini yang benar benar menarik di Al Kout Fahaheel apalagi kalau ada lelang ikan.

Apartment di Fahaheel sangat laku keras dan jarang ada yang kosong sampai berbulan bulan, biasanya begitu ditinggal pindah penghuninya langsung sudah ada yang booking mau menempatinya. Banyak yang mencari apartment di Fahaheel karena lokasinya dekat dengan pasar, pertokoan dan juga jalus bus kota kemanapun tujuan ada termasuk ke ahmadi dan daerah industri disekitarnya.

Kalau pas tanggal gajian, wuah ramainya bukan main. Sangat ramai karena di Fahaheel inilah tempat ngumpulnya agen pengiriman uang dan money changer. NBK Bank, Gulf Bank, Burgan Bank dan masih banyak bank lagi yang buka kantor disini dan umumnya para pekerja mengantri ATM sampai panjang sekali untuk kemudian ditransfer kenegaranya melalui agen pengiriman uang yang banyak tersebar disekitar bank tadi. Semua agen pengiriman uang berlomba lomba mendapat nasabah sebanyak mungkin dengan iming iming hadiah, discount dan bahkan ada yang gratis biaya kirim ke negara tertentu.

Tidak cuma kirim uang saja yang ramai, belanja barang kecil kebutuhan sehari hari juga luar biasa ramai pada saat tanggal muda seperti ini. Mungkin bisa disamakan dengan pasar Tanah Abang keruwetan dan kesibukannya, tetapi dibalik itu saya senang sekali dengan pasar ini karena barang yang dijual sangat lengkap sekali mulai jarum, benang sampai mobil juga ada.

Photo photo diambil siang hari karena kalau malam hari terlalu padat dan susah parkir ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s